Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Membeli Rumah Idaman Anda

Memiliki sebuah rumah idaman sebagai hunian pribadi tentu saja menjadi impian hampir setiap keluarga. Bahkan bagi sebagian orang berhasil mempunyai rumah pribadi akan memberikan rasa bangga serta kepuasan tersendiri karena telah berhasil memberikan kenyamanan bagi keluarganya. Anda tidak perlu lagi memusingkan masalah pembayaran setiap bulan, atau aturan-aturan aneh dari pemilik rumah. Anda bisa melakukan apapun yang Anda inginkan dirumah pribadi Anda.

Wajar bila Anda merasa sangat antusias saat membeli rumah untuk pertama kali, namun jangan terburu-buru mengambil keputusan. Saat Anda melihat iklan jual rumah yang sesuai dengan budget, bukan berarti rumah tersebut sesuai dengan kriteria yang Anda sekeluarga butuhkan. Anda harus tetap berhati-hati dan mempertimbangkan beberapa hal-hal berikut ini:

Cari tahu rumah seperti apa yang Anda butuhkan

Sebelum membeli rumah tentu saja Anda harus sudah memiliki gambaran seperti apa rumah impian Anda yang pastinya harus disesuaikan dengan kebutuhan keluarga misalnya jumlah kamar, ketersediaan taman, garasi atau gudang.

Jika Anda termasuk keluarga besar maka pastikan mendapatkan rumah yang memiliki jumlah kamar yang cukup bagi seluruh anggota keluarga. Jika Anda memiliki hewan peliharaan tentu saja ketersediaan taman cukup penting hal ini berkaitan dengan kenyamanan dan kesehatan keluarga Anda. Apabila Anda memiliki kendaraan pribadi, garasi juga wajib tersedia demi keamanan bersama.

membeli rumah idaman
Pastikan rumah yang anda beli sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga.

Pastikan hal-hal yang Anda butuhkan tersedia di rumah yang akan Anda beli.

Perhatikan kondisi kesehatan rumah

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah kesehatan rumah. Sebelum membeli rumah pastikan untuk mengecek hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan rumah seperti lingkungannya yang bersih dan tidak kumuh, memiliki ventilasi yang baik dan tidak lembab, pastikan juga cahaya matahari bisa masuk kedalam rumah, saluran air dan saluran pembuangan yang lancar serta ketersediaan air bersih yang cukup.

Baca juga, ciri rumah sehat untuk keluarga Anda.

Lokasi dan akses jalan

Lokasi dan akses jalan merupakan salah satu hal yang sangat perlu Anda pertimbangkan. Lokasi yang strategis dan akses jalan yang baik tentu Akan mempermudah mobilitas Anda. Anda juga perlu mengecek jarak tempuh menuju lokasi tempat Anda bekerja sebagai pertimbangan waktunya.

Ketersediaan fasilitas umum

Jangan lupa untuk mengecek fasilitas umum yang ada disekitar rumah tersebut seperti tempat ibadah, sekolah,pasar, taman bermain, rumah sakit, restoran, kantor polisi dan lain-lain.

Lingkungan sekitar

Karena kemungkinan Anda akan tinggal di rumah tersebut dalam kurun waktu yang lama pastikan untuk mengetahui kondisi lingkungan tersebut. Bagaimana hubungan bertetangga disana, apakah individualis ataukah masih terjalin keakraban dengan baik? Bagaimana aktivitas bertetangga disana? Anda bisa menyesuaikan dengan karakter keluarga Anda.

Keamanan

Tentu saja keamanan menjadi faktor terpenting. Anda perlu mengecek bagaimana kondisi keamana disekitar rumah tersebut. Apakah tersedia penjaga keamanan, satpam atau sistem ronda malam? Apakah pernah terjadi kriminalitas seperti pencurian, perampokan dll?

Harga yang sesuai

Harga merupakan pertimbangan utama dalam proses pembelian rumah. Sesuaikan budget dengan rumah yang akan Anda beli. Jangan terburu-buru memilih dan memutuskan apabila sudah menemukan rumah yang sesuai dengan kriteria Anda. Anda bisa mengecek beberapa rumah lain yang setipe kemudian bandingkan harganya. Dengan begitu Anda bisa menemukan rumah yang sesuai dengan keinginan Anda dengan harga yang sesuai.