Terlalu Sering Duduk Saat Kerja Berbahaya bagi Kesehatan

Bagi mereka para pekerja yang dituntut untuk menghabiskan banyak waktunya di meja kerja sepanjang hari tampaknya harus mulai memperhatikan munculnya risiko kesehatan yang timbul akibat terlalu banyak duduk.

Hal ini berkaitan dengan penelitian yang dilakukan oleh panelis ahli dari Inggris, John Buckley, seorang profesor ilmu olahraga di University of Chester di Inggris, yang mengatakan bahwa duduk dalam jangka waktu yang lama dapat dihubungkan dengan timbulnya risiko penyakit kronis hingga kematian dini.

Para peneliti terkait juga memberikan beberapa rekomendasi berkaitan dengan masalah ini dan telah dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine.

terlalu sering duduk di kantor
Terlalu sering duduk di kantor berisiko untuk kesehatan.

Mereka menyarankan kepada para pekerja sebaiknya meluangkan waktu untuk berdiri dan menghampiri rekan kerja lain yang ingin diajak bicara dibandingkan mengandalkan email atau alat komunikasi lainnya. Selain itu Anda juga bisa memilih untuk melakukan pertemuan sambil berdiri atau pertemuan sambil berjalan.

Mereka mengatakan, pekerja yang menghabiskan sebagian besar waktu kerjanya dalam keadaan duduk setidaknya harus meluangkan waktu 2 jam untuk berdiri atau berjalan.

Hal ini dilakukan untuk memperbanyak pergerakan tubuh sehingga tidak terlalu lama dalam kondisi duduk yang bisa memberikan efek tidak baik terhadap tubuh.

Sejauh ini penelelitian mengenai pengaruh duduk ini telah menemukan bahwa terlalu banyak duduk meningkatkan risiko diabetes tipe 2, peningkatan gula darah, serta perlambatan/penurunan metabolisme tubuh seseorang.

Penelitian lain juga menemukan adanya hubungan antara terlalu banyak duduk dengan penyakit jantung dan kanker. Bahkan penelitian terbaru menghubungkan antara terlalu banyak duduk dengan risiko kematian dini.

Namun, semua penelitian tersebut masih berupa studi terbatas sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan bukti yang jelas mengenai masalah tersebut.

Tips sehat untuk pegawai yang terlalu sering duduk

Para ahli juga memberikan beberapa rekomendasi untuk menghindari resiko penyakit kronis akibat terlalu sering duduk:

  • Berdiri selama 2 jam setiap harinya, diikuti dengan berjalan-jalan ringan selama jam kerja. Dan untuk mereka yang sebagian besar waktunya berada di depan meja (misalnya pekerja kantoran), disarankan untuk menambah waktu berdiri/berjalan hingga 4 jam.
  • Membagi tugas secara teratur antara pekerjaan yang dilakukan sambil duduk dengan pekerjaan yang bisa dilakukan sambil berdiri.
  • Sering mengubah postur duduk, untuk mencegah otot dan sendi yang sakit/lelah.
  • Jika anda memiliki bawahan, anda bisa menyarankan kepada para pegawai anda untuk menerapkan kebiasaan kerja yang lebih sehat di kantor, termasuk relaksasi, menghilangkan stres, hingga membatasi kebiasaan merokok.
  • Saling mengingatkan kepada rekan kerja mengenai bahaya duduk terlalu lama.
Sumber: VOA News, Gambar: Pixabay

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.