5 Resolusi Kesehatan Terbaik di Tahun Baru

Tahun Baru akan segera tiba. Ini saatnya bagi setiap orang untuk berpikir dan menyusun resolusi. Sangat antusias di awal, namun semakin memudar seiring hari dan minggu yang berlalu. Tapi itu tidak akan terjadi saat ini, Tahun Baru ini!

Buatlah resolusi terkait dengan kesehatan anda dan buatlah komitmen untuk menjalani pola hidup sehat.

Setiap orang ingin tampak lebih bugar, lebih cantik, lebih langsing, dan lebih sehat. Sayangnya, semua hal tadi hanya dapat dicapai dengan usaha dan kerja keras. Langkah awalnya adalah membuat rencana dan membangun komitmen.

Resolusi Sehat di Tahun Baru

Baca dan ikuti tips-tips berikut untuk membantu anda menyusun resolusi sehat Tahun Baru sendiri, dan jadilah pribadi yang lebih sehat di tahun-tahun yang akan datang.

Menurunkan berat badan

Ini adalah resolusi sehat yang paling umum dan populer, namun juga paling susah untuk dicapai. Berat badan mempengaruhi penampilan, dan juga rasa percaya diri. Selain itu, banyak penyakit yang dihubungkan dengan berat bada berlebih –sebut saja diabetes, penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan lain sebagainya.

Overweight dan obesitas merupakan faktor resiko kesehatan yang paling umum. Menjaga berat badan tetap normal = menjaga kesehatan tubuh.

Anda tentu bisa melakukannya jika tidak mengharapkan keberhasilan semalam. Berhati-hatilah dengan berbagai ‘metode cepat’ yang sering anda dengar. Menurunkan berat badan bisa diraih dengan cara yang alami dengan cara mengadopsi pola hidup yang sehat.

Sebagai langkah awal, buatlah catatan/diary/jurnal diet, untuk merekam pola makan dan jenis makanan yang anda konsumsi. Hal tersebut terbukti sangat membantu untuk mengontrol diet dan bisa digunakan untuk mengevaluasi usaha yang telah anda lakukan.

Baca juga tips diet menurunkan berat badan.

Selanjutnya carilah dukungan dari orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman. Biarkan mereka tahu bahwa anda sedang melakukan program menurunkan berat badan sehingga mereka dapat membantu anda menjalankannya.

Lebih aktif

Di era modern seperti ini, kita cenderung menjadi tergantung terhadap teknologi dan mesin sehingga tubuh menjadi kurang aktif secara fisik. Kurangi kebiasaan tersebut dan buatlah tubuh menjadi lebih aktif dengan berjalan, bersepeda, dan lain sebagainya.

Sisihkan waktu secukupnya untuk melakukan olahraga reguler, 3 – 5 kali seminggu. Mengikuti program fitness juga tidak buruk untuk menjadikan tubuh lebih bugar, terlebih jika anda ingin menurunkan berat badan.

Berhenti merokok

Sering mencoba namun selalu gagal? Itu hal sering terjadi jika ingin berhenti merokok. Cobalah berbicara dengan mantan-perokok yang telah berhasil berhenti merokok dan anda akan tahu bahwa mereka telah melakukan banyak cara sebelum akhirnya benar-benar terbebas dari rokok. Merokok adalah salah satu kebiasaan yang paling sulit untuk dihentikan.

Kami tahu bahwa anda sangat mengetahui dampak buruk merokok bagi kesehatan. Pikirkan juga mengenai jumlah uang yang bisa anda hemat setelah berhenti merokok.

Tidur lebih sehat dan teratur

Buatlah komitmen untuk memberikan tubuh anda haknya, istirahat atau tidur yang sehat dan berkualitas. Sadar atau tidak, tidur sangat menentukan performa anda keesokan harinya. Kurang tidur dapat mempengaruhi kreativitas, motivasi, produktivitas, konsentrasi, dan tidak baik bagi kesehatan — lebih daripada yang mungkin anda bayangkan.

Gangguan tidur merupakan masalah yang umum dialami orang di seluruh dunia. 60% orang dewasa dilaporkan memiliki masalah dengan tidur mereka. Tidurlah lebih banyak, dan jangan merasa bersalah dengan hal tersebut!

Baca juga: Tips mendapatkan tidur yang sehat

Kurangi stres

Di zaman yang dinamis seperti sekarang, setiap orang rentan terhadap stres akibat tekanan dari banyak aspek kehidupan: sekolah, pekerjaan, interaksi sosial, asmara, keluarga, dan lain sebagainya. Stres itu baik dalam batasan tertentu, karena dapat meningkatkan motivasi dan energi dalam menjalankan aktivitas.

Namun jika stres dibiarkan menumpuk dan tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan banyak dampak negatif bagi kesehatan mental dan juga kualitas kehidupan anda. Stres dihubungkan dengan depresi, insomnia, obesitas, dan banyak lagi yang lainnya.

Untuk itu anda harus mengetahui berbagai trik untuk menghadapi stres dan mengelolanya untuk kebaikan anda sendiri. Banyak cara untuk menangani stres, seperti relaksasi singkat, teknik pernapasan, berbicara dengan orang lain, dan lain-lain.

Baca juga: Teknik relaksasi untuk mengurangi stres

Tentukan resolusi sehatmu di tahun yang baru, agar tahun yang akan datang anda akan menjadi lebih sehat dan produktif.

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.