Probiotik Dapat Membantu Meringankan Alergi

0

Seperti yang sudah banyak diketahui, probiotik atau yang juga dikenal sebagai bakteri baik memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan manusia misalnya untuk menjaga kesehatan usus, menjaga kesehatan mental, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan nutrisi makanan.

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata para peneliti kembali menemukan satu manfaat lain dari probiotik, yaitu membantu meringankan alergi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal International Forum of Allergy & Rhinology, probiotik mungkin berguna dalam membantu meringankan gejala dari alergi musiman seperti bersin-bersin, batuk, mata berair, hidung tersumbat, pilek,  gatal-gatal, dan lain sebagainya.

Medical Daily mendefinisikan probiotik sebagai bakteri yang diduga membantu menjaga kesehatan usus. Bakteri-bakteri baik ini dapat ditemukan dalam makanan seperti yogurt, kefir dan juga pada beberapa suplement.

Seperti yang dijelaskankan Dr. Justin Turner, seorang ahli bedah THT dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tennessee, pada Live Science,

“Probiotik dapat mengubah keseimbangan bakteri di usus dengan cara yang dapat melindungi sistem kekebalan tubuh dalam merespon serbuk sari dan beberapa sumber allergen lainnya, sehingga dapat membantu meringankan gejala alergi.”

Dalam studi yang telah di publikasikan secara online ini, para peneliti meninjau data dari 23 percobaan secara acak terhadap lebih dari 1.900 orang. Mereka menemukan bahwa 17 dari 23 penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa orang yang memiliki alergi musiman yang kemudian meminum suplemen probiotik atau makanan-makanan  yang kaya akan probiotik menjunjukan adanya perbaikan terhadap gejala alerginya serta perbaikan kualitas hidup secara keseluruhan.

Meskipun begitu, Dr. Turner juga memperingatkan bahwa penelitian ini masih dalam tahap proses karena masih ada banyak informasi yang perlu dipahami tentang efek probiotik terhadap sistem kekebalan  tubuh.

Sumber: Medical Daily

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here