Perawatan Kulit: 5 Tips Utama untuk Kesehatan Kulit

Jika anda tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan kulit secara intensif, jangan terlalu khawatir, karena anda selalu bisa memanjakan kulit anda dengan hal-hal yang mendasar dan sederhana. Perawatan kulit yang baik dan gaya hidup sehat secara efektif dapat menunda proses penuaan alami dan berbagai macam permasalahan kulit. Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi perempuan, namun juga bagi pria.

Sebagai permulaan, anda bisa memulainya dengan 5 tips sederhana –namun efektif– berikut ini.

Perlakukan kulit anda dengan lembut

Membersihkan kulit dan bercukur setiap hari bisa memberikan efek tidak baik jika dilakukan tanpa perhatian.

merawat kesehatan kulitUntuk menjaga agar kulit tetap sehat sehari-hari, maka:

  • Batasi waktu mandi. Terlalu lama di bawah shower atau waktu mandi yang panjang dapat menghilangkan minyak dari kulit Anda. Batasi mandi atau waktu mandi, dan gunakanlah air hangat –bukannya air yang terlalu panas.
  • Hindari sabun yang ‘terlalu keras’. Sabun dan deterjen yang kuat dapat mengikis minyak dari kulit Anda. Sebaliknya, pilih jenis pembersih yang ringan (mild cleanser).
  • Mencukur dengan hati-hati. Untuk melindungi dan melumasi kulit Anda, oleskan krim cukur, lotion atau gel sebelum mencukur. Selalu gunakan alat cukur yang bersih dan tajam. Cukurlah searah dengan arah tumbuh rambut, bukan sebaliknya.
  • Mengeringkan kulit. Setelah mandi, keringkan kulit dengan cara menepuk kulit secara lembut dengan sebuah handuk. Dengan begitu, kelembaban kulit tidak segera hilang setelah mandi.
  • Melembabkan kulit yang kering. Jika kulit anda kering, gunakan pelembab kulit (moisturizer) yang sesuai dengan kulit anda. Untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan untuk menggunakan jenis pelembab yang mengandung SPF.

Lindungi diri anda dari matahari

Salah satu hal paling penting dalam menjaga kesehatan kulit adalah dengan melindunginya dari sinar ultraviolet. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik bibit penuaan, dan berbagai masalah kulit lainnya, termasuk meningkatnya resiko terkena kanker kulit.

  • Gunakan tabir surya. Gunakanlah tabir surya yang mengandung SPF minimal 15. Ketika anda melakukan kegiatan yang lama di luar ruangan (outdoor), terapkan tabir surya pada kulit setidaknya setiap 2 jam. Bahkan lebih sering jika anda sedang berenang atau selalu berkeringat.
  • Berteduh. Hindari sinar matahari di saat-saat terpanasnya, yaitu antara jam 11 siang hingga jam 4 sore.
  • Menggunakan pakaian yang tertutup. Jika anda sering beraktifitas di bawah sinar matahari, gunakanlah pakaian yang cukup melindungi kulit dari ultraviolet, seperti kemeja atau kaus lengan panjang, celana panjag, hingga topi.

Hindari rokok

Merokok da[at menyebabkan kulit anda terlihat lebih tua dan bisa menyebabkan banyak kerutan. Merokok akan menyempitkan pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit, yang berakibat menurunnya aliran darah. Hal tersebut akan menghalangi kulit dari oksigen dan nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit.

Merokok juga merusak kolagen dan elastin – serat yang memberikan kulit Anda kekuatan dan elastisitas. Selain itu, ekspresi wajah berulang yang khas ketika merokok –seperti mengerucutkan bibir Anda saat menghirup dan menyipitkan mata Anda untuk menjaga keluar asap – dapat menimbulkan keriput.

Pola makan/diet yang sehat

Diet yang sehat dapat membantu anda mendapatkan penampilan terbaik anda. Konsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein bebas lemak. Hubungan antara pola makan dan jerawat memang tidak terlalu jelas, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya akan vitamin C dan rendah lemak dapat membuat kulit tampak lebih muda dan segar.

Mengelola stres

Stres yang tidak terkontrol dapat membuat kulit Anda lebih sensitif dan memicu jerawat plus masalah kulit lainnya. Untuk menjaga kulit tetap sehat –dan juga pikiran yang sehat– lakukan langkah-langkah tepat untuk mengelola stres Anda.

Tetapkan target yang wajar, skalakan kembali jadwal kerja/kegiatan dan sisihkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda nikmati. Hasilnya mungkin akan lebih dramatis dari yang Anda harapkan.

Ref: NHS.UK