Pilihan Sayuran untuk Diet yang Ampuh Membakar Kalori Lebih Cepat

171
sayuran bagus untuk diet

Sayur sebagai salah satu menu andalan saat diet memang bukanlah topik baru untuk diperbincangkan. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis sayur yang dapat menurunkan berat badan lebih cepat ketimbang lainnya?

Sponsored Links

Semua itu berkat kandingan nutrisinya yang dapat menggenjot metabolisme, mengubah gen lemak perut, hingga membakar timbunan lemak. Dan tentu saja, beberapa sayuran yang dimaksud berikut juga memiliki dampak menguntungkan bagi kesehatan.

Paprika

sayuran untuk diet bakar kalori

Anda mungkin sering mendengar kalau cabai dapat membantu tubuh membakar kalori. Namun tahukah Anda bahwa paprika juga memiliki dampak yang sama? Semua ini berkat kandungan dihydrocapsiate dan vitamin C yang tak hanya dapat mendongkrak metabolisme, namun juga menurunkan berat badan.

Mengonsumsi 3 porsi paprika setiap hari, entah yang berwarna merah ataupun hijau, juga dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Hormon ini biasanya memicu timbunan lemak di perut. Jadi jangan segan menambahkan paprika dalam berbagai masakan atau mengukusnya saja sebagai cemilan sehat yang crunchy.

Brokoli

Sayuran bertekstur renyah berikutnya yang juga bisa membantu program diet adalah brokoli. Tak cuma mengikis lemak khususnya di perut, brokoli juga dapat mencegah seseorang terkena kanker prostat, payudara, paru-paru, dan kulit.

Menurut para ahli, brokoli mengandung fitonutrien jenis sulforafan yang dapat meningkatkan kadar testosteron sekaligus menyingkirkan timbunan lemak. Sayuran yang diperkaya dengan vitamin C ini juga dapat menurunkan kadar kortisol selaku hormon stres.

Hanya saja, mengonsumsi terlalu banyak brokoli bisa membuat perut dipenuhi gas dan menyebabkan kembung. Namun kalau Anda tak keberatan dengan efek sampingnya, maka jangan segan menyertakan brokoli ke dalam masakan atau mengonsumsinya sebagai cemilan sehat.

Bayam

Sayuran kesukaan tokoh kartun Popeye ini juga bisa meningkatkan kecepatan pembakaran kalori. Alasannya sederhana, bayam dipadati dengan protein. Coba bayangkan, 1 cangkir bayam kukus mengandung protein yang sama banyaknya dengan 1 butir telur rebus berukuran medium.

Kita tahu bersama bahwa protein sangat penting peranannya karena membantu membentuk sekaligus memulihkan massa otot. Dan semakin banyak massa otot dalam tubuh, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar. Bonus lainnya, sayuran berdaun hijau ini juga dipadati tilakoid, jenis komponen yang dapat meredakan rasa lapar sehingga sangat cocok untuk orang yang sedang diet menurunkan berat badan.

Sponsored Links

Acar

Acar mungkin bukanlah sayur dalam definisi sebenarnya. Akan tetapi acar mengandung serat tinggi, rendah kalori, serta dibumbui dengan cuka, dan semua itu sangatlah ramah bagi lingkar pinggang seseorang. Satu porsi besar acar diperkirakan mengandung 15 kalori dan 2 gr serat, sehingga mengonsumsi 3-4 porsi dapat membuat perut kenyang hanya dengan 100 kalori saja.

Mengenai cukanya, beberapa studi menunjukkan cairan yang rasanya asam ini dapat meningkatkan kecepatan pembakaran karbohidrat hingga 40%. Hal ini berarti, semakin cepat pembakaran karbohidratnya, semakin segera pula tubuh mulai membakar lemak. Jadi jangan ragu menambahkan acar pada menu makanan kesukaan seperti nasi goreng, pangsit mie, dan lain sebagainya.

Kentang

Kentang juga dapat menjadi pilihan sayuran untuk diet berikutnya. Hanya saja cara Anda mengolah umbi-umbian ini sangat penting karena menentukan apakah kandungan gizi yang dibutuhkan masih ada atau tidak.

Kalau selama ini Anda selalu menghangatkan potongan kentang dalam microwave sebelum mengonsumsinya, maka bisa jadi Anda sudah menghilangkan nutrisi pembakar lemaknya.

Namun kalau Anda menyimpan kentang dalam lemari es dan mengonsumsinya dingin-dingin, maka kandungannya bisa membantu mengoksidasi lemak dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, zat tepung kentang akan mengalami proses yang disebut retrogradasi ketika berada dalam keadaan dingin. Proses ini mengubat sifat zat tepung yang tadinya mudah dicerna menjadi sebaliknya.

Akan tetapi, karena makan kentang dalam keadaan dingin bukanlah sesuatu yang menggiurkan, maka mengapa Anda tidak mencoba memasukkannya dalam menu salad saja?

Cara mudahnya adalah sebagai berikut: pertama-tama, panggang kentang utuh dalam oven hingga matang sempurna, lalu biarkan dingin. Setelah itu potong kentang kecil-kecil, lalu campur ke dalam salad sayur yang Anda sukai. Dinginkan salad tersebut dalam lemari es sebelum dikonsumsi.

Bawang

Bawang kaya akan quercetin, jenis flavonoid yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah. Tak hanya itu, komponen ini juga mampu mengaktifkan protein yang bertugas meregulasi kadar glukosa, membakar timbunan lemak, dan mencegah pembentukan sel lemak baru.

Tanpa diragukan lagi, bawang juga penting untuk kesehatan kardiovaskular karena bisa menurunkan kolesterol, mencegah pengerasan atau penyempitan pembuluh darah, serta mempertahankan tekanan darah agar tetap stabil.

Bagian terbaik dari bawang adalah sifatnya yang sangat rendah kalori dan mudah dikombinasikan dengan hampir semua masakan.


Memilih Sayuran Rendah Karbohidrat

Di samping ke-6 sayuran ampuh di atas, Anda tentu masih perlu mengonsumsi sayuran rendah kalori lainnya. Soal ini, sebenarnya ada cara mudah untuk membedakannya.

Sayuran yang tumbuh di atas tanah biasanya mengandung karbohidrat lebih sedikit, dan boleh dimakan dengan bebas (kapan saja, dalam jumlah berapapun). Lain halnya dengan sayur yang tumbuh dalam tanah. Sumber pangan ini umumnya mengandung lebih banyak karbohidrat sehingga Anda harus lebih berhati-hati saat mengonsumsinya. Jangan terlalu banyak, apalagi kalau Anda sedang menjalani program diet rendah karbo yang membatasi konsumsi karbohidrat kurang dari 20 gr per hari.

Contoh sayuran yang rendah kandungan karbohidratnya antara lain selada, asparagus, terong, tomat, kubis, labu, kembang kol, atau kale. Sedangkan contoh sayuran yang tumbuh dalam tanah antara lain wortel, bit, parsnip, seledri berumbi, hingga ubi manis.

Jadi bagaimana sekarang, apakah pengetahuan Anda mengenai pilihan sayuran untuk diet sudah bertambah sekarang? Kalau ya, maka jangan segan untuk segera mempraktikkan wawasan di atas. Selamat berdiet!

 

Sponsored Links

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here