Tenggorokan Sakit: Karena Pilek atau Radang Tenggorokan?

Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu, misalnya rasa sakit ketika menelan makanan ataupun air minum. Tenggorokan yang sakit biasanya berupa gejala penyakit seperti pilek ataupun radang tenggorokan. Dengan mengetahui penyebab sakit tenggorokan yang dialami, anda bisa mencari pengobatan yang sesuai untuk meredakan sakit tenggorokan tersebut.

Untungnya, sakit tenggorokan umumnya disebabkan oleh penyakit minor dan bisa membaik dengan sendirinya tanpa obat-obatan khusus.

Tenggorokan sakit bisa disebabkan oleh beberapa kondisi. Yang paling sering terjadi, sakit tenggorokan merupakan gejala penyakit yang disebabkan oleh virus (pilek, infeksi pita suara, dan influenza). Penyebab lainnya adalah karena radang tenggorokan, yang biasanya disebabkan oleh bakteri.

Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh pilek

Gejala awal pilek umumnya berupa tenggorokan yang sakit. Akan tetapi, sakit tenggorokan yang disebabkan oleh pilek biasanya akan hilang setelah satu atau dua hari.

sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh pilek ataupun radang tenggorokan. [kredit gambar: whatissorethroat.com]
Jika sakit tenggorokan anda diakibatkan oleh pilek, maka biasanya akan disertai dengan gejala pilek lainnya, seperti hidung yang berair dan tersumbat, bersin-bersin, batuk, dan lain sebagainya. Sakit tenggorokan yang dialami juga umumnya tidak terlalu parah.

Sakit tenggorokan karena radang tenggorokan

Radang tenggorokan, yang disebabkan oleh infeksi bakteri streptococcus, juga termasuk penyebab umum sakit tenggorokan. Jika tenggorokan sakit disebabkan oleh radang, biasanya sakitnya lebih parah, tidak disertai dengan batuk, dan bisa bertahan selama beberapa lama.

Radang tenggorokan bisa menyebar karena kontak dengan air liur orang lain yang telah terpapar bakteri streptococcus. Walaupun radang tenggorokan lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja, namun kondisi ini juga bisa menimpa orang dewasa.

Gejala radang tenggorokan umumnya lebih parah dari sakit tenggorokan yang diakibatkan pilek. Gejala radang tenggorokan antara lain:

  • Tenggorokan sakit tiba-tiba
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sakit ketika menelan, baik ketika makan ataupun minum
  • Amandel memerah, kadang disertai dengan titik-titik putih
  • Demam
Jika tenggorokan anda sakit lebih dari 4 hari atau seminggu, kemungkinan itu disebabkan oleh radang tenggorokan. Sebaiknya anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Mengobati tenggorokan yang sakit

Pengobatan terhadap sakit tenggorokan tergantung pada penyebabnya. Sebagai pilihan awal, anda mungkin bisa mencoba pengobatan rumahan untuk meredakan sakit tenggorokan, misalnya dengan air perasan jeruk, berkumur dengan air garam, dan lain-lain.

Karena sakit tenggorokan lebih sering diakibatkan oleh penyakit viral (pilek, flu, dsb.), maka tidak disarankan untuk minum antibiotik. Antibiotik tidak akan memberikan pengaruh apa-apa terhadap penyakit yang disebabkan infeksi virus.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here