Superfood untuk Meningkatkan Energi dan Kesehatan Tubuh

1

Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah superfoods? Superfoods adalah makanan yang mengandung nutrisi lengkap jika dibandingkan dengan makanan jenis lain yang mengandung lemak serta dapat meningkatkan kolesterol.

Makanan-makanan super ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, misalnya mendukung kerja sistem imun, menghentikan peradangan, meningkatkan energi dan stamina, serta dapat mencegah kanker.

Meskipun superfood sangat baik untuk kesehatan, namun diharapkan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Pastikan Anda tetap mengkonsumsi jenis makanan lain dengan ukuran dan porsi yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Berikut merupakan makanan-makanan super yang dapat meningkatkan energi dan kesehatan tubuh Anda:

Gandum

Gandum merupakan superfood yang paling istimewa, karena mengandung serat yang tinggi, vitamin, protein, magnesium, dan mineral. Gandum juga dapat menurunkan kolesterol dan menstabilkan gula darah.

Almond

Selain mengandung protein yang tinggi, kalsium, potassium, fosfor, dan vitamin E, almond juga mengandung magnesium yang membantu untuk mengubah gula menjadi energi. Kadar magnesium yang rendah pada tubuh dapat menyebabkan Anda kehilangan energi, susah tidur, dan kram kaki.

Sebagai tambahan, Vitamin E pada almond sangat baik untuk kulit dan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Coklat Hitam

Coklat hitam mengandung antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah tersumbatnya arteri. Selain itu, coklat hitam juga kaya akan Vitamin C yang sangat baik untuk memperkuat sistem imun.

Manfaat lain dari coklat hitam adalah meningkatkan kolesterol baik, meningkatkan fungsi otak, melindungi kulit, dan mencegah kanker.

Buah Beri

buah beri
Buah-buahan beri mengandung nutrisi tinggi untuk mendukung kesehatan tubuh. [Unsplash/Pixabay]
Buah-buahan beri seperti blueberry, raspberry, dan blackberry mengandung antioksidan,Vitamin C dan E, folic acid, serta kaya akan serat. Buah beri juga mengandung phytonutrients, seperti anthocyanins, senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Alpukat

Alpukat mengandung serat yang tinggi, Vitamin C, Vitamin B6, dan folate. Satu setengah buah alpukat mengandung 160 kalori yang setara dengan satu buah roti. Alpukat juga merupakan sumber yang baik dari asam lemak Omega-3 yang disebut alpha-linolenic acid, yang dapat meningkatkan metabolisme kesehatan jantung.

Sayuran

Sayuran seperti kembang kol, kubis, selada, kangkung, dan bayam mengandung senyawa yang dapat melindungi tubuh Anda dari berbagai macam penyakit kronis, termasuk kanker.

Sayuran memiliki lutein (yang baik untuk kesehatan mata), antioksidan, Vitamin B, C, dan E, zat besi, serta mengandung folat yang dapat membantu memerangi masalah depresi.

Buah Apel dan Tomat

Buah apel dan tomat mengandung banyak antioksidan, likopen, dan serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tomat juga mengandung Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Susu

Susu mengandung 9 nutrisi penting seperti kalsium, protein dan Vitamin seperti D, B12 dan A. Susu penting untuk kesehatan tulang yang baik. Hindari soda dan selalu konsumsi susu rendah lemak dan tanpa lemak. Penelitian baru menunjukkan bahwa minum susu cokelat setelah latihan dapat membantu dalam pemulihan penyakit dan otot yang lelah.

Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, serta kalsium, B12 (yang baik untuk energi) dan protein.

Salmon

Ikan salmon mengandung kadar asam lemak omega-3 yang tinggi, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. American Heart Association menganjurkan untuk mengkonsumsi ikan salmon 2 kali seminggu. Selain itu, salmon juga memiliki protein yang besar serta rendah kalori yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan kinerja.

Selain dengan mengkonsumsi makanan-makanan super yang telah disebutkan diatas, cara lain untuk menjaga kesehatan adalah dengan:

  1. Sarapan pagi
    Untuk meningkatkan energi, usahakan untuk sarapan dengan karbohidrat kompleks yang mengandung sedikit protein.
  2. Makan dalam porsi sedikit namun sering
    Konsumsi makanan kecil seperti snack setiap 3-4 jam sekali untuk mempertahankan energi Anda, sehingga Anda tidak akan mengalami kelaparan hingga makan belebihan saat makan siang/malam.
  3. Minum 8 gelas air per hari
    Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan minum minimal 8 gelas air sehari dapat menjaga pergerakan metabolisme tubuh, serta dapat memperlambat dehidrasi ringan dan penyerapan energi.
  4. Tidur yang cukup
    Untuk dapat melalui hari yang padat dan sibuk Anda perlu cukup banyak energi. Sehingga, Anda perlu beristirahat dengan tidur 8 jam sehari dan membuat tidur sebagai prioritas.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here