Stroberi

Buah stroberi merupakan sumber yang baik untuk vitamin C dan antioksidan. Buah ini juga mengandung banyak nutrisi penting lain bagi tubuh. Kenali berbaga manfaat stroberi untuk kesehatan.

6024

Buah stroberi (strawberries), yang juga dikenal dengan buah arbei, adalah buah yang sangat populer di dunia, dan sudah dikenal luas akan aroma khasnya, warna merah terangnya, bentuknya dan juga rasanya. Buah stroberi juga dikonsumsi dalam jumlah besar, baik dalam bentuk buah aslinya maupun dalam bentuk lain seperti manisan, es krim, jus buah, cokelat, hingga milkshake.

Semua orang tahu bahwa buah stroberi sangat enak rasanya. Akan tetapi, tahukah anda nutrisi yang terkandung dalam buah stroberi?

Stroberi adalah buah dengan kandungan gizi melimpah, serta memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh dan kesehatan kita.

Kandungan Nutrisi Stroberi

Buah stroberi merupakan sumber Vitamin C yang sangat baik, begitu pula halnya dengan kandungan flavanoids dan phenolic acids yang tinggi. Stroberi juga mengandung fisetin dan memiliki level tinggi antioksidan dibandingkan buah lainnya.

Buah stroberi sangat rendah akan lemak jenuh (saturated fats), kolesterol dan sodium. Selain itu, stroberi juga termasuk sumber yang baik untuk mineral potassium, mangan, dan zat besi, dilengkapi dengan beberapa vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin K, vitamin A, and vitamin E.

kandungan nutrisi buah stroberi

Gambar di atas menunjukkan tabel kandungan nutrisi buah stroberi per 255 gram sajian. (klik gambar untuk memperbesar)

Manfaat Stroberi untuk Kesehatan

buah strawberry dan manfaat kesehatan

Melihat kandungan nutrisi di dalamnya, buah stroberi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dan berikut ini adalah manfaat utama buah stroberi untuk kesehatan tubuh:

Sumber antioksidan

Stroberi mengandung senyawa kimia yang disebut fenol. Antosianin (Anthocyanin), salah satu jenis fenol yang melimpah pada buah stroberi, menjadikan buah ini berwarna merah terang.

Antosianin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, yang mana dapat berperan sebagai agen antioksidan dalam tubuh.

Diet menurunkan berat badan

Satu cangkir stroberi, kurang lebih 255 gram, dapat memenuhi lebih dari 13% asupan serat harian yang disarankan. Kandungan serat dalam stroberi dapat membantu memperlancar pencernaan, membuat anda kenyang lebih lama, dan dapat menurunkan tekanan darah.

Rekomendasi:  Buah Kaya Kalium untuk Melindungi Jantung

Menjaga kesehatan mata

Penelitian menyatakan bahwa sajian tiga buah atau lebih buah stroberi setiap harinya dapat menurunkan resiko degenerasi makula dan katarak yang berhubungan dengan usia hingga sepertiganya.

Asupan untuk kesehatan tulang

Mangan sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, mineral potasium, magnesium, dan vitamin K pada buah stroberi juga baik dalam mempromosikan tulang yang sehat.

Sifat anti-inflamasi

Senyawa fenol dalam stroberi dapat melawan banyak gangguan inflamasi (peradangan), seperti osteoarthritis, asma dan aterosklerosis, dengan menghambat enzim siklooksigenase (COX) dengan cara yang sama yang dilakukan obat aspirin dan ibuprofen.

Stroberi, bagaimanapun, tidak membawa efek samping yang tidak diinginkan seperti halnya jika mengkonsumsi obat-obatan.

Anti-kanker

Kombinasi agen antioksidan dan anti-inflamasi yang ditemukan dalam stroberi terkenal dapat melawan timbulnya berbagai bentuk kanker. Berkat vitamin C, folat, dan flavonoid yang dikandungnya, stroberi adalah pertahanan yang hebat untuk melawan sel-sel berpotensi kanker di dalam tubuh.

Vitamin C melimpah

Seperti ditunjukkan oleh gambar di atas, sajian 255 gram buah stroberi dapat memenuhi lebih dari 150% asupan harian vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif, dapat memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan kemampuan penyerapan nutrisi lain, dan membantu menurunkan tekanan darah.

Sumber mineral mangan

Mangan (manganese) adalah nutrisi penting yang bertindak sebagai antioksidan kuat dan agen anti-inflamasi. Dengan meningkatkan kadar superoxide dismutase (SOD), mangan tidak hanya membantu untuk melawan radikal bebas, tetapi juga mengurangi inflamasi sel, yang merupakan penyebab lain dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Ikuti kami di Facebook dan Twitter untuk mendapatkan berbagai update mengenai kesehatan di sosial media.