Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Pisang termasuk buah yang paling mudah di temukan, apalagi di Indonesia, baik dalam bentuk aslinya atau sebagai kandungan dalam produk makanan seperti roti, sereal, jus, makanan ringan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tidak ada asalan bagi siapapun untuk tidak mengambil manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh pisang, karena buah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan secara umum.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pisang bagi tubuh dan kesehatan:

Sumber energi tinggi
Karena kandungan vitamin dan mineral yang melimpah, pisang termasuk mampu menyediakan energi yang sangat baik bagi tubuh. Nutrisi tinggi dalam pisang seperti karbohidrat, kalsium, zink, magnesium, fosfor, vitamin C dan juga vitamin B6 akan memberikan banyak efek positif bagi tubuh secara keseluruhan.

Pisang juga mengandung serat tinggi, sehingga membuat tubuh ‘kenyang’ lebih lama. Satu atau dua buah pisang lebih baik untuk mengisi kembali energi tubuh. Itu lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman berkafein atau makanan ringan yang manis. Itulah mengapa pisang sering dimasukkan dalam menu program diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun diet untuk mengontrol diabetes dan hipertensi.

Sistem saraf dan jantung
Kalium sangat penting bagi sistem saraf dan konstraksi otot, serta sangat penting bagi sistem saraf otonom (SSO), yang merupakan sistem pengendali detak jantung. Kekurangan kalium dalam darah (hipokalemia) dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi jantung, tepatnya pada irama detak jantung.

Diet
seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa pisang sangat baik dikonsumsi saat sedang melakukan diet. Pisang bebas akan lemak dan kolesterol, namun kaya akan serat. Buah ini merupakan asupan paling disarankan sebagai “makanan porsi kecil dengan nutrisi tinggi”, yang diberikan untuk orang yang harus menurunkan berat badan secara ekstrim, atau karena sakit dan kesulitan untuk makan secara normal.

Kesehatan pencernaan
Pisang dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat diare atau konstipasi (susah buang air besar). Kandungan kalium tinggi yang terdapat pada buah pisang mampu mengisi kembali cairan elektrolit dalam tubuh yang sangat mudah habis saat terkena diare, serta mencegah dehidrasi. Selain itu, pisang dapat mengatasi masalah susah buang air besar dan memperlancar kembali saluran percernaan melalui pektin (pectin).

Menurunkan tekanan darah
Kandugan kalium yang tinggi yang terdapat pada pisang mampu menurunkan level tekanan darah seseorang, sekaligus memperkecil resiko penyakit jantung dan stroke.

Kesehatan tulang
Kalium yang terdapat pada pisang, selain membentu menurunkan tekanan darah, juga mampu menjaga kesehatan tulang secara umum. Kandungan Fructooligosaccharide (FOS) sangat membantu dalam proses penyerapan nutrisi, terutama kalsium. Penyerapan kalsium yang baik akan memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Vitamin B6
Vitamin ini biasanya ditemukan pada hewan, namun cukup mengejutkan bahwa pisang adalah sumber vitamin B6 yang tinggi. Satu buah pisang mampu memenuhi 35% asupan vitamin B6 yang disarankan setiap harinya. Vitamin ini berfungsi sebagai anti-inflamasi dan mencegah infeksi. Juga, tubuh membutuhkan vitamin B6 untuk membentuk sel baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here