Inilah Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda

Pernah menemui rambut seseorang yang mulai memutih di usia yang masih muda? Jangan heran. Hal ini wajar terjadi mengingat ada beragam faktor yang bisa memicu tumbuhnya uban di usia muda.

Berikut ini adalah berbagai faktor penyebab tumbuhnya uban di usia muda:

Faktor keturunan atau genetik

Pada beberapa orang, uban mulai tumbuh di usia yang relatif muda. Hal ini terjadi akibat pengaruh gen orang tersebut yang kemudian menjadi penentu di usia berapa uban akan mulai tumbuh.

Bahkan akibat pengaruh genetik, seseorang bisa mulai mendapati uban diantara helaian rambutnya saat usianya masih 20 tahun. Gen tersebut mempengaruhi hilangnya pigmen pemberi warna hitam pada rambut, sehingga kemudian rambut tampak memutih.

Kekurangan melanin

Melanin merupakan zat pemberi warna hitam atau gelap yang biasa ditemukan dalam kulit dan rambut. Semakin banyak kandungan melanin dalam kulit dan rambut, maka akan semakin gelap warna keduanya.

Namun ternyata zat pemberi pigmen berwarna gelap ini dapat berkurang jumlahnya di dalam tubuh. Ketika jumlahnya mulai berkurang, maka dampaknya rambut pun akan mulai memutih. Solusinya, pastikan asupan nutrisi harian Anda terpenuhi mengingat produksi melanin sangat bergantung pada asupan nutrisi tersebut.

Ketidakseimbangan hormon

Selain kurangnya asupan melanin, hormon di dalam tubuh juga dapat menjadi pemicu munculnya uban di usia dini. Ketika kadar hormon di dalam tubuh mengalami ketidakseimbangan, maka uban akan semakin cepat muncul.

Untuk mencegah terjadinya ketidakseimbangan hormon tersebut, jagalah asupan nutrisi harian Anda dengan mengonsumsi beragam sayuran hijau, buah dan ikan.

Stres

Stres ternyata juga bisa menjadi salah satu pemicu tumbuhnya ubah di usia muda. Hal ini dikarenakan stres dapat memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon sendiri merupakan salah satu pemicu timbulnya uban.

Ketika kedua faktor ini saling melengkapi, maka jangan heran ketika Anda mendapati beberapa helai uban menghiasi rambut Anda, kendati usia masih tergolong muda. Karenanya sebisa mungkin jauhi stres agar rambut tetap sehat.

Terkait: Efek negatif stres terhadap kulit

Zat kimia

Berhati-hatilah ketika menggunakan produk perawatan rambut. Kendati tujuannya untuk membersihkan dan merawat keindahan rambut, produk tersebut ternyata bisa menjadi salah satu pemicu munculnya uban di usia muda. Produk perawatan rambut seringkali mengandung zat kimia yang ketika digunakan justru dapat memicu tumbuhnya uban.

Kekurangan vitamin B12

Tumbuhnya uban di usia dini juga bisa jadi disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B12 (kobalamin). Kekurangan vitamin B12 tidak hanya dapat menyebabkan anemia atau kurang darah, tetapi juga dapat memicu hilangnya pigmen yang memberi warna gelap pada rambut Anda.

Untuk mencegahnya, penuhilah kebutuhan tubuh akan vitamin B 12 dengan mengonsumsi sayuran hijau, buah, ikan, telur dan daging.

Merokok

Anda sering merokok? Jika ya, maka jangan heran ketika rambut uban mulai bermunculan kendati usia Anda masih tergolong muda. Kondisi ini terjadi akibat kebiasaan merokok Anda yang ternyata dapat mempercepat terjadinya proses penuaan pada rambut.

Proses penuaan pada rambut sendiri merupakan hal yang wajar terjadi. Namun ketika proses penuaan terjadi lebih cepat, maka akibatnya akan dapat mempengaruhi penampilan rambut Anda. Rambut akan kehilangan kadar melanin sehingga ia mulai memutih.

Sebuah studi dengan 107 relawan juga telah membuktikan adanya hubungan antara kebiasaan merokok seseorang dengan munculnya uban di usia muda.

Rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Kondisi ini dapat menghambat penyebaran nutrisi ke folikel rambut. Padahal folikel rambut memerlukan asupan nutrisi agar dapat mempertahankan kadar melanin. Ketika kadar melanin semakin berkurang, maka rambut akan mulai memutih.

Kurangnya asupan makanan kaya antioksidan

Munculnya uban merupakan sebuah proses penuaan yang normal terjadi. Namun ketika uban muncul lebih cepat, ini menandakan kurangnya asupan nutrisi tertentu. Salah satunya ialah zat antioksidan. Antioksidan sangat diperlukan tubuh dalam jumlah yang cukup untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Karenanya konsumsilah makanan sumber antioksidan seperti sayuran hijau, anggur, dan teh hijau. Sayuran hijau seperti bayam bahkan dapat membantu produksi melanin sehingga warna rambut bisa kembali hitam.

Penyakit tertentu

Uban yang muncul di usia muda ternyata juga dapat dipicu oleh penyakit tertentu. Salah satunya ialah penyakit autoimmune seperti vitiligo. Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang normalnya melindungi tubuh dari serangan penyakit justru berbalik menyerang tubuh. Ia bahkan dapat menyerang rambut sehingga kemudian rambut kehilangan pigmennya.


Menjaga kesehatan rambut ternyata bukanlah hal yang mudah. Apalagi dengan mengetahui adanya faktor tersebut diatas yang dapat memicu munculnya uban di usia muda. Namun dengan mengetahui apa saja yang menjadi penyebab rambut beruban, Anda setidaknya dapat melakukan upaya pencegahan, sehingga penuaan dini pada rambut yang berimbas pada perubahan warna rambut bisa dihindari.