Penyebab Turunnya Nafsu Makan

Semua orang pasti pernah mengalami kondisi nafsu makan yang menurun atau hilang pada suatu waktu. Dalam istilah medis, nafsu makan yang menurun disebut dengan istilah anoreksia.

Pada banyak kasus, hilangnya nafsu makan disebabkan oleh penyakit, yang artinya kondisi tersebut hanya berupa gejala dari sebuah penyakit. Nafsu makan akan kembali normal setelah penyakit tersebut pergi. Kondisi tersebut tidak terlalu mengkhawatirkan kecuali berlangsung selama lebih dari satu atau dua hari.

Keadaan lain seperti stres, sedih dan cemas –yang mana umum saat ini,– juga bisa mempengaruhi nafsu makan normal. Ini sering terjadi pada remaja dan orang dewasa.

Apa yang terjadi pada tubuh sehingga nafsu makan menurun?
Pada dasarnya, nafsu makan merupakan suatu sistem pengaturan internal yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizi tubuh. Hilangnya nafsu makan normal anda akan menjadi masalah jika kondisi tersebut terus berlanjut. Hal itu bisa jadi gejala dari penyakit yang lebih serius. Jika kondisi ini berlangsung lama, seseorang beresiko mengalami malnutrisi atau kekurangan nutrisi.

Penyebab Nafsu Makan yang Hilang atau Menurun

Selain karena alasan sakit, nafsu makan juga dapat berkurang karena efek dari obat-obatan medis yang sedang dikonsumsi seseorang, atau juga karena program diet menurunkan berat badan yang sedang dijalankan.

Nafsu makan yang menurun juga hampir selalu terjadi pada orang berusia lanjut, tanpa alasan yang jelas yang bisa ditemukan. Akan tetapi faktor seperti kesedihan, depresi, dan kecemasan berlebih merupakan penyebab umum kondisi tersebut, dan berdampak pada menurunnya berat badan, khususnya pada lansia.

Kanker juga dapat menyebabkan turunnya nafsu makan secara drastis. Kanker yang membuat nafsu makan menghilang antara lain:

  • kanker usus besar
  • kanker ovarium
  • kanker pankreas
  • kanker perut

Selain itu, di bawah ini adalah beberapa penyebab umum lainnya yang membuat seseorang kehilangan nafsu makan selama berhari-hari:

  • infeksi, misalnya pneumonia, hepatitis, HIV, influenza, atau infeksi ginjal yang disebut pielonefritis
  • penyakit jantung, ginjal, dan liver yang serius. Misalnya adalah gagal ginjal kronis, sirosis, atau gagal jantung kongestif dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan
  • penyumbatan di dalam perut, yang dikenal sebagai obstruksi usus
  • peradangan pada perut atau usus, seperti yang terjadi pada pasien dengan pankreatitis, radang pada pankreas, iritasi usus besar, atau usus buntu
  • masalah endokrin , seperti diabetes, atau kondisi yang menyebabkan kadar hormon tiroid yang rendah (hipotiroid)
  • gangguan autoimun, kondisi di mana sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Contohnya termasuk rheumatoid arthritis dan scleroderma
  • kondisi kejiwaan, seperti depresi, skizofrenia, atau gangguan makan yang disebut anoreksia nervosa
  • kehamilan
  • demensia, seperti penyakit Alzheimer, suatu kondisi yang menyebabkan memori menurun dan penurunan fungsi otak lainnya

Apa efek jangka panjang dari hilangnya nafsu makan?

Malnutrisi, kurangnya makanan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, adalah masalah serius utama dari kehilangan nafsu makan jika berlangsung selama lebih dari beberapa minggu. Efek jangka panjang lainnya terkait dengan penyebabnya. Misalnya, diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai organ dalam tubuh, termasuk ginjal, mata, dan saraf. Karena kurangnya nafsu makan, tubuh kekurangan nutrisi penting untuk mengontrol diabetes.

Efek lain yang berhubungan dengan penyebabnya adalah kanker, yang dapat menyebabkan kematian.

Menangani Nafsu Makan yang Menurun

Yang utama adalah dengan mengetahui penyebab hilangnya nafsu makan. Jika disebabkan oleh penyakit ringan yang umum seperti pilek dan demam, maka nafsu makan akan membaik setelah penyakit tersebut disembuhkan.

Mengkonsumsi multivitamin penambah nafsu makan mungkin diperlukan sebagai langkah awal untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang. Anda juga bisa mencoba hidangan favorit anda untuk mengatasi nafsu makan yang menurun.

Namun jika anda tidak dapat mendeteksi penyebabnya, dan kondisi tersebut berlangsung selama beberapa hari, segera periksakan diri ke dokter untuk diagnosa lebih lanjut.

22 KOMENTAR

  1. Kenapa ya dok, saya susah sekali untuk makan, padahal saya sudah berusaha keras untuk mencoba makan makanan tersebut. Tetapi jika pada saat makan, saya sering merasakan mual dan mudah sekali kenyangnya sehingga makanan tersebut jadi tidak habis, pada saat kecapek’an saya juga merasakan hilang untuk nafsu makan mohon solusinya yah dok.

  2. mlm dok. atau siapapun yang bisa menjawab pertanyaan saya..

    Saya bingung dan pusing bila memikirkan apa penyebab saya tidak mempunyai nafsu makan…
    .
    sebelumnya saya bekerja sebagai pengasuh ank. dan sebelum saya berhenti. saya sering pusing bahkan gampang demam karena saya sudah ingin keluar dari pekerjaan itu. tapi bos saya menahan saya keluar sampai saya mendapat penggantinya..
    sambil mencari pengganti saya sering mengalami pusing.rasa tidak nyaman. mungkin itu yg dibilang stres.
    namun sesudah saya mendapat pengganti pun saya masih dilarang keluar sampai orang itu benar-benar bisa menghandle pekerjaannya… setelah saya keluar dari kerja, lantas saya pulang kerumah. sesampainya dirumah saya menjadi seorang yg sangat pemalas. bahkan hari2 ku aku habiskan untuk nonton drama korea dan tidur.. saya tidak merasa haus atau pun lapar. sampe 2 suami saya memarahi saya. kenapa saya tidak makan atau pun minum. bahkan saya sampai dipaksa makan walau saya tidak mau.karna habis makan pasti saya mual atau panas dingin yg aku rasa. sampe di belikan apa aja tidak aku makan.. dan sekarang sudah hampir 2 minggu. saya masih tetap sama. pertanyaan nya. sebenarnya apa yg terjadi pada diri saya dok..

  3. Selamat malam dok mau numpang tanya…
    Semenjak saya melahirkan anak pertama..
    Nafsu makan Turan sampai sekarang anak ke 2…sehari cuma 1kali makan..tinggi badan 161cm berat badanku cuma 47kg .. mau naik 1 kg pun susah ..semenjak aku melahirkan anak ke2 kalau aku banyak tertawa nafas sesak dan batuk…mohon bantuan nya dok

  4. Saya masih berumur 14 th tapi saya sudah kehilangan nafsu makan saya bbrpa hari ini kebanyakan minum aja mau ke dokter cek tapi saya yang takut ke dokter wkwk

  5. Dok saya mau tanya, kemarinkan saya ada mimun obat cina yang nama nya sam yun wan, yang kata nya obat pengemuk badan,
    Tapi setelah satu bulan saya minun, perut saya makin buncit dan keras, ngak kayak perut orang biasa nya, dan juga tumbuh biang keringat d mana2, akhir ny saya berhenti memutus kan untuk tidak minum obat ini lagi, dan apa yang terjadi?
    Perut saya semakin jadi sakit ny, nafsu makan pun hilang total, sampai sekarang udah 4 hari ngak ada makan nasi,
    Dan lagi susah tidur……
    Dok ad ngak solusi nya
    Terimakasih

  6. dok awal napas saya terasa sesak sebelumnya saya pecamdu rokok jd udah sekitar 1 minggu saya coba untuk berenti merokok. jd masalanya sekarang 2 hari ini selera makan saya berkurang dok tiap mau makan terasa mual kanyak mau muntah, mohon solusinya dok

  7. Saya juga kehilangan nafsu makan setelah melahirkan, padahal bayi saya butuh nutrsi berupa ASI dari saya, ntah kenapa saya liat makanan ga terlalu tertarik. Saya tetap makan walaupum sehari sekali tapi rasanya tetap hambar, kejadian ini udah 10bulan sejak saya melahirkan.

  8. Saya seringkali teringin makan macam2 tapi bila makanan ade depan mata saya,selera saya tetiba terus hilang dan kadang2 saya makan sedikit sahaja kuantiti dalam satu masa,namun berat badan sye mningkat mendadak..ade tak cara mngatasi masalah saya??

  9. saya pun hilang nafsu makan . dari saya berumur 18 hingga ke 20 tahun ni . sudah 2tahun saya mengalami hilang nafsu makan . apa kah saya sedang menghidap . sebarang penyakit ? asal mahu makan . saya terus hilang selera makan dan kenyang . apa kah yg harus saya lakukan ?

  10. Saya masih berusia 15 tahun. 3 hari ini saya tidak mempunyai nafsu makan. Saya tidak merasa mual atau ingin muntah. Tetapi ketika saya melihat makanan dan mencoba memakannya saya merasa kenyang (tetapi bukan mual/ingin muntah). Saya tidak memiliki penyakit seperti pilek/demam/dll, saya juga sedang dalam masa liburan jadi agak kurang yakin kalau itu stress dsb, saya juga tidak dalam program diet apapun, dan saya juga tidak merasakan sakit dibagian tubuh manapun. Yang saya tahu adalah saya tidak merasakan lapar sama sekali selama 3 hari, saya bingung tetapi saya tetap minum air untuk mengurangi resiko karena tidak makan. Saya sudah memberitahu orang tua saya, tetapi mereka malah berpikiran negatif seperti mengaitkannya dengan hal” kehamilan (berkenaan dengan hamil muda yang biasanya juga tidak nafsu makan), padahal tepat 2 hari sebelum saya kehilangan nafsu makan, menstruasi saya berakhir. Apakah hal tersebut masih normal ? Apakah ada kaitannya dengan selesainya saya menstruasi ? Ataukah ada faktor lain ? Terima kasih

    • Dear yun hera, saya mengalami faktor yang sama dengan anda. Bolehkah saya tahu solusi yang anda dapatkan saat itu?
      Saya Sudah mencoba berbagai supplements makanan tapi gk ada perubahan. Dan ini Sudah berlangsung 1 tahun. Sampai berat badan saya terus menurun Dari 46kg smp 38 kg dg tinggi 165cm. Mohon balasan nya. Terimakasih

  11. Saya mengalami stress dan sedih berkepanjangan sehingha nafsu makan saya hilang selama hampir 2 bulan, tapi saya mencoba tetap makan 3kali sehari seperti biasa. Namun rasanya hambar. Bagaimana mengatasinya?

    • Jika anda bisa tetap makan 3 kali sehari, maka itu sangat bagus.
      Anda bisa coba ganti menu makanan, atau makan makanan favorit untuk membangkitkan selera makan anda.

  12. Nafsu makan saya berkurang malahan period juga tidak teratur adakah itu kerana stress atau kesan ubatan juga ?

  13. Masalah saya sama dengan masalah mba fajariah. Bisa di jelaskan mengenai kondisi tersebut? terima kasih

  14. Akhir-akhir ini saya mengalami penurunan nafsu makan yang sangat drastis. Setiap mau makan bawaanya sudah kenyang dan jika dipaksakan akan muntah. Bagaimana solusinya?

  15. YG SAYA RASAKAN BILA MELIHAT MAKANAN DIMEJA TDK ADA NAPSU UTK MAKAN PERUT RASANYA TDK MENGIYAKAN APA SOLUSI DAN APA PENYEBAB

  16. Sudah berapa hari ini, nafsu makan saya turun, setiap makan pasti cepat kenyang. Dan bawaannya mau muntah . Saya bingung kenapa bisa begini. Tolong bantuannya

  17. Fitamin apa yang bagus untuk penderita diabetes (nafsu makan menurun) tolong beri informasi nya trims

    • Vitamin yg disarankan untuk penderita diabetes adalah vit B-kompleks, khususnya Biotin, karena sgt baik untuk kesehatan saraf. Selain itu jg sgt baik untuk meningkatkan asupan vitamin C, D dan E. Asupan mineral magnesium jg penting untuk produksi energi, sintesa protein, serta pembaharuan sel. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here