Mengatasi rambut kering sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Apa itu rambut kering?
Singkatnya, rambut kering adalah tekstur rambut yang kurang lembab. Ciri rambut kering biasanya susah disisir, kaku, tidak berkilau, rapuh, kusut, susah diatur, mudah patah, dan tidak elastis.

solusi rambut kering
Image: redbookmag

Rambut normal umumnya terdiri dari 3 lapis, dan lapisan terluar merupakan lapisan pelindung. Ketika bagian ini rusak, maka itu bisa menyebabkan tekstur rambut jadi kering dan kusam.

Karena folikel rambut berhubungan langsung dengan kelenjar minyak, maka biasanya mereka yang kulitnya kering juga akan memiliki rambut kering juga. Rambut jadi kering ketika minyak alaminya hilang, entah karena beragam aktivitas seperti berjemur, berenang dalam kolam yang mengandung klorin, penggunaan hair dryer yang terlalu sering, dan produk penataan rambut lainnya.

Usia yang kian menua juga bisa mengubah tekstur rambut jadi kering.

Penyebab rambut kering lainnya antara lain:

  • Efek pengobatan tertentu
  • Faktor keturunan
  • Kerusakan kutikel
  • Penggunaan sampo berbahan keras/alkohol secara berlebihan
  • Cuaca panas
  • Kurang aktifnya kelenjar tiroid dan paratiroid
  • Kurang gizi, termasuk gangguan makan seperti anoreksia
  • Dampak dari penyakit tertentu
  • Penggunaan sarung bantal berbahan katun saat tidur
  • Dehidrasi
  • Tidak rutin menggunakan kondisioner

Cara mengatasi masalah rambut kering (ala rumahan)

Untuk mengatasi rambut kering, cobalah beberapa resep alami berikut ini, yang tentunya bisa Anda aplikasikan sendiri di rumah:

1. Susu mentah

Tuang susu mentah dalam wadah, rendam kapas ke dalamnya, lalu aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 1 jam, setelah itu cuci rambut hingga bersih.

2. Minyak wijen

Minyak wijen diperkaya dengan beragam vitamin dan mineral sehingga dapat menguatkan rambut dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Anda hanya perlu mencampurkan 1 sdm perasan lemon dengan 1 sdm minyak wijen. Aplikasikan larutan ke kulit kepala dan rambut, lalu bungkus rambut dengan handuk panas. Setelah lewat 30 menit, cuci rambut dengan sampo.

3. Cuka apel

Cuka apel sangat efektif dalam mengatasi rambut kering. Ketimbang memakai produk sampo mahal untuk rambut, cukup pijatkan cuka apel ke rambut dan kulit kepala, diamkan selama 5-10 menit.

Kalau Anda kurang tahan dengan aromanya, maka campurkan cuka apel dengan air hangat (perbandingan sama), lalu aplikasikan ke rambut sebagai kondisioner.

4. Telur

Kuning telur dapat melembabkan rambut kering secara efektif. Caranya, campurkan 2 butir telur dengan ½ cangkir minyak zaitun, aduk hingga rata sebelum diaplikasikan ke rambut. Tutupi rambut dengan shower cap, lalu bilas sampai bersih setelah 60 menit.

Putih telur yang dioleskan ke rambut basah, dan didiamkan selama 20 menit juga bisa melembabkan rambut kering dan kasar.

Kalau tak ada minyak zaitun di rumah, Anda bisa mencampurkan 3 butir telur dengan 2 sdm minyak kelapa, dan 1 sdm madu. Anda juga boleh membubuhkan beberapa tetes perasan lemon. Aplikasikan semua ke rambut dan kulit kepala, diamkan selama 30 menit, sebelum dibilas dengan air hangat.

Telur juga bisa dicampur dengan yogurt. Anda tinggal mengocok 2 butir telur dalam ½ cangkir yogurt berlemak, tambahkan ½ sdm minyak almond. Aduk hingga teksturnya berubah menjadi creamy. Pijatkan ke kulit kepala dan rambut. Setelah itu, tutupi kepala dengan handuk, lalu bilas dengan air hangat 30 menit kemudian.

Resep lainnya adalah campurkan 3 butir telur dengan 1 sdm minyak zaitun, 1 sdm cuka, dan 1 sdm minyak kelapa. Aduk rata, lalu tambahkan beberapa tetes minyak esensial rosemary. Aplikasikan ke rambut dan kulit kepala, diamkan 20 menit, sebelum dibersihkan dengan sampo biasa.

5. Minyak kelapa

mengatasi rambut kering
Minyak kelapa baik untuk mengatasi rambut kering

Bahan ajaib lain yang dapat mengatasi rambut kering adalah minyak kelapa. Anda tinggal memijatkan minyak kelapa ke rambut dan kulit kepala dengan ujung jari, diamkan semalaman, lalu bilas keesokan harinya.

6. Yogurt

Resep yang menggunakan yogurt ini cocok untuk musim panas karena yogurt memiliki sifat menyejukkan dan menurunkan suhu tubuh. Yogurt merupakan kondisioner alami untuk rambut kering yang dapat diaplikasikan sebagai masker.

Caranya, Anda bisa menambahkan 1 sdt cuka apel dan 1 sdt madu ke dalam ½ cangkir yogurt, lalu aplikasikan masker ke rambut dan akarnya. Diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Anda juga bisa menggunakan yogurt tawar sebagai krim pijat kulit kepala, diamkan selama 30 menit, lalu cuci rambut dengan air hangat.

7. Pisang

Pisang kaya akan potasium, beragam antioksidan dan vitamin, sehingga cocok untuk merawat rambut kering. Anda hanya perlu melumat 2 buah pisang matang dan tambahkan 1 sdm minyak kelapa serta minyak zaitun ke dalam pasta pisang. Aplikasikan ke rambut, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Pisang juga serasi bila dikombinasikan dengan telur, caranya tumbuk 2 pisang matang lalu masukkan 2 butir telur. Kocok hingga rata sebelum membubuhkan beberapa tetes madu ke dalamnya. Aplikasikan ke rambut serta kulit kepala, biarkan selama 30 menit sebelum dibersihkan dengan sampo.

8. Minyak zaitun

Tak hanya sehat untuk tubuh, minyak zaitun juga sangat populer untuk perawatan kecantikan.

4 sdm minyak zaitun yang dicampur dengan 1 butir telur dan potongan timun bisa melembutkan tekstur rambut yang kasar. Setelah 10 menit, cuci rambut sebanyak 2 kali menggunakan sampo.

atasi rambut kering
Minyak zaitun sering dijadikan bahan untuk atasi rambut kering

Alternatif mudah lainnya adalah dengan mencampurkan 2 sdm minyak zaitun dengan 2 butir telur. Tambahkan ½ cangkir air ke dalam pasta sebelum diaplikasikan dan didiamkan di kepala selama 20 menit. Setelahnya, cuci rambut seperti biasa dengan sampo.

9. Madu

Siapkan pasta yang terdiri dari 2 sdm madu, 1 sdm yogurt, dan 1 sdm minyak kelapa. Aduk rata sebelum dipanaskan, dan setelah hangat aplikasikan pasta ke helaian rambut. Tudungi rambut dengan shower cap selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Anda juga dapat membuat masker rambut sendiri dengan mencampurkan 3 sdm minyak zaitun dan ½ cangkir madu. Aplikasikan masker ke kulit kepala dan rambut, lalu bungkus kepala dengan handuk hangat. Sesudah 30 menit, cuci rambut sampai bersih.

10. Mayones

Bumbu salad yang kaya protein ini dapat membuat tampilan rambut lembut, sehat, dan berkilau. Anda tinggal mengoleskan mayones padat lemak ke kulit kepala dan rambut, lalu pijat perlahan. Tudungi kepala dengan shower cap, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Ke dalam ¼ cangkir mayones, Anda juga dapat menambahkan 1/3 cangkir minyak almond dan 1-2 butir telur. Aplikaskan ke rambut lalu bilas hingga bersih.

11. Alpukat

Selagi makan alpukat, tak ada salahnya menyisihkan sedikit untuk membuat masker rambut. Caranya, lumat buah alpukat, lalu tambahkan ¼ cangkir susu dan 1 sdm minyak kelapa atau zaitun. Aplikasikan krim ke rambut beserta akarnya, diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Mayones yang dicampur dengan alpukat lalu dipijatkan ke akar rambut juga bisa Anda coba untuk membuat tampilan rambut berkilau dan sehat. Anda juga dapat mencampurkan buah alpukat dengan yogurt sehingga terbentuk pasta lembut. Aplikasikan itu ke rambut sebagai masker, lakukan 2 kali seminggu untuk hasil terbaik.

12. Bir

Bukan rahasia lagi kalau minuman memabukkan ini juga bisa mengatasi rambut kering. Bir merupakan tonik rambut yang kaya akan kandungan protein serta vitamin B-nya, sehingga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut sekaligus mempertahankan kemilaunya.

Pertama-tama, cuci rambut sampai bersih, lalu semprotkan bir ke seluruh rambut sebagai kondisioner. Diamkan beberapa menit lalu gunakan blow dryer untuk menghilangkan aromanya dari rambut.

Anda juga dapat mencampurkan 2 sdm cuka apel dengan 2 cangkir bir sebagai kondisioner alami.

13. Lidah buaya

Tak hanya bagus untuk melembabkan kulit, lidah buaya juga dapat merawat rambut kering. Anda tinggal mengaplikasikan ekstrak, gel, atau perasan lidah buaya ke rambut, lalu bilas setelah beberapa menit.

menyehatkan rambut kering
Lidah buaya untuk rambut kering [image: Style Craze]
Resep lain adalah dengan mencampurkan 4 sdm lidah buaya, 2 sdm minyak kelapa, dan 3 sdm yogurt, aduk hingga rata, lalu aplikasikan ke rambut.

14. Minyak esensial

Dan bila Anda memiliki minyak esensial seperti sandalwood, rosemary, geranium, atau lavender di rumah, maka gunakan itu sebagai krim pijat di kepala setelah keramas.

15. Pepaya

Selain dapat mengatasi rambut kering secara alami, pepaya juga bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Anda tinggal mencampurkan 1 cangkir potongan pepaya dengan 1 cangkir potongan pisang ke dalam 1 cangkir yogurt. Tambahkan 1 sdm madu dan minyak kelapa ke dalamnya. Aduk rata lalu oleskan pasta ke helaian rambut. Setelah 30 menit berlalu, cuci rambut sampai bersih.

16. Perasan lemon

Lemon tak hanya menyehatkan rambut namun juga dapat menghilangkan ketombe, gatal pada kulit kepala, dan mencegah rambut rontok. Setelah mencuci rambut, aplikasikan 1 sdm perasan lemon, lalu keringkan rambut dengan handuk.

17. Bubuk kokoa

Siapa sangka kalau bubuk kokoa yang dicampur dengan madu, cuka apel, dan yogurt tawar juga bisa diaplikasikan sebagai masker rambut.

18. Air gula

Bila ingin mengatasi rambut kering dengan cara simple, cukup tambahkan 1 sdt gula ke dalam 1 cangkir air, lalu semprotkan ke rambut sebagai hair spray.

19. Teh chamomile

Tak hanya dapat mengatasi insomnia, secangkir teh chamomile hangat yang dicampur dengan ¼ cangkir minyak zaitun dapat menghidrasi rambut kering.

20. Teh hitam

Tuang teh hitam hangat ke rambut, ratakan dengan jari-jari, lalu diamkan 20-30 menit sebelum dibilas.

21. Obat sakit kepala

Aspirin untuk mengatasi rambut kering mungkin terdengar aneh di telinga Anda, namun tak ada salahnya membuktikan sendiri keefektifannya. Hancurkan 1-2 butir aspirin, lalu campur dengan sampo biasa. Gunakan secara rutin setiap Anda keramas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here