Home Kecantikan 10 Cara Merawat Wajah, Rambut, dan Kuku Menggunakan Telur

10 Cara Merawat Wajah, Rambut, dan Kuku Menggunakan Telur

0
27
perawatan menggunakan telur

Telur adalah makanan bernutrisi tinggi dan mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Tetapi tahukah Anda bahwa telur juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan?

Telur, baik itu bagian putih, kuning, atau bahkan cangkangnya, memiliki khasiat tersendiri bagi kecantikan dan telah lama digunakan sebagai solusi alami untuk meningkatkan penampilan.

Berikut adalah 10 manfaat kecantikan dari telur yang bisa Anda dapatkan dengan perawatan secara teratur.

Menghilangkan minyak di kulit kepala

Bagi mereka yang tidak tahan dengan bau atau tekstur dari telur, perawatan kulit kepala ini mungkin akan menjadi tantangan tersendiri. Meskipun begitu, putih telur bisa sangat membantu dalam menghilangkan kelebihan minyak di kulit kepala yang menjadi penyebab rambut berminyak dan ketombe. Putih telur bekerja dengan cara mengencangkan folikel rambut sehingga mencegah sekresi minyak yang berlebihan pada kulit kepala.

Untuk membuat masker putih telur untuk kulit kepala, Anda bisa mencampurkan 1 putih telur, 1 sendok makan madu, dan 5 tetes minyak lavender. Oleskan campuran secara merata ke kulit kepala dan biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya secara menyeluruh dan keramas untuk menghilangkan bau telur yang tersisa.

Mengurangi rambut rontok

Putih telur mengandung banyak protein dan asam lemak yang penting bagi kesehatan rambut. Bagian putih dari telur ini membantu memperbaiki folikel rambut yang rusak, mencegah rambut rapuh dan bercabang, dan mengencangkan akar rambut.

Untuk membuat masker putih telur untuk rambut rontok, Anda bisa mengocok 2 putih telur bersama dengan 4 sendok makan minyak kelapa hingga diperoleh kekentalan yang lembut. Oleskan campuran ini ke kulit kepala yang telah dibasahi sebelumnya dan ke seluruh rambut secara merata dengan bantuan sisir. Biarkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan air hangat.

Mencerahkan rambut kusam

Putih telur sangat baik untuk mengatasi rambut kering dan kusam

Rambut kusam akan membuat penampilan Anda terlihat lesu, terlepas dari upaya Anda menatanya. Perbaiki rambut kusam Anda dengan melakukan perawatan masker rambut dari putih telur secara teratur.

Pisahkan putih telur dari bagian kuningnya dan kocok putih telur hingga berbusa. Anda bisa menambahkan 1 sendok teh sari lemon ke dalam kocokan putih telur untuk mengurangi baunya, dan oleskan ke seluruh permukaan rambut. Bungkus rambut Anda dengan shower cap untuk mendukung peresapan masker telur pada rambut. Biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya secara menyeluruh dan keringkan rambut Anda secara alami.

Mengendalikan minyak di wajah

Dengan prinsip yang serupa dengan manfaat telur bagi kulit kepala, Anda bisa mengurangi kelebihan minyak di wajah dengan masker putih telur.

Cuci wajah Anda dengan air hangat—hati-hati untuk tidak berlebihan dalam menggosok wajah—dan tepuk kering dengan handuk yang lembut. Kemudian, oleskan lapisan tipis putih telur ke seluruh kulit wajah (jangan mengenai mata) hingga terbentuk masker putih telur, dan biarkan mengering. Setelah beberapa saat, bilas bersih wajah Anda dengan air dingin.

Perawatan ini akan sangat bermanfaat bagi mereka dengan kulit wajah berminyak jika dilakukan secara teratur.

Mencegah jerawat dan komedo

Hati-hati dalam mengaplikasikan putih telur pada kulit wajah berjerawat karena cara mengoleskan yang terlalu kasar bisa mengiritasi kulit dan memperburuk jerawat.

Pertama, cuci wajah secara menyeluruh sebelum melakukan perawatan ini. Kemudian, untuk wajah berjerawat, gunakan ujung jari yang bersih untuk mengaplikasikan putih telur pada titik jerawat dengan lembut.

Untuk wajah berkomedo, terlebih dahulu usapkan seiris lemon pada daerah komedo, lalu oleskan kocokan putih telur dan segera tutup daerah tersebut dengan tisu wajah. Ulangi proses ini sekali lagi untuk membuat lapisan masker putih telur pada daerah komedo, dan biarkan selama 20 menit. Setelah kering sepenuhnya, kelupas tisu wajah dengan lembut dan bilas wajah hingga bersih.

Mengurangi keriput wajah dan kantung mata

Putih telur dapat membantu mencegah penuaan dini dengan mengurangi garis-garis halus di wajah, mencerahkan daerah bawah mata, dan mengencangkan kulit wajah.

Untuk wajah tampak lebih mudah dan bebas keriput, Anda bisa mencampurkan putih telur dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok makan lumpur kecantikan, jika ada. Oleskan masker ini pada wajah dan leher, dan biarkan sampai mengering sepenuhnya sebelum membilasnya. Gunakan masker anti-penuaan ini 2 kali dalam seminggu.

Untuk memperbaiki penampilan kantung mata, Anda bisa mengocok putih telur dan mencelupkan brush ke dalamnya dan mengaplikasikannya pada daerah di sekitar mata. Setelah masker mata ini kering sepenuhnya, bilas dengan air dingin.

Menghilangkan rambut halus di wajah

Jika Anda tidak nyaman dengan rambut-rambut halus di kening, pipi, dan atas bibir, Anda bisa mencoba masker putih telur untuk menghilangkannya.

Oleskan putih telur di wajah dengan menggunakan brush, dan tutupi dengan tisu wajah sebelum mengoleskan kembali putih telur di atasnya untuk membuat tisu benar-benar menempel. Biarkan hingga kering sepenuhnya, dan kelupas tisu wajah tersebut dengan cepat.

Anda akan terkejut dengan hasil yang didapat—rambut-rambut halus menempel pada tisu dan kulit wajah Anda terasa halus dan kencang.

Menebalkan bulu mata

Ya, putih telur bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan bulu mata. Buat serum alami untuk pertumbuhan bulu mata dengan mencampurkan secara rata putih telur, gliserin dan minyak zaitun.

Celupkan sikat maskara bersih yang tidak lagi digunakan ke dalam serum ini dan aplikasikan ke dasar bulu mata Anda dengan lembut. Ulangi sebanyak 2 hingga 3 kali dan biarkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan air dingin. Serum putih telur ini akan menstimulasi pertumbuhan bulu mata dan melembabkannya sehingga bulu mata dapat tumbuh dengan lebih tebal dan kuat.

Gunakan serum ini setiap hari setelah membersihkan wajah dari makeup untuk hasil terbaik.

Mencerahkan kuku

Kuning telur juga bisa bermanfaat, terutama bagi kesehatan dan kecantikan kuku.

Perbaiki kondisi kuku rapuh dan pecah-pecah Anda dengan merendamnya di dalam campuran 1 kuning telur dan 1/4 cangkir susu hangat selama sekitar 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Air rendaman kuning telur dan susu ini mendukung pertumbuhan kuku dengan cepat, menutrisi serta melembutkan kutikula kuku, dan memperkuat kuku. Anda bisa melakukan perawatan ini secara teratur untuk kecantikan kuku jari tangan dan kuku jari kaki.

Memutihkan gigi

Kali ini adalah manfaat cangkang telur untuk mempercantik senyum Anda. Cangkang telur adalah sumber kalsium yang diperlukan bagi gigi yang kuat dan sehat, dan sifat abrasif cangkang telur membantu menghilangkan noda yang membandel pada gigi.

Untuk perawatan ini, kelupas cangkang dari 2 hingga 3 telur rebus dan biarkan sampai benar-benar kering untuk menyingkirkan kelembabannya. Kemudian, hancurkan cangkang ini dengan blender atau penggiling kopi sampai terbentuk bubuk halus. Tambahkan bubuk cangkang telur di atas pasta gigi Anda dan sikatlah gigi dengan lembut.

Lakukan perawatan ini secara teratur untuk memperoleh gigi yang tampak lebih putih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here