Cara Merawat dan Menggunakan Sikat Gigi

Sudahkah kamu merawat dan menggunakan sikat gigi dengan cara yang benar dan dianjurkan oleh dokter gigi?

1030

Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu hal paling penting yang harus kita jaga. Gigi dan mulut yang tidak sehat sangat berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari, termasuk penampilan, kepercayaan diri, hingga kesehatan tubuh secara umum.

Baca juga: Tips menjaga kesehatan gigi

Merawat kesehatan gigi dan mulut tidak terlepas dari cara memilih sikat gigi dan bagaimana anda menggunakan sikat gigi tersebut.

sikat gigi yang benar

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana penting seputar penggunaan dan perawatan sikat gigi:

1

Kebanyakan orang memilih untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, karena lebih aman dan nyaman dipakai. Bulu sikat yang keras dapat merusak gusi, permukaan gigi, serta lapisan enamel gigi.

2

Dokter gigi selalu menyarankan untuk menggunakan sikat gigi yang dapat menjangkau semua bagian, termasuk bagian yang paling dalam. Untuk itu, pilihlah sikat gigi dengan kepala yang kecil serta dapat menjangkau semua sudut. Untuk pegangan (handle) sikat gigi, tidak perlu dikhawatirkan. Cukup pilih pegangan sikat gigi yang nyaman di tangan masing-masing.

3

Bulu sikat yang terbuat dari bahan nilon biasanya lebih lembut dari pada yang lainnya. Pertimbangkan untuk menggunakan sikat gigi yang berbahan nilon.

4

Sikatlah gigi sedikitnya selama 2 menit. Sedikit lebih lama tentu lebih baik, dan pastikan sikat menjangkau semua bagian gigi.

5

Penelitian menunjukkan bahwa sebuah sikat gigi dapat mengandung lebih dari 10 juta kuman dan bakteri, namun umumnya tidak berbahaya. Itu karena pasta gigi memiliki komponen anti-kuman, dan mikroba atau kuman-kuman pada sikat gigi hanya dapat hidup pada suhu lembab. Untuk itu pastikan juga agar meletakkan sikat gigi pada tempat yang kering.

6

Untuk menjaga sikat gigi tetap bersih, bisa dilakukan dengan mencelupkan sikat gigi ke dalam alkohol atau cairan kumur. Jika tidak, cobalah untuk mencelupkannya pada air mendidih selama 5-10 detik.

7

Gantilah sikat gigi secara rutin, setidaknya 2-3 bulan sekali. Terlebih lagi jika bulu sikat sudah melar, gantilah segera. Sikat gigi yang baru lebih mampu untuk membersihkan flak pada gigi.

8

Juga, gantilah sikat gigi setelah anda sembuh dari penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu atau demam. Hal tersebut dilakukan karena virus-virus tersebut dapat bertahan dan menempel di sikat gigi berhari-hari.

9

Sebagian besar orang menyimpan sikat gigi di dalam kamar mandi. Pastikan sikat gigi tidak ditempatkan terlalu dekat dengan toilet, karena saat menyiram toilet (flush) kuman-kuman dari toilet dapat terangkat dan menempel di sikat gigi.