Pengobatan & Penanganan Asma

Walaupun tidak ada obat untuk penyakit asma, banyak penanganan dan obat yang berguna untuk mencegah datangnya serangan asma atau mengurangi penderitaan seseorang saat serangan asma terjadi.

Penanganan asma berfokus pada menghindari hal-hal yang dapat memicu asma (asthma triggers). Untuk itu, penderita asma dan orang-orang di sekelilingnya harus mengenal apa saja yang bisa memicu gejala/serangan asma seperti asap rokok, bulu binatang peliharaan, dan lain sebagainya.

Lebih jauh lagi, berikut ini adalah beberapa opsi yang bisa dilakukan untuk menangani penyakit asma.

Obat-obatan asma

Obat-obatan untuk asma dibagi menjadi dua tipe: obat untuk mengobati gejala/serangan asma (pengobatan) dan obat untuk mencegah munculnya gejala/serangan lebih lanjut (pencegahan). Obat-obatan ini bisa menyelamatkan nyawa penderita asma, dan juga membuat mereka dapat tetap beraktifitas normal walaupun memiliki penyakit asma.

Umumnya obat untuk asma berupa anti-inflamantory (anti-peradangan). Obat ini berfungsi untuk mencegah serangan asma dengan cara mengurangi pembengkakan dan membersihkan lendir yang mempersempit liang/saluran pernapasan. Hasilnya, saluran pernapasan menjadi lebih lega dan tidak terlalu sensitiv terhadap pemicu asma.

Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui dan mendapatkan obat-obatan asma secara spesifik.

Inhaler Asma

Inhaler untuk asma adalah sebuah alat kecil yang digunakan dengan cara disemprotkan dan dihirup. Inhaler adalah cara paling efektif untuk mengantarkan obat langsung ke paru-paru.

inhaler asma
Inhaler untuk asma [image: Wikimedia Commons]

Terdapat beragam jenis inhaler untuk asma, baik itu untuk anak maupun dewasa, untuk penanganan cepat terhadap serangan asma, untuk memperlancar saluran pernapasan, dan lain sebagainya.

Nebulizer (Asthma Nebulizer)

nebulizer asma
Nebulizer asma [image: Wikimedia Commons]

Alat ini sering juga disebut dengan breathing-machine. Nebulizer untuk asma adalah sebuah alat portabel yang biasanya digunakan oleh penderita asma yang mengalami kesulitan menggunakan inhaler, misalnya anak kecil, bayi, lansia, dan lainnya.

Fungsinya mirip dengan inhaler, yaitu untuk mengantarkan masuknya obat-obatan ke paru-paru secara lebih efektif dan cepat.

Jangan ragu untuk meminta info lengkap serta saran penggunaan kepada dokter Anda mengenai pengobatan asma yang diberikan kepada Anda.