Sakit Kepala: Jenis-Jenis Sakit Kepala

Sakit kepala adalah sakit yang terjadi di bagian sekitar kepala, baik itu pada bagian-bagian kecil tertentu (kening, bagian belakang kepala, dll) ataupun seluruh kepala. Intensitas sakitnya pun beragam mulai dari ringan hingga berat.

Sakit kepala adalah permasalahan yang sangat umum, di mana hampir setiap orang pernah mengalaminya, paling tidak, sekali dalam satu tahun. Terdapat tiga macam tipe sakit kepala, dengan gejala dan karakteristik yang berbeda-beda.

Tension Headaches

Sakit kepala ini berupa rasa sakit seperti tertarik atau pengencangan di bagian kepala. Biasanya diakibatkan oleh stres atau kondisi tubuh yang buruk, yang menyebabkan otot-otot di bagian kepala menjadi tegang dan seperti tertarik. Tipe ini adalah tipe sakit kepala yang paling sering terjadi.

Tidak dapat dipastikan penyebab utama sakit kepala ini karena banyaknya faktor yang harus dipertimbangkan. Bisa jadi ini adalah sakit kepala biasa atau juga merupakan gejala atau bawaan oleh penyakit-penyakit lain yang diderita oleh pasien.

Cluster Headaches

Tipe sakit kepala ini disebabkan oleh gangguan pada jaringan darah dan saraf di bagian kepala. Sakitnya terasa di daerah belakang mata, dengan intensitas sakit yang tajam dan menusuk. Serangan sakit kepala tipe ini bisa berlangsung selama 30 menit atau lebih. Tipe sakit kepala ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan jenis sakit kepala lainnya.

Migraine Headaches

Migrain, atau sering disebut dengan ‘sakit kepala sebelah’, adalah jenis sakit kepala yang hebat dan berdenyut tajam. Sakitnya sering terasa hanya pada sebelah bagian kepala, serta diiringi dengan gejala-gejala seperti mual, gangguan penglihatan sementara, sensitif terhadap cahaya dan suara, dan lain sebagainya.

Penyebab utamanya belum diketahui secara pasti, namun banyak yang meyakini bahwa migrain disebabkan oleh gangguan pada sistem saraf di kepala.

Sakit kepala tampak seperti penyakit biasa, namun bisa saja serangan sakit kepala merupakan gejala dari penyakit lain yang lebih serius, atau disebabkan oleh penyakit yang diderita oleh pasien.

Jika sakit kepala berlangsung sangat lama, dan disertai dengan demam, muntah, ataupun gejala-gejala lainnya, segera konsultasikan dengan dokter untuk memeriksa apakan sakit kepala tersebut merupakan bawaan dari penyakit lain.