Tetap Bertenaga Meski Kurang Tidur? Ini Caranya!

Semakin pendek durasi tidur, membuat tubuh kurang bertenaga dan lelah. Padahal, Anda harus tetap fokus dan produktif sepanjang hari.

Dr. Matthew Edlund, pengarang The Power of Rest, mengatakan bahwa tidur siang adalah cara paling ampuh untuk memulihkan tenaga yang hilang akibat kelelahan. Namun, tidur siang bukan pilihan yang bisa dilakukan semua orang, khususnya bagi mereka yang bekerja.

Untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan tubuh, Anda pasti beranggapan tidur yang cukup dan makan sehat 3 kali sehari adalah resepnya. Itu benar, namun bagaimana bila ada saja hal yang mengganggu Anda ketika akan memejamkan mata di malam hari dan membuat Anda lesu keesokan harinya?

kurang tidur
Kurang tidur bisa menyebabkan anda kurang bertenaga sepanjang hari. [sleepcouncil.org.uk]
Simak cara-cara berikut ini untuk mendapatkan tenaga Anda kembali dan membuat Anda tetap fokus dan produktif sepanjang hari.

Biarkan sinar mentari masuk

Cahaya matahari di pagi hari dapat membuat suasana hati menjadi baik. Buka jendela dan biarkan sinar mentari masuk setelah Anda bangun di pagi hari. Dr. Joyce Walseblen, pengarang A Woman’s Guide to Sleep, mengatakan bahwa cahaya alami membuat tubuh berfungsi maksimal sepanjang hari. Bahkan, sedikit cahaya matahari di kala hujan dapat membuat Anda terbangun dan produktif.

Istirahatkan mata Anda untuk mencegah kelelahan

Bekerja di depan layar komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata perih, memperburuk rasa kantuk, dan lelah. Berhenti memandangi layar komputer selama beberapa menit dan buat mata Anda terasa rileks.

Makan makanan yang dapat menambah energi

Makanan ringan yang mengandung gula dapat membuat energi Anda bertambah dengan cepat, namun makanan tersebut malah dapat meningkatkan gula darah dengan cepat pula. Sebaiknya, konsumsi roti dengan mentega, yogurt, atau buah-buahan segar.

Berjalan selama 10 menit

Dalam sebuah penelitian oleh Robert Thayer, PhD, seorang profesor di California State University, dilakukan survey apakah mengkonsumsi makanan ringan yang mengandung gula atau berjalan selama 10 menit yang lebih baik untuk mengembalikan stamina tubuh.

Hasilnya, makanan ringan yang mengandung gula memang dapat meningkatkan energi dengan cepat, tapi tubuh akan lesu dan tidak bertenaga satu jam kemudian. Sedangkan mereka yang berjalan selama 10 menit dapat meningkatkan energi selama 2 jam. Berjalan dapat memompa oksigen melalui pembuluh darah, otot, dan juga otak.

Bernafas dalam-dalam

Bernafas dalam-dalam dapat meningkatkan oksigen di dalam tubuh, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi udara. Anda dapat melakukan teknik bernafas ini di depan meja kerja Anda. Caranya? Ambil nafas dan tahan dengan mulut tertutup selama beberapa detik lalu buang perlahan-lahan. Lakukan 3 kali selama 15 detik sebelum bernafas dengan normal.

Berbicara dengan rekan kerja

Berbicara dapat membuat pikiran kembali jernih. Berbicara dengan rekan kerja tentang bisnis maupun politik dapat membuat tubuh tetap bertenaga. Menurut dr. Krakow dari Maimonides Sleep Arts and Sciences, Ltd, percakapan adalah stimulator yang kuat melawan kantuk dan lelah, apalagi tentang politik.

Minum banyak air putih

Dehidrasi menyebabkan kelelahan. Tetap jaga cairan tubuh secara maksimal dengan minum 8 gelas per hari dan makan makanan yang mengandung air seperti buah-buahan segar.

Mencuci muka

Menuci muka dapat membuat kulit tampak lebih segar dan menghilangkan rasa kantuk. Basahi wajah perlahan dengan air dingin dan usapkan krim khusus pada mata agar tidak terlihat bengkak.

Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan energi dan mengurangi lelah, bahkan lebih baik daripada mengkonsumsi obat-obatan. Olahraga yang teratur juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Cobalah olahraga selama 15-30 menit sehari, 3 sampai 5 kali seminggu. Serta, makan makanan yang mengandung protein dua jam setelah berolahraga untuk mencegah kehilangan energi.

Berkonsultasi dengan dokter

Bila Anda bermasalah dengan tidur di malam hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar cepat diobati. Dokter Anda mungkin akan meresepkan beberapa obat untuk mengatasi gangguan tersebut. Gangguan tidur karena stres atau yang lainnya dapat disembuhkan dengan terapi yang dapat memperbaiki kebiasaan tidur Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here