15 Tanda Kanker pada Wanita yang Tak Boleh Diabaikan

Tubuh wanita dapat berubah setiap waktu, kadang perubahan yang terlihat normal tersebut bisa jadi sebuah tanda dari kanker. Kuncinya adalah perhatikan tubuh anda supaya dapat mengenal suatu perubahan yang terjadi. Lalu apa saja yang harus kita perhatikan?

1

Perubahan payudara
Pembengkakan payudara kebanyakan menunjukkan kanker, tetapi dokter Anda seharusnya memeriksa pembengkakan tersebut. Berikut ini adalah perubahan-perubahan yang mungkin menunjukkan ciri-ciri kanker payudara:

  • kerutan pada kulit
  • puting susu tertarik ke dalam
  • adanya cairan pada puting susu
  • timbul kemerahan pada puting susu atau kulit payudara

Untuk melihat penyebab dari gejala tersebut, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan bertanya kepada Anda tentang riwayat kesehatan Anda. Anda juga mungkin akan diminta untuk melakukan tes seperti mammogram atau biopsi dengan cara mengambil sebagian kecil dari jaringan tubuh. Baca juga: Kanker Payudara.

2

Kembung
Kembung bisa dialami oleh siapa saja. Namun, menurut Marleen Meyers, MD, seorang ahli onkologi di NYU Langone Medical Center, jika gejala tidak membaik selama satu sampai dua minggu Anda patut untuk bertanya pada dokter. Atau jika terjadi bersama dengan penurunan berat badan atau perdarahan periksalah ke tempat pemeriksaan kesehatan. Kembung yang menetap atau konstan kadang-kadang bisa berarti kanker ovarium. Anda akan menjalani pemeriksaan panggul serta tes darah, dan kadang-kadang USG, untuk mencari penyebab masalah.

3

Antara masa menstruasi
Jika Anda masih berada dalam masa haid, beritahu dokter bila Anda melihat sesuatu yang aneh di antara periode haid. Perdarahan adalah bagian normal dari siklus bulanan wanita. Perdarahan yang bukan bagian dari siklus bulanan dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab seperti kanker endometrium atau kanker dinding rahim.

Perdarahan setelah menopause adalah sesuatu yang tidak normal dan perlu diperiksakan segera.

4

Perubahan kulit
Perubahan ukuran, bentuk, warna, atau noda lain pada kulit adalah tanda umum dari kanker kulit. Segeralah ke dokter untuk meminta pemeriksaan, bila perlu mintalah pemeriksaan biopsi untuk memastikan.

5

Timbul darah pada kencing atau tinja
Beritahulah dokter Anda apabila menemui suatu perdarahan pada bagian tubuh yang tidak seharusnya berdarah, terutama apabila perdarahan berlangsung lebih dari satu atau dua hari.

Berak berdarah seringkali disebabkan oleh wasir atau ambeien, tetapi bisa juga merupakan tanda dari kanker usus besar (kolon). Kencing berdarah biasanya merupakan tanda awal dari kenker kandung kemih atau ginjal.

6

Perubahan pada kelenjar getah bening
Kelenjar getah bening berukuran kecil dan berbentuk seperti kacang yang ada di dalam tubuh. Kebanyakan perubahan pada kelenjar getah bening berasal dari infeksi. Akan tetapi kanker juga bisa menyebabkan perubahan pada kelenjar getah bening seperti leukemia dan limfoma (kanker kelenjar getah bening) yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

7

Gangguan menelan
Kadang-kadang gangguan menelan tidak perlu dikhawatirkan. Tapi ketika ini sering terjadi, terutama bila disertai muntah dan penurunan berat badan, dokter Anda lebih baik memeriksa apakah ada kanker tenggorok, lambung atau tidak.

Pemeriksaan yang dilakukan biasanya berupa pemeriksaan terhadap keluhan yang ada disertai pemeriksaan tenggorokan dan barium X–Ray. Selama tes barium, Anda akan diminta untuk meminum larutan khusus yang menyebabkan tenggorokan dan lambung Anda terlihat melalui X-Ray.

8

Berat badan menurun tiba-tiba
Kebanyakan perempuan mengharapkan penurunan berat badan dengan singkat. Tapi kehilangan 10 pound atau lebih tanpa perubahan diet dan olahraga patut untuk dicurigai. Penurunan berat bedan kebanyakan tidak selalu menunjukkan tanda dari adanya kanker. Bisa jadi penyebabnya adalah stres berlebih atau gangguan pada kelenjar tiroid.

Kanker lambung dan paru juga mungkin menjadi penyebab penurunan berat badan, begitu juga kanker pankreas. Dokter Anda akan meminta ada untuk melakukan pemeriksaan untuk melihat masalah yang ada seperti pemeriksaan darah atau CT-scan.

9

Heartburn
Terlalu banyak makan, alkohol atau stres dapat menjadi penyebab perasaan panas di dada. Perubahan pola makan selama seminggu dapat digunakan untuk memberikan hasil evaluasi terhadap gejala yang ada. Bila Anda ragu, tanyakan kepada dokter. Heartburn yang tidak kunjung hilang dan semakin memburuk dapat menunjukkan adanya kanker lambung, tenggorokan, atau ovarium.

10

Perubahan mulut
Jika Anda merokok, lihatlah warna putih atau merah cerah di dalam mulut atay bibir Anda. Keduanya dapat menjadi tanda kanker mulut. Tanyakan kepada dokter atau dokter gigi tentang pemeriksaan dan perawatan.

11

Demam
Demam yang tidak kunjung hilang dan tidak dapat dijelaskan dapat berarti leukemia atau kanker darah yang lain. Dokter Anda akan bertanya kepada Anda tentang riwayat kesehatan Anda secara rinci dan akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui penyebabnya.

12

Lelah
Banyak perempuan merasa lelah karena kehidupan mereka yang tidak bisa tenang. Tapi kelelahan yang berlebihan yang tidak kunjung hilang tidaklah normal. Beritahu dokter Anda bila lelah Anda tidak membaik atau bila Anda mendapatkan keluhan lain seperti ada darah di tinja Anda. Dokter Anda akan bertanya riwayat kesehatan lengkap Anda dan melakukan pemeriksaan darah.

13

Batuk
Batuk kebanyakan akan hilang dalam 3 sampai 4 minggu. Jangan abaikan bila waktu batuk berlangsung lebih lama dari waktu tersebut, terutama bila Anda perokok atau mempunyai nafas pendek. Jika batuk Anda berdarah, segera pergi ke dokter. Batuk merupakan tanda umum dari kanker paru.

14

Nyeri
Nyeri yang berlangsung terus-menerus dapat menjadi tanda kanker tulang, otak, atau kanker lainnya. Tanyakan kepada dokter Anda tentang rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan dalam satu bulan terakhir atau sebelumnya.

15

Depresi dan nyeri perut
Tanda ini jarang, tapi nyeri perut dan depresi dapat menjadi tanda kanker pankreas.