5 Tips Mencegah dan Meringankan Gigi Sensitif

Apakah anda sering merasa nyeri pada gigi ketika menggigit atau bersentuhan dengan es krim, minuman panas, atau minuman dingin? Jika iya, kemungkinan anda mengalami gigi sensitif. Tidak perlu khawatir karena kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja. Gigi sensitif umumnya terjadi pada orang berusia 20-30 tahun, khususnya wanita.

Penderita gigi sensitif biasanya akan merasakan ngilu berupa denyutan/kejutan tajam pada gigi yang menyebabkan rasa sangat tidak nyaman selama sesaat. Rasa sakit yang timbul pun bisa sangat tajam dan menusuk.

Mencegah gigi sensitif sangatlah penting agar anda tidak mengalami rasa sakit ketika mengkonsumsi makanan favorit anda sehari-hari. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan.

Mengatasi dan Mencegah Gigi Sensitif

Menyikat gigi terlalu keras dapat menyebabkan gigi sensitif. Jika anda mengalami gejala gigi sensitif, solusi terbaik adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Akan tetapi, terdapat beberapa alternatif sederhana yang ampuh untuk mencegah serta meringankan gejala gigi sensitif anda.

Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk meringankan sekaligus mencegah gigi sensitif:

Menggunakan sikat gigi yang lembut
Gunakan sikat gigi yang lembut dan berbulu halus agar gigi tidak mendapatkan tekanan yang berlebihan pada saat menyikat gigi. Hal ini dapat mencegah dan meringankan kondisi gigi sensitif. Anda juga sebaiknya menggunakan sikat gigi yang direkomendasikan untuk gigi sensitif. Mintalah bantuan dokter gigi anda untuk memilih sikat gigi yang tepat.

Pasta gigi khusus
Saat ini sudah banyak pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif. Misalnya saja yang mengandung fluoride. Atau, minta saran dokter gigi anda mengenai pasta gigi yang cocok untuk kondisi gigi anda.

Jangan gunakan larutan penyegar mulut berbahan alkohol
Banyak dijual bebas di supermarket, larutan pencuci/penyegar mulut  yang mengandung alkohol cenderung dapat merusak gigi. Tidak menggunakan larutan berbahan alkohol untuk mulut juga dapat mencegah gigi sensitif.

Hindari makanan atau minuman yang dapat memicu gigi sensitif
Makanan dengan asam tinggi dapat memicu gigi sensitif, juga makanan pedas. Selain itu hindari minuman panas atau yang terlalu dingin, termasuk juga es krim.

Berkonsultasi dengan dokter gigi secara reguler
Secara rutin memeriksakan kondisi gigi anda dengan dokter akan membantu mengatasi masalah gigi sensitif anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here