Penyebab Rambut Kering dan Cara Alami Mengatasinya

10/01/2017
138

Rambut kering terjadi ketika rambut tidak lagi memproduksi minyak secara alami, yang bisa disebabkan oleh faktor dari dalam tubuh, maupun faktor dari luar seperti seperti berjemur, berenang di air yang mengandung klorin, terlalu sering menggunakan pengering rambut dan produk perawatan rambut lainnya. Rambut kering dapat terjadi pada laki-laki maupun perempuan dari berbagai kalangan usia.

Penyebab Rambut Kering

Rambut kering, kusam dan rapuh bisa disebabkan oleh bermacam-macam faktor. Kebanyakan rambut kering disebabkan oleh banyaknya produk kimia yang digunakan. Namun, beberapa penyakit dan kondisi tertentu juga dapat menjadi penyebab rambut kering.

penyebab rambut kering
Menggunakan pengering rambut dengan suhu berlebihan menyebabkan rambut kering dan rusak.

Berikut merupakan beberapa penyebab rambut kering yang perlu Anda ketahui:

  • Cuaca
    Cuaca dapat menjadi penyebab rambut kering dan rapuh. Pada saat cuaca panas misalnya, ketika rambut dibiarkan terpapar sinar matahari terlalu lama, berenang, serta memakai produk perawatan yang mengandung alkohol dapat menyebabkan rambut mengalami dehidrasi. Serta, pada cuaca yang dingin yang membuat kita berada di ruangan yang lembab dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan rambut menjadi kering.
  • Produk perawatan rambut
    Banyak produk perawatan rambut yang justru dapat membuat rambut kering. Produk perawatan rambut memang sangat efektif untuk membuat rambut lembut dan mudah diatur, namun apabila digunakan terlalu sering justru dapat membuat penumpukan protein pada rambut, yang akhirnya menyebabkan rambut kering.
  • Perubahan hormon
    Perubahan hormon yang terjadi akibat mengkonsumsi pil KB, masa kehamilan, dan menopause dapat memberikan efek yang buruk pada rambut, diantaranya adalah rambut menjadi kering dan rapuh.
  • Menggunakan shampoo yang salah
    Membilas rambut berkali-kali dengan air untuk menghilangkan minyak lebih dianjurkan daripada menggunakan shampoo yang salah karena tidak semua shampoo dibuat sama, baik bahan maupun fungsinya.
  • Alat penata rambut
    Alat-alat penata rambut seperti pengering rambut maupun alat catok bekerja pada suhu tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut yang tidak dapat dihindari. Apabila Anda memang harus menggunakan alat-alat penata rambut tersebut, gunakan suhu di bawah 200 derajat Celsius.
  • Menyisir rambut saat basah
    Menyisir rambut yang basah mungkin tidak menyebabkan rambut kering, namun hal ini justru dapat membuat ujung rambut menjadi rapuh dan menyebabkan rusak permanen pada batang rambut (rambut bercabang). Daripada menyisir rambut basah, sebaiknya sisir rambut dengan jari saat menggunakan kondisioner setelah mencuci rambut.
  • Kekurangan nutrisi
    Nutrisi yang buruk dan diet kurang akan protein dan vitamin dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh. Juga, mengkonsumsi terlalu banyak lemak dan gula mungkin tidak memberikan efek yang buruk bagi rambut, namun hal ini dapat terjadi apabila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan.
    Diet yang sehat harus mengandung protein, vitamin, dan air yang banyak untuk menjaga rambut tetap sehat. Tubuh yang kekurangan gizi karena penyakit dan gangguan makan dapat membuat rambut tumbuh dengan tidak sehat karena tidak banyak nutrisi yang dapat diserap oleh rambut. Kondisi tersebut tidak hanya dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh, namun juga dapat menyebabkan rambut rontok.
  • Perawatan medis tertentu
    Beberapa pengobatan dan perawatan medis dapat memiliki pengaruh yang buruk bagi rambut. Beberapa pengobatan untuk penyakit kardiovaskular, kolesterol tinggi, eczema, hepatitis, dan diabetes memiliki efek samping berupa rambut kering dan rapuh.
    Perawatan rambut untuk penyakit kronis, operasi, transplantasi, dan bypass gastrointestinal juga dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh.
  • Mengabaikan kesehatan rambut
    Menggunakan alat-alat penata rambut dan produk-produk perawatan setiap hari dapat mengurangi minyak alami rambut dan mengurangi lapisan kutikula rambut. Apabila Anda tidak merawat rambut secara teratur, kerusakan yang terjadi dapat semakin buruk dan membuat struktur rambut menjadi rusak.

 

Cara Mengatasi Rambut Kering secara Alami

Setelah mengetahui penyebab rambut kering dan rapuh, berikut beberapa cara alami untuk mencegah dan mengatasi rambut kering:

Sponsored Links

# Alpukat

Alpukat dapat digunakan sebagai masker rambut. Siapkan satu buah alpukat, gunakan dagingnya saja. Lalu tambahkan seperempat gelas susu dan satu sendok makan minyak kelapa dan usapkan pada akar dan batang rambut. Tutup kepala dengan shower cap selama 15 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat.

# Olive oil

Olive oil merupakan bahan yang sangat baik untuk perawatan rambut kering. Anda juga dapat menggunakannya untuk memijat kepala. Hangatkan beberapa olive oil dan oleskan kulit kepala dengan jari. Pijat perlahan selama beberapa saat, kemudian bilas rambut dengan shampoo untuk menghilangkan minyak.

# Telur

Kuning telur merupakan perawatan rumahan yang banyak digunakan untuk rambut kering. Kuning telur berfungsi sebagai pelembut alami dan kondisioner untuk rambut kering. Campurkan dua butir kuning telur dengan olive oil, aduk merata dan langsun oleskan pada rambut. Tutupi kepala dengan shower cap dan cuci rambut setelah satu jam. Sedangkan untuk melembutkan rambut kering dan kasar, gunakan putih telur.

# Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki manfaat yang luar biasa untuk rambut kering. Untuk menggunakannya, oleskan minyak kelapa pada rambut dan pijat kulit kepala. Biarkan semalaman dan cuci rambut di pagi hari.

# Yogurt

Yogurt merupakan kondisioner alami bagi rambut dan dapat digunakan sebagai masker rambut. Oleskan yogurt pada kulit kepala dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci rambut dengan air hangat.

Anda juga dapat menambahkan olive oil pada yogurt dan oleskan pada rambut sebelum mencuci rambut.

# Pisang

Pisang yang kaya akan potassium, antioksidan, dan vitamin juga dapat digunakan untuk merawat rambut kering. Blender dua buah pisang, tambahkan minyak kelapa, madu, dan olive oil kemudian oleskan pada rambut dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci rambut dengan air hangat.

# Madu

Madu memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk perawatan rambut kering. Siapkan dua sendok makan madu, satu sendok makan yogurt, dan satu sendok makan minyak kelapa. Aduk secara merata dan hangatkan. Usapkan pada batang rambut kemudian tutupi kepala dengan shower cap. Cuci rambut setelah 20 menit.

Anda juga dapat menggunakan madu sebagai masker rambut dengan menambahkan tiga sendok makan olive oil dan setengah gelas madu. Usapkan pada rambut dan kulit kepala. Tutup kepala dengan handuk basah dan biarkan selama 30 menit. Kemudian cuci rambut dengan menggunakan shampoo.

# Beberapa tips lainnya untuk rambut kering

Selain itu, beberapa tips sederhana di bawah ini dapat membantu Anda mencegah dan mengatasi masalah rambut kering:

  • Cuci rambut dengan air dingin
  • Jangan cuci rambut setiap hari
  • Jangan mengikat rambut dengan erat
  • Jangan menyisir rambut dengan sisir plastik
  • Hindari menyisir rambut saat basah
  • Potong rambut secara teratur
  • Hindari penggunaan pengering rambut
  • Pijat kepala saat mencuci rambut
  • Gunakan kondisioner setelah mencuci rambut
  • Menjaga rambut dari sinar UV dengan menggunakan spray, krim maupun serum rambut
  • Memakai topi saat berada di bawah sinar matahari
  • Menggunakan bantal berbahan satin maupun sutra untuk tidur
  • Hindari penggunaan catok rambut
  • Minum air yang banyak

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here