Pola Makan untuk Menambah Berat Badan

Untuk menambah berat badan, yang anda butuhkan adalah lebih banyak asupan kalori. Entah itu dengan makan lebih banyak makanan atau dengan menambah porsi makan. Dengan kata lain, jika anda tidak terbiasa dengan porsi makan yang banyak dalam satu hidangan, anda bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi beberapa camilan sehat di sela-sela waktu makan.

Pilihlah menu makanan yang bernutrisi dan mengandung kalori tinggi –namun bukan jenis kalori yang biasanya di dapat dari junk-food.

Beberapa makanan padat nutrisi yang dimaksud antara lain produk olahan susu, daging, sea-food dan juga unggas –termasuk polong, kacang-kacangan, biji-bijian, olive (zaitun), hingga alpukat.

Tips menambah berat badan

Banyak cara yang bisa anda coba selipkan dalam pola makan sehari-hari. Semuanya terserah anda, dengan mempertimbangkan nutrisi dan asupan kalori yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan anda. Misalnya saja:

  • Makan lebih banyak lapis roti dari yang biasa anda konsumsi di saat sarapan. Mengolesnya dengan selai kacang tentu akan lebih nikmat dan lebih bergizi tinggi.
  • Tambahkan ekstra keju di telur dadar anda.
  • Lebih banyak kalori dengan meminum susu, jus buah murni, hingga jus sayuran.
  • Siapkan tas kecil berisi camilan sehat untuk dibawa kerja atau ketika beraktivitas di luar rumah.
  • Tingkatkan konsumsi sayuran yang mengandung zat tepung (pati) seperti kentang dan jagung.
  • Dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Makanan untuk Menambah Berat Badanmu

Perencanaan menu makanan

Melalui tips pola makan di atas, anda tentu telah memiliki gambaran mengenai menu untuk program diet meningkatkan berat badan yang ingin anda jalani.

Hidangan anda harus diimbangi dengan jumlah protein, karbohidrat dan lemak yang tepat. Pilihlah jumlah besar porsi daging, ikan, sea-food, kacang-kacangan atau tahu tempe, dan hidangkan dengan sejumlah sayuran hijau. Karbohidrat tentu dengan mudah anda dapat dari nasi, kentang, ataupun pasta.

Di samping itu anda juga bisa menambah lebih banyak lagi kalori dalam hidangan anda melalui saus, topping keju tabur, minyak zaitun, ataupun mentega. Akhiri menu anda dengan susu atau jus segar.

Jika anda lebih memilih camilan daripada makan dengan porsi yang banyak, pilihlah jenis camilan yang bergizi seperti keripik buah yang dikeringkan, granola, kacang-kacangan ataupun biji-bijian. Memakan nugget ayam dengan kentang dan keju juga sangat baik untuk menambah protein dan kalori di sela waktu makan utama.

Minum suplemen?

Haruskah menambahkan suplemen dalam pola makan anda? Itu terserah anda, walaupun hal tersebut tidak terlalu diperlukan jika anda bisa memenuhi asupan nutrisi harian yang mencukupi. Beberapa produk suplemen menjanjikan dapat menambah berat badan dan menumbuhkan otot.

Anda harus berhati-hati memilih suplemen karena bisa saja mengandung bahan tersembunyi yang berbahaya atau tidak cocok dengan beberapa penderita penyakit tertentu. Perhatikan label dan juga rekomendasi dari orang-orang yang bisa anda percaya.

Jika anda telah mengadopsi pola makan seperti di atas namun berat badan tidak juga bertambah, sebaiknya anda berkonsultasi atau memeriksakan diri ke dokter sebelum mengkonsumsi suplemen-suplemen penambah berat badan.

Pola makan seperti di atas akan memberikan dampak lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan angkat beban, agar massa otot tubuh anda terbentuk sekaligus menambah berat badan anda. Pertimbangkan untuk bergabung ke klub kebugaran atau gym, di mana mereka akan menyediakan instruktur yang akan sangat membantu program anda. Olahraga juga akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga anda menjadi lebih ‘cepat lapar’ serta meningkatkan nafsu makan anda.

7 KOMENTAR

  1. berarti sy mesti nambah asupan cemilan seperti kentang nugget sm keju yah, oke
    artikelny bermanfaat buat sy u/ nambah berat badan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here