Pelukan Bisa Menurunkan Tekanan Darah dan Meningkatkan Memori

0

Sedang merasa stress? Sebuah pelukan dapat membuat Anda lebih tenang dan nyaman. Dan tahukah Anda, memeluk orang yang kita cintai ternyata tidak hanya memberikan dampak yang baik untuk psikologis seperti meningkatkan ikatan dalam sebuah hubungan tapi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Sebuah Penelitian dari Universitas of Vienna menyebutkan hormon oksitosin atau ‘hormon kebahagiaan’ dilepaskan kedalam aliran darah saat Anda memegang tangan teman dekat Anda.

Hal tersebutlah yang akan menurunkan tekanan darah, mengurangi stress dan kecemasan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan dapat meningkatkan kinerja memori Anda.

Hormon oksitosin adalah hormon yang diproduksi di kelenjar hipofisis. Hormon ini dikenal berfungsi untuk meningkatkan ikatan, prilaku sosial, kedekatan antara orangtua, anak dan juga pasangan.

Sementara itu, penelitian lain yang dipimpin oleh psikolog Carnegie Mellon Sheldon Cohen dan diterbitkan dalam Psychological Science, mengamati dampak dari dukungan sosial dalam mengurangi tingkat stres di masyarakat.

Mereka yang mengalami konflik sosial berisiko terkena berbagai jenis penyakit, tetapi dukungan sosial dapat membantu untuk mengurangi atau menghilangkan peningkatan kerentanannya terhadap penyakit. Pelukan merupakan komponen utama yang diperlukan dalam dukungan tersebut.

“Dipeluk oleh orang yang dipercaya dapat menjadi cara yang efektif untuk menyampaikan dukungan. Selain itu, meningkatkan frekuensi pelukan bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk mengurangi efek merusak daripada stress,” Kata Cohen.

Efek perlindungan yang didapatkan dari pelukan mungkin berasal dari kontak fisik itu sendiri atau memeluk menjadi indikator prilaku dari sebuah dukungan dan juga keintiman.

Namun, menurut seorang neurofisiologi, Jürgen Sandkühler, yang dikutip dari Daily Mail, efek positif dari pelukan hanya terjadi apabila kedua belah pihak saling percaya. Jika pelukan tersebut terjadi pada mereka yang tidak mengenal satu sama lain atau jika pelukan tersebut tidak diharapkan maka efeknya pun akan hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here