Sakit Punggung? Gunakan Laptop dan Smartphone dengan Posisi yang Benar!

0

Apakah saat ini ada remaja yang tidak pernah berbaring berjam-jam membungkuk di depan laptop, tablet atau smartphone mereka? Sepertinya tidak ada, karena tampaknya aktivitas seperti ini sudah menjadi keseharian banyak remaja dan juga orang dewasa di seluruh dunia.

Padahal, sebuah survei terbaru yang diterbitkan oleh British Chiropractic Associataion (BCA) menunjukan bahwa 40% dari mereka yang berusia 16 hingga 24 tahun sering mengeluh mengalami nyeri punggung dan leher yang disebabkan oleh penggunaan laptop, tablet dan juga smartphone mereka.

“Saya telah melihat banyak orang dengan masalah leher, punggung dan bahu yang disebabkan oleh penggunaan laptop yang berlebihan,” kata Tim Hutchful dari British Chiropractic Association

Hutchful mengemukakan bahwa saat ini orang-orang cenderung melupakan postur tubuh mereka saat menggunakan perangkat elektronik seperti laptop, tablet dan smartphone.

Mereka membungkuk di tempat tidur menghadap layar dengan posisi yang tidak mendukung posisi tulang mereka sehingga ini dapat merusak postur tubuh dan menyebabkan nyeri punggung dan leher.

sakit punggung akibat posisi tengkurap
Gunakan gadget dengan posisi yang benar!

Solusi yang bisa diberikan untuk masalah seperti ini adalah dengan mendorong atau mengingatkan mereka untuk menjaga postur tubuhnya dengan cara berjalan-jalan sesekali atau setidaknya bangun sebentar dari posisi membungkuk saat berada di hadapan perangkat elektronik seperti laptop atau tablet.

Anda juga bisa meletakkan laptop di meja sehingga penggunanya bisa duduk dengan posisi yang benar. Bagian atas layar harus sejajar dengan alis dan kursi agak dimiringkan kedepan sehingga lutut menjadi lebih rendah dari pinggul. Posisi kaki juga harus rata dengan tanah.

Sebenarnya teknologi tidak akan menjadi masalah apabila digunakan dengan baik dan benar. oleh sebab itu demi kebaikan diri sendiri dan kita semua ada baiknya untuk mulai memanfaatkan semua teknologi yang ada dengan cara yang tepat supaya tidak merugikan diri sendiri.

Sumber: Daily Mail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here