Teknik Relaksasi Efektif dengan Latihan Pernapasan

Ada berbagai macam cara yang bisa digunakan seseorang untuk mengelola stress yang sedang di alaminya. Satu yang paling mudah, cepat, simple dan gratis untuk memanajemen stress adalah dengan melakukan latihan pernapasan.

Latihan pernapasan ini merupakan sebuah cara yang ideal untuk menghilangkan stress karena cara ini sangat mudah untuk dilakukan, selain itu juga bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja. Latihan ini akan membuat kamu lebih tenang, rilex dan tidak lagi tegang. Prosesnya yang tidak ribet membuat latihan ini begitu populer sebagai salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan stress.

Berikut ini kami akan membabarkan mengenai apa yang Anda butuhkan, cara dan tips untuk melakukan latihan pernapasan:

Yang dibutuhkan :
Seperti yang telah dijabarkan di atas, latihan pernapasan ini cenderung simple dan tidak akan merepotkan Anda. Yang Anda butuhkan dalam latihan pernapasan ini hanyalah niat dan waktu beberapa menit atau detik, serta beberapa perhatian.

Teknik Latihan Pernapasan untuk Relaksasi

  • Cari tempat yang tenang dan nyaman. Pastikan ruangan yang akan digunakan tidak terlalu terang. Jika Anda memilih untuk menyalakan musik, pastikan untuk memilih lagu-lagu yang santai dengan volume yang tidak terlalu kencang.
  • Kenakan pakaian yang nyaman yang tidak terlalu ketat.
  • Cobalah untuk memposisikan tubuh Anda dalam keadaan duduk, berdiri atau berbaring dalam posisi lurus dan santai.
  • Mulailah dengan membersihkan pikiran Anda dari semua pikiran-pikiran tidak penting dan hanya fokus pada pernapasan Anda. Rasakan udara yang datang ke dalam paru-paru dan keluar dari paru-paru Anda. Lakukan ini selama beberapa menit hingga Anda masuk ke keadaan rileks.
  • Lakukan selama beberapa kali untuk membuat bernapas Anda lebih lambat, dalam, tenang dan lebih teratur.
  • Saat Anda sudah fokus pada pernapasan Anda, cobalah untuk menghembuskan napas sepenuhnya, mendorong semua udara keluar dari paru-paru Anda. Mungkin Anda akan perlu menggunakan otot-otot yang ada diantara tulang rusuk untuk melakukan hal ini. Tarik napas perlahan dan isi kembali paru-paru Anda dengan udara segar.

Cara lain yang lebih santai:

  • Letakkan ujung lidah Anda berlawanan dengan langit-langit mulut Anda, tepat di belakang gigi selama melakukan latihan ini.
  • Tutup bibir Anda dan bernapas dalam selama 4 detik.
  • Tahan nafas yang selama 7 detik.
  • Buka mulut Anda dan hembuskan napas selama 8 detik.
  • Ulangi langkah-langkah tadi hingga 4 kali.
  • Latihan ini akan selesai saat Anda sudah dapat bernapas secara teratur.

Tips:
Ketika Anda bernapas, biarkan perut Anda mengembang, jangan ditahan. Ini akan lebih baik daripada menaikkan bahu Anda. Cara ini akan membuat Anda merasa lebih santai karena rasanya akan lebih alami seperti saat Anda bernapas biasa.

Hirup sebanyak-banyaknya udara segar untuk mengisi paru-paru Anda dan lepaskan lebih banyak udara-udara yang sudah ‘basi’.

Anda dapat melakukan latihan pernapasan ini beberapa kali untuk melepaskan ketegangan, atau selama beberapa menit sebagai bentuk meditasidan membuat tubuh merasa lebih rilex.

Jika Anda mau, Anda juga dapat mengetatkan sedikit tenggorokan Anda saat akan menghembuskan napas sehingga udara yang keluar akan terdengar seperti suara bisikan. Jenis pernapasan seperti ini digunakan dalam beberapa bentuk yoga dan dapat membantu untuk lebih melepaskan ketegangan.

Anda juga bisa mempelajari lebih lanjut mengenai stres dan bagaimana cara memanajemen stress dengan beberapa referensi lain, misalnya: 7 teknik relaksasi untuk melawan stres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here