Kenali 10 Penyebab Penuaan Dini Kulit Berikut Ini

penyebab penuaan

Penuaan bukanlah suatu penyakit. Namun kehadirannya tetap saja dianggap meresahkan, terutama bagi wanita. Karenanya wajar jika banyak dari mereka yang kemudian melakukan segala cara untuk bisa memperlambat terjadinya penuaan pada kulit.

Sponsored Links
obat kolesterol alami

Apakah Anda termasuk salah satu yang concern akan hal ini? Jika ya, coba simak 10 penyebab penuaan kulit berikut yang mungkin belum Anda ketahui, sehingga Anda pun bisa menghambat terjadinya penuaan.

Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari merupakan penyebab penuaan paling umum. Karenanya jangan sampai lupa untuk mengoleskan tabir surya ketika hendak beraktivitas di luar ruangan. Bahkan ketika langit tampak mendung, mengingat sinar mentari hanya tertutup awan mendung. Sinar ultravioletnya tetap bisa mengenai kulit, sehingga penggunaan tabir surya sebaiknya tetap dilakukan.

Selain menggunakan tabir surya, Anda juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan topi dan kacamata. Kendati sudah menggunakan pelindung tersebut, penggunaan tabir surya tetap perlu dilakukan. Hal ini guna menghindari paparan sinar UV pada bagian kulit yang tidak terlindungi.

Dengan begitu, penuaan dini bisa dicegah, mengingat paparan sinar UV bisa memecah kolagen dan menghambat pembentukan kolagen baru. Akibatnya kulit jadi kehilangan kekuatan dan elastisitasnya. Dari sinilah penuaan kulit berawal.

Ekspresi wajah

Ekspresi wajah ternyata juga bisa menjadi salah satu pemicu penuaan kulit. Yang seringkali terkena dampaknya ialah kulit di area sudut mata yang akan tertarik ketika Anda tersenyum. Lambat laun, garis garis halus yang dikenal sebagai kerutan akan muncul akibat ekspresi senyum tadi. Demikian halnya dengan kulit di area sekitar hidung dan bawah dagu.

Merokok

rokok menyebabkan penuaan dini kulit
Asap rokok sangat buruk bagi kesehatan kulit

Asap rokok menempati urutan kedua penyebab penuaan dini kulit. Karenanya segera kurangi kebiasaan merokok Anda guna mencegah terjadinya penuaan dini. Lalu bagaimana dengan perokok pasif?

Secara tidak langsung, asap rokok juga bisa mempengaruhi kulitnya untuk mengalami penuaan lebih cepat. Untuk mengatasi hal ini, sebisa mungkin hindari berdekatan dengan perokok agar kesehatan kulit Anda tidak terganggu.

Posisi tidur

Posisi tidur ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit Anda. Posisi tidur yang salah bisa mempercepat terjadinya penuaan kulit. Posisi tidur yang dimaksud ialah ketika Anda tidur dalam satu posisi dalam jangka waktu yang lama. Posisi tidur yang demikian bisa memicu timbulnya keriput pada kulit.

Karenanya sebisa mungkin hindari tidur dalam posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama. Bergantilah posisi sehingga kesehatan kulit Anda bisa tetap terjaga.

Lebih jauh lagi, baca juga: Posisi tidur yang baik bagi kesehatan tubuh.

Stres

Stres merupakan kondisi mental yang seringkali tidak bisa dihindari. Namun sadarkah Anda jika ternyata stres bisa memicu terjadinya penuaan kulit? Biasanya bagian wajah yang terkena dampaknya adalah bagian dahi yang tampak berkerut.

Hal ini sebenarnya bisa dicegah. Caranya dengan meminimalisir stres itu sendiri. Ketika tanda tandanya sudah Anda rasakan, segeralah lakukan relaksasi agar stres bisa dicegah. Dengan begitu, penuaan kulit pun bisa dicegah. Anda pun bisa tampak lebih muda.

Sponsored Links

Kurang tidur

Tidur merupakan aktivitas pemulihan yang perlu dilakukan, terutama tidur di malam hari. Nah ternyata tidur yang cukup dapat membantu mencegah penuaan kulit. Kenyataan ini mungkin akan dianggap tidak adil bagi sebagian orang yang bermasalah dengan gangguan tidur.

Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, segera lakukan konsultasi dengan ahli medis guna membantu masalah gangguan tidur yang Anda alami sehingga Anda bisa kembali tidur nyenyak di malam hari.

Kelembaban kulit

Kelembaban kulit yang kurang terjaga juga bisa memicu terjadinya penuaan, lho. Kulit akan menjadi kering, tampak bersisik dan muncul kerutan halus. Jika dibiarkan, tentu kulit jadi tidak sedap dipandang. Karenanya pastikan untuk selalu mengoleskan pelembab pada kulit wajah dan losion untuk kulit tubuh. Minum air dalam jumlah cukup juga bisa membantu kulit tetap terhidrasi dengan baik, sehingga penuaan kulit pun bisa dicegah.

Gravitasi

Jika faktor pemicu penuaan kulit lainnya bisa diminimalisir terjadinya, tidak demikian halnya dengan faktor yang satu ini. Efek gravitasi terhadap kulit kita tidak bisa dicegah. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa memperbaiki kondisi kulit dengan banyak tidur, menjaga kelembaban kulit, menjauhi rokok dan sinar UV, mengurangi stres, dan memperbaiki posisi tidur.

Faktor keturunan

Sama halnya dengan gravitasi, faktor keturunan juga tidak bisa dicegah terjadinya dalam hal pengaruhnya terhadap penuaan kulit. Coba amati keluarga Anda. Apakah diantara mereka ada yang mengalami penuaan lebih cepat dari yang seharusnya? Jika ya, coba cari tahu kebiasaannya mengingat hal tersebut bisa membantu Anda mengenali faktor apa saja yang membuatnya lebih cepat mengalami penuaan.

Dengan berbekal hal tersebut, paling tidak, Anda bisa melakukan yang terbaik guna mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Beberapa kebiasaan buruk pemicu penuaan dini antara lain:

  1. Tidak membersihkan riasan sebelum tidur.
    Salah satu kebiasaan buruk yang mungkin dilakukan adalah tidak membersihkan riasan saat akan pergi tidur. Kebiasaan ini memang tampak sepele, akan tetapi dampaknya cukup besar bagi kesehatan kulit.
  2. Hanya merawat kulit di bagian wajah.
    Sama halnya dengan kondisi kulit tangan dan leher yang seringkali kurang mendapatkan perhatian. Padahal keduanya juga memerlukan perawatan layaknya Anda merawat kulit wajah Anda. Namun perlu diingat bahwa perawatan yang digunakan sedikit berbeda, karena kulit wajah umumnya lebih sensitif jika dibandingkan dengan kulit tangan dan leher.
  3. Penggunaan kosmetik sembarangan.
    Selain hal tersebut, hindari pula menggunakan kosmetik yang belum dipahami betul manfaatnya. Contohnya adalah krim untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Penggunaan krim ini ternyata justru membuat kulit kering.
  4. Gonta-ganti kosmetik.
    Contoh lainnya adalah kebiasaan bergonta ganti kosmetik dengan alasan tidak ada hasil yang memuaskan. Padahal sejatinya perlu waktu kurang lebih satu bulan untuk melihat hasilnya. Bahkan untuk produk kosmetik yang mengandung anti-aging, Anda memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa melihat hasilnya. Kulit memerlukan waktu sekitar 4 bulan untuk membentuk kolagen dan elastin baru.

Penuaan memang merupakan sebuah proses alami yang tidak bisa dihindari. Semua orang pada akhirnya akan mengalami penuaan seiring dengan bertambahnya usia. Namun bagaimana halnya jika penuaan terjadi lebih cepat?

Inilah sebabnya mengapa kita perlu mengenali penyebab penuaan dini. Dengan mengenali berbagai penyebab penuaan dini diatas, diharapkan penuaan dini bisa dicegah, sehingga kulit pun tetap sehat.

Sponsored Links

1 KOMENTAR

  1. terimakasih atas segala kiriman tentan kesehatan,dan ini sangat bermanfaat bagi kami sekeluarga, kalau boleh lengkapi dengan bagaimana cara perawat atau pencegahan secara dini atau untuk memperlambatnya,dari semua yan sudah dikirim, pada saat ini kebetulan salahsatu keluarga saya suka mengisi di PKK.terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here