Susah Hamil? Mungkin Ini Penyebabnya

Susah hamil ketika telah berencana untuk mendapatkan momongan? Sebagian pasangan beranggapan bahwa mereka memiliki masalah dengan kesuburan. Namun kehamilan tidak hanya ditentukan oleh kesuburan, melainkan juga dipengaruhi oleh faktor gaya hidup.

Faktor Penyebab Susah Hamil

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menghambat kehamilan.

1

Menunda Kehamilan Terlalu Lama
Tidak sedikit wanita yang menunda kehamilan dan mendahulukan karir. Namun ketika menginjak usia 30-an ke atas, peluang untuk hamil semakin kecil dibandingkan ketika masih berusia 20-an. Terlebih lagi ketika menginjak usia 40-an, peluang hamil semakin tipis bahkan hilang sama sekali.

Mousa Shamonki, MD, direktur spesialis kesuburan di University of California mengatakan, “Semakin tua usia wanita, jumlah produksi sel telurnya akan berkurang dan terjadi penurunan kualitas secara dramatis. Tubuh wanita tidak dirancang evolusioner untuk hamil dengan mudah seperti ketika wanita berada di usia 20-an tahun.”

2

Terlalu Kurus
Tubuh yang terlalu kurus juga bisa menjadi sebab wanita susah mendapatkan kehamilan. Padahal saat ini semua wanita mengidamkan tubuh yang langsing dan indah dengan cara berolahraga dan diet ketat. “Kurangnya lemak bisa memperlambat produksi hormon-hormon yang diperlukan untuk ovulasi, termasuk hormon estrogen. Estrogen dan testosteron, yang merangsang produksi sperma berasal dari kolesterol. Jadi sedikit lemak bagus untuk wanita hamil,” kata John Norian, M.D., dokter spesialis kesuburan di Loma Linda University’s Center for Fertility, California.

3

Jumlah Sperma Terlalu Sedikit
Kesuburan pria tentu memegang peranan yang sama pentingnya dengan wanita. Dalam hal ini adalah jumlah sel sperma pria. Ejakulasi normal harus mengandung setidaknya 39 juta sperma. Jumlah sperma yang rendah atau kurang dari 20 juta sperma per mililiter air mani sangat kurang untuk membuahi sel telur.

Ketika sel sperma pria terlalu rendah, wanita tetap bisa hamil namun biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama. Konsultasikan masalah tersebut dengan dokter untuk membantu anda segera mendapatkan kehamilan.

4

Penyakit Menular Seksual (PMS)
HPV, atau Human papillomavirus adalah penyakit menular seksual yang paling umum. HPV dapat mengakibatkan displasia serviks, pertumbuhan abnormal sel dan kanker jika tidak terdeteksi. Prosedur penghapus sel-sel yang abnormal karena infeksi virus HPV kadang-kadang membuat sulit untuk hamil.

Sekitar 10% -15% wanita dengan penyakit klamidia akibat HPV akan menderita penyakit radang panggul (PID), yang dapat merusak tuba falopi dan jaringan dalam dan dekat uterus dan ovarium. Sebanyak 93% wanita yang pernah mengalami masalah pada tuba falopi berkenaan dengan PID tidak dapat hamil setelahnya.

5

Konsumsi Suplemen
Kebiasaan yang baik, seperti mengonsumsi vitamin, ternyata berisiko terhadap kehamilan. Terlalu banyak vitamin A yang disimpan dalam tubuh dapat menyebabkan cacat lahir, kelainan hati dan gangguan lainnya.

Wanita 19 tahun dan lebih tua harus mengambil tidak lebih dari 5.000 IU per hari, yang setidaknya 50% berasal dari beta-karoten. Konsultasikan dengan dokter perihal suplemen dan multivitamin yang anda konsumsi.

6

Terlalu Gemuk
Tidak hanya tubuh terlalu kurus, namun tubuh yang terlalu gemuk juga bisa menghambat rencana kehamilan anda. Hal ini karena sel-sel lemak terlalu banyak menyebabkan kelebihan produksi estrogen, sehingga ovulasi tidak teratur. Juga, obesitas dapat meningkatkan risiko keguguran.

Begitu pula dengan pria yang kelebihan berat badan, karena akan membuat gerak sperma lambat dan jumlah sperma mungkin turun karena testis menjadi terlalu hangat akibat badan yang gemuk.

7

Olahraga Berlebihan
Tentu saja olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh secara umum. Akan tetapi olahraga yang terlalu berat akan membuat anda sulit mendapatkan kehamilan. Wanita yang terlalu keras berolahraga akan kehilangan lemak tubuh yang membantu memproduksi estrogen, yang memacu ovulasi. Berolahraga cukup dilakukan 4-5 hari per minggu selama 30 menit untuk menjaga denyut jantung 120-130 denyut per menit.

Pria yang berolahraga terlalu berat juga dapat menaikkan suhu internal dari testis yang menyebabkan sperma menjadi mati. Olahraga yang terlalu over juga dapat mempengaruhi bentuk sperma, faktor utama dari infertilitas.

8

Faktor Gaya Hidup Lainnya
Kebiasaan-kebiasaan lain yang juga bisa menjadi faktor serta mempengaruhi proses kehamilan antara lain kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol, dan asupan kefein yang berlebihan.

Referensi: lifescript

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.