10 Macam Sayuran untuk Membantu Membakar Lemak

Perubahan gaya hidup yang serba praktis dan instan memang mempermudah berbagai kegiatan Anda. Namun tanpa disadari, segala kemudahan ini juga turut menghadirkan permasalahan baru. Di antaranya berat badan yang semakin bertambah dan perut yang semakin membuncit karena kurangnya aktivitas fisik serta semakin membanjirnya fastfood dan junkfood.

Riset Kesehatan Indonesia bahkan mengungkap jika angka obesitas atau kegemukan di Indonesia cenderung meningkat setiap tahunnya. Anda sendiri tentu tidak ingin memiliki lemak yang menumpuk di perut atau bergelambir di lengan dan paha. Untuk mengatasinya, olahraga secara rutin dan pola makan dengan diet seimbang perlu dilakukan.

Profesor Kuo Chin Huang, Presiden Asean Oceania Association for the Study of Obesity (AOASO) menjelaskan jika konsumsi buah dan sayuran secara teratur dapat membantu mencegah obesitas. Buah dan sayur dapat mempercepat pembakaran lemak tanpa menambah banyak kalori.

Di antaranya, ada 10 sayuran terbaik untuk membantu membakar lemak tubuh berikut ini:

Brokoli
Brokoli merupakan salah satu sayuran terbaik untuk mengatasi lemak berlebih. Kalorinya yang rendah namun kaya akan serat membuat brokoli mampu mengenyangkan Anda lebih lama. Serat ini dapat mengeluarkan asam empedu dari tubuh dan menurunkan kolesterol. Kandungan Indole-3-Carbinol (I3C) yang tinggi juga melawan xenoestrogen dan membakar lemak lebih cepat, serta mencegahnya kembali ke tubuh kita.

Brokoli pun mengandung vitamin A, vitamin B6, dan riboflavin yang membantu merangsang proses metabolisme sehingga pembakaran kalori meningkat. Vitamin dan serat ini juga membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan kadar gula darah yang dapat memicu obesitas.Broccoli

Bayam
Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya seperti kangkung kaya akan zat besi, seng, dan magnesium. Sayuran jenis ini juga mengandung banyak vitamin A dan K yang membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme sehingga baik dikonsumsi Anda yang ingin membakar lemak tubuh.

Jumlah kalori pada bayam pun termasuk rendah, hanya sekitar 23 kalori per 100 gram, dengan serat yang tinggi untuk membantu mengontrol rasa lapar. Bayam juga mengandung kalsium yang membantu kontraksi otot Anda.

Kacang-kacangan
Kacang panjang dan kacang-kacangan lainnya diketahui sebagai salah satu sayuran pembakar lemak yang paling efektif. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan kaya akan serat dan protein, namun memiliki kalori rendah. Zat tepung di dalam kacang-kacangan dicerna tubuh secara lambat sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Kacang-kacangan juga dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Seperti telah banyak diketahui, kadar gula yang tinggi merupakan salah satu faktor utama penyebab kelebihan berat badan dan obesitas. Kacang-kacangan pun termasuk salah satu makanan dengan indeks glikemik rendah.

Asparagus
Asparagus mengandung folat dalam konsentrasi tinggi yang mampu melawan resistensi insulin dalam tubuh. Saat sensitivitas insulin meningkat, tubuh mampu mengubah gula darah menjadi energi dan meningkatkan pembakaran lemak visceral. Asparagus juga memiliki sifat diuretik yang mampu menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh. Kelebihan cairan ini jika tidak dibuang dapat menyebabkan begah dan kembung pada perut.

Wortel
Wortel mengandung beta karoten dalam jumlah tinggi yang membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak lebih cepat. Wortel pun kaya akan serat, setengah di antaranya merupakan serat larut kalsium pektat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat dan mengeluarkan asam empedu dari rubuh. Wortel juga termasuk sayuran berindeks glikemik rendah, sehingga tidak menyebabkan perubahan besar terhadap kadar glukosa dalam darah saat dikonsumsi.

Ubi jalar
Mudah ditemui di Indonesia, mungkin tak banyak orang tahu jika ubi jalar sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin membakar lemak. Ubi jalar kaya akan potasium, serat pangan, dan air yang membuat Anda merasa cepat kenyang. Kalori yang dikandungnya cukup rendah, sekitar 100 kalori per porsi.

Rasanya yang manis secara alami membuat ubi jalar tak membutuhkan gula tambahan. Ubi jalar justru mengandung senyawa yang mampu meningkatkan adiponektin, hormon pengatur gula darah.

Cabai
Meski dikenal sebagai penambah nafsu makan di Indonesia, cabai ternyata termasuk sayuran yang dapat membantu membakar lemak dalam tubuh. Hal ini dikarenakan cabai mengandung capsaicin, senyawa pemberi rasa pedas pada cabai. Senyawa ini bersifat termogenik yang mampu meningkatkan suhu tubuh sehingga pembakaran kalori dan lemak meningkat.

Jong Won Yun, ahli bioteknologi dari Daegu University, Korea, melaporkan bahwa capsaicin dapat menurunkan kalori, menipiskan jaringan lemak, dan menurunkan kadar lemak dalam darah. Penelitian yang dilakukan University of California juga menunjukkan bahwa konsumsi cabai dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak.

Bit
Bit kaya akan nitrat yang membantu mengatur sirkulasi darah dan melancarkan proses pencernaan. Bit juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah lemak terkumpul di area tubuh yang tidak diinginkan. Umbi-umbian berwarna ungu ini pun bersifat diuretik yang mampu mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh.

Bit juga mengandung zat besi khusus yang berfungsi untuk membersihkan corpucscles, sel darah yang menyimpan lemak. Ada juga kandungan klorin yang membantu menstimulasi kelenjar getah bening agar mengeluarkan kelebihan lemak.

Buncis
Buncis dan polong-polongan lain membantu menjaga bentuk tubuh Anda dengan kandungan fitonutrien, magnesium, dan potasium yang berlimpah di dalamnya. Buncis dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak lebih cepat. Buncis pun merupakan sumber antioksidan yang membantu membuang racun dari tubuh.

Kandungan folatnya dapat melawan resistensi insulin. Sedangkan mineral sengnya membantu meningkatkan produksi leptin, hormon yang berfungsi mengingatkan otak saat perut sudah merasa kenyang.

Kale
Kale mengandung vitamin K, C, dan berbagai mineral lain yang menjaga tubuh agar tetap sehat. Kale juga memiliki I3C tinggi yang berfungsi melawan xenoestrogen, estrogen asing yang dapat mengacaukan hormon tubuh dan menyebabkan penumpukan lemak perut. Serat yang tinggi di dalam kale juga membantu memuaskan rasa lapar tanpa menambah banyak kalori di tubuh Anda.

1 KOMENTAR

  1. ternyata cabai juga bisa membakar lemak ya,,,paling demen nih pake cabe kalau makan nasi terutama diolah jadi sambel tuh,,,,mantap,,,
    mesti dirajinkan kayanya makan cabai nih,,, biar banyak bakar lemak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here