Diet Tinggi Protein Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Banyak orang menganggap diet rendah karbohidrat adalah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan dan mencapai tubuh yang ideal. Lebih jauh, mereka beranggapan bahwa protein hanya sumber kalori dan lemak, kata dr. Laura J. Kruskall, direktur ilmu gizi di University of Nevada. Tapi, tahukah Anda protein dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan sayuran dan buah-buahan?

Protein tidak sama dengan makanan yang lain. Sumber protein utama seperti ikan, daging, susu, dan kacang-kacangan memang tidak diproses oleh tubuh secepat sumber karbohidrat, sayuran dan buah-buahan. Jika ada beberapa sumber protein yang cepat dicerna oleh tubuh, biasanya makanan yang digoreng dan tidak sehat.

Sebuah penelitian di John Hopkins Unervisity menunjukkan hasil yang mencengangkan. 60% kalori yang hilang, 10–15% dari yang direkomendasikan,– berasal dari sumber protein tanpa lemak yang dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Penelitian juga menemukan bahwa diet kaya protein dapat membantu mencegah obesitas, osteoporosis, dan diabetes.

diet protein
Protein lebih baik dalam menurunkan berat badan

Lalu, bagaimana protein dapat menurunkan berat badan? Berikut beberapa alasan yang mungkin dapat membuat Anda menambahkan protein pada daftar diet Anda.

Protein membakar lebih banyak kalori

Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat dicerna dan diproses oleh tubuh. Karenanya, tubuh akan membakar lebih banyak kalori selagi memprosesnya. Protein juga membuat Anda ‘cukup kenyang’ dalam waktu yang cukup lama, sehingga Anda tidak akan cepat kehilangan energi.

Bila Anda menambahkan 30% protein dalam diet yang dilakukan, Anda hanya mengkonsumsi 450 kalori per hari dan dalam 12 minggu tanpa diet yang lain Anda dapat menurunkan berat badan sebanyak 5 kg. Tentu hasil yang sangat menakjubkan!

Protein mengurangi nafsu makan

Protein dapat mengurangi lapar dan nafsu makan dengan berbagai cara. Ketika Anda menambahkan jumlah protein pada diet Anda, secara otomatis Anda akan mengurangi jumlah asupan kalori. Anda tidak perlu lagi menghitung berapa jumlah kalori yang ada dalam makanan Anda. Diet tinggi protein tidak hanya bermanfaat untuk metabolisme, tapi juga mengurangi nafsu makan sehingga akan lebih mudah untuk mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Protein mencegah lapar di malam hari

Lapar di malam hari adalah musuh bagi semua orang karena dapat mengganggu jalan menuju tubuh yang ideal. Makan di malam hari dapat menambah lebih banyak kalori dibandingkan makan di siang hari karena tubuh tidak terlalu aktif di malam hari. Dalam sebuah penelitian terhadap remaja ditemukan bahwa sarapan tinggi protein terbukti mencegah lapar di malam hari.

Protein memperbaiki otot dan metabolisme

Saat berat badan turun, otot juga ikut turun, metabolisme tubuh pun menurun. Berolahraga secara teratur membantu Anda mendapatkan otot-otot tersebut kembali dan metabolisme pun tetap terjaga. Mengkonsumsi makanan tinggi protein setelah berolahraga sangat dianjurkan karena otot akan menyerap nutrisi dan digunakan untuk memperbaiki otot yang hilang akibat diet. Tanpa protein dan olahraga, Anda mungkin terlihat kurus, bukannya ramping dan bugar.

Protein membantu menurunkan berat badan

Dengan menambahkan 30% asupan kalori, Anda dapat menurunkan berat badan sebanyak 5 kg dalam 12 minggu. Hasil tersebut murni hanya dengan mengkonsumsi protein tanpa diet yang lain. Banyak orang yang sukses dengan dietnya mengeluh saat berat badan mereka kembali, sedangkan diet tinggi protein terbukti mencegah berat badan kembali.

Bagaimana cara meningkatkan asupan protein?

Meningkatkan asupan protein sangat mudah, konsumsi makanan tinggi protein di bawah ini:

  • Daging: daging ayam, daging sapi, dll.
  • Telur rebus sebanding dengan 6 gram protein. Masak beberapa telur dan masukkan ke dalam kulkas, makan sebagai pengganti snack saat Anda membutuhkan asupan protein.
  • Susu dan keju. Satu batang keju sebanding dengan 8 gram protein. Anda dapat memvariasi konsumsi keju dengan apel sampai jam makan tiba.

Untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang ideal, protein sangat tepat karena kaya akan nutrisi. Namun, mengkonsumsi protein saja tidak akan membantu Anda mendapatkan tubuh yang ideal tanpa usaha yang lain seperti, berolahraga secara teratur, menjaga pola makan yang seimbang, dan hidup sehat.

Tapi, menambahkan protein dalam diet Anda tentu solusi yang tepat, selain dapat mengurangi asupan kalori dan menjaga metabolisme tubuh, Anda pun terhindar dari penyakit yang serius.