12 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

01/01/2017
3410

Bibir kering dan pecah-pecah adalah masalah umum yang biasa dialami banyak orang, di mana bibir menjadi terlihat tidak menarik. Gejala yang timbul adalah bibir terlihat kering, kemerahan, pecah-pecah, mengelupas dan kadang juga bisa terdapat luka hinga berdarah serta menimbulkan rasa perih.

Penyebab utama terjadinya bibir kering adalah kurangnya vitamin, reaksi alergi, dehidrasi, merokok, usia, paparan sinar matahari, perubahan cuaca ekstrim/peralihan iklim, dan terlalu sering menjilat/menggigit bibir.

bibir kering pecah
Bibir yang kering dan pecah-pecah menimbulkan kesan tidak sehat.

Selain itu ada faktor lain, yakni pemakaian produk perawatan bibir yang tidak sesuai, dan mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk penyakit yang diderita seperti tirod, psoriases, diabetes, dan lain sebagainya.

Untuk mencegahnya, jaga kelembaban bibir dari luar maupun dalam. Perbanyak konsumsi air putih dan jangan sampai kekurangan asupan vitamin B. Selain itu hindari pemakaian kosmetik yang mengandung alkohol, retinol, menthol, dan bahan kimia yang keras, hapus lipstik sebelum tidur, berhenti merokok, serta kurangi menjilat atau menggigit bibir terlalu sering.

Bagi yang sering menggunakan lipbalm, pilih produk yang mengandung bahan-bahan alami di bawah ini:

  • Vitamin A & D; karena merupakan vitamin pro-aktif kompleks yang aman untuk kulit, serta mengandung asam lemak yang mudah diserap kulit untuk merawat kulit.
  • Vitamin E; merupakan agen antioksidan dan pelembab yang melindungi bibir dari paparan cahaya matahari.
  • Beeswax; akan membantu melembutkan dan melembabkan kulit, serta merupakan agen anti-inflamasi dan anti-bakteri yang akan menjaga dan melindungi kulit.
  • Gliserin; bermanfaat untuk melembutkan kulit secara alami dan menjaga kelembabannya.
  • Shea butter; berfungsi sebagai sunblock alami, dan mengandung allantoin yang bisa merawat serta memperbaiki kulit yang rusak.
  • Minyak kelapa; melembabkan dan menyembuhkan gatal pada kulit serta melembabkannya.
  • Minyak jojoba; merupakan salah satu minyak terbaik untuk menutrisi kulit, ia melembutkan dan melumasi kulit dengan baik.
  • Lidah buaya; mengandung anti-inflamasi dan anti-bakteri, lidah buaya dapat melindungi kulit dari segala infeksi serta menyejukkan dan melembutkan kulit, termasuk bibir.

Cara alami mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah

Bila Anda sedang mengalami bibir kering, bisa diatasi dengan beberapa produk perawatan bibir. Namun produk-produk tersebut harganya cenderung mahal dan belum tentu cocok untuk semua bibir. Berikut ini beberapa tips untuk mengembalikan kecantikan bibirmu dengan bahan-bahan alami, sehingga aman terutama untuk bibir sensitif.

1Air
Salah satu penyebab kulit dan bibir kering adalah dehidrasi. Dengan meminum banyak air akan mengembalikan kelembaban yang hilang dan menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik. Minum setidaknya 8 gelas sehari, terutama sebelum makan dan sebelum tidur. Selain itu air akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, membuat kuit lebih kencang dan bercahaya.

2Air Mawar
Air mawar dan kelopaknya bisa digunakan untuk menjaga kelembaban bibir dan membuatnya menjadi lebih berkilau dengan penggunaan teratur. Petik segenggam kelopak bunga mawar dan rendam di dalam susu atau gliserin untuk beberapa saat, bisa juga ditambahkan madu untuk hasil lebih maksimal, lalu haluskan kelopak mawar. Setelah itu usapkan ke bibir hingga ke seluruh wajah bila perlu. Lakukan setiap sebelum tidur.

3Krim Susu
Kandungan lemak yang tinggi dalam krim susu membuatnya menjadi pelembab bibir yang alami. Dengan krim susu segar, oleskan pada bibir, lalu biarkan setidaknya selama 10 menit. setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari sampai bibir benar-benar lembab.

4Minyak Jarak (Castor Oil)
Minyak ini merupakan salah satu perawatan terbaik untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan saja minyak jarak atau minyak kastor ke bibir 1-2 kali sehari. Atau untuk hasil lebih maksimal bisa dicampur dengan satu sendok teh gliserin dan beberapa tetes air lemon, lalu oleskan ke bibir setiap sebelum tidur. Bersihkan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat pada keesokan harinya. Lakukan setiap hari hingga bibir kembali lembab.

Sponsored Links

5Madu
Tak diragukan lagi madu merupakan pelembab yang memiliki agen anti-bakteri untuk mengobati bibir pecah-pecah. Gunakan madu asli untuk dioleskan ke bibir setiap hari. Atau campurkan madu dengan gliserin atau air mawar dan digunakan setiap malam sebelum tidur, lalu dibersihkan keesokan paginya.

6Minyak Kelapa
Minyak kelapa dapat membantu melembabkan bibir secara alami, dan mengatasi bibir pecah-pecah yang disebabkan oleh cuaca yang tidak bersahabat. Memulihkannya menjadi lembut dan lembab kembali. Cara memakainya pun mudah. Oleskan minyak kelapa murni ke bibir setiap hari. Anda bisa melakukan cara yang sama menggunakan minyak jojoba dan minyak zaitun.

7Gula

Mengelupas kulit mati dari bibir yang pecah-pecah akan membantu mengembalikan kelembutan bibir secara alami. Namun cara mengelupasnya tidak sembarangan, yakni menggunakan gula atau biasa disebut sugar scrub. Cara membuatnya adalah dengan menyampurkan setengah sendok gula dengan 2 tetes minyak zaitun, lalu oleskan merata ke bibir dan gosok perlahan. Setelah 3-5 menit, bilas dengan air hingga bersih. Anda bisa ganti minyak zaitun dengan madu.

8Lidah Buaya
Lidah buaya sudah sejak dulu banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut maupun kecantikan kulit, dan ini berlaku juga untuk bibir. Ambil jeli lidah buaya, lalu oleskan ke bibir. Selain menyembuhkan bibir pecah-pecah, lidah buaya juga menyejukkan dan membantu mengurangi rasa sakit jika ada luka di bibir.

9Petroleum Jelly

Petroleum jelly bisa ditemukan di salah satu produk kecantikan ternama yang diimpor ke Indonesia. Jeli ini sangat bagus untuk merawat bibir yang kering. Oleskan petroleum jelly ke bibir, terutama tiap malam sebelum tidur, lalu bersihkan esoknya. Atau bisa juga Anda oleskan dulu madu tipis-tipis ke bibir, biarkan selama beberapa menit. Lalu oleskan petroleum jelly tipis-tipis. Biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan kapas basah. Lakukan setidaknya 2 kali sehari.

10Timun
Salah satu cara alami yang mudah dan praktis mengatasi bibir kering adalah menggunakan timun. Sayuran yang mudah ditemukan di pasar ini mampu mengembalikan kelembaban bibir dan membuatnya terlihat lebih segar. Sebelum digunakan, kupas kulit timun terlebih dulu. Setelah itu, potong, dan usapkan potongan timun yang berair ke bibir hingga merata. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan. Lakukan langkah ini beberapa kali dalam sehari agar hasilnya lebih cepat terlihat.

11Air Lemon

Air lemon akan membantu mencegah penuaan dan menutrisi kulit dengan baik, terutama untuk kulit sensitif. Sehingga membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Selain itu, lemon juga memiliki antioksidan yang baik untuk kulit. Tentu saja ini juga berlaku untuk bibir. Ambil sebuah lemon, potong, peras airnya. Ambil 3 tetes air lemon dan campur dengan satu sendok krim susu. Masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam. Lalu ambil airnya, dan oleskan ke bibir setiap sebelum tidur. Lanjutkan cara ini setiap hari hingga hasilnya terlihat.

12Kantong Teh Hijau
Ini merupakan cara kuno untuk perawatan kulit, yakni menggunakan kantong teh hijau. Gunakan kantong teh hijau yang sudah digunakan untuk ditekan sedikit ke bibir selama kurang lebih 4 menit. lakukan setiap hari untuk melembabkan bibir.


Mencegah bibir kering dan pecah

Selain cara di atas, ada baiknya Anda lebih bijak memilih kosmetik dan mengubah kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan bibir kering. Tips lain yang perlu Anda lakukan antara lain:

  • Gunakan kosmetik yang ber-SPF 15 dan pelembab bibir yang tidak menyebabkan kulit bibir kering.
  • Gunakan lipbalm tipis-tipis sebelum tidur, pilih yang mengandung shea atau cocoa butter. Lebih bagus lagi menggunakan bahan-bahan pelembab alami di atas.
  • Konsumsi lebih banyak makanan ber-vitamin A. Seperti tomat, wortel, dan sayuran hijau. Tetap seimbangkan dengan vitamin lain seperti B, C, dan D.
  • Jangan pernah mengelupas kulit yang terkelupas di bibir dengan tangan. Karena bisa menyebabkan luka. Lebih baik basahi dengan air hangat atau lakukan langkah sugar scrub di atas.
  • Jangan pernah menjilat atau menggigit bibir.
  • Minum cukup air setiap hari untuk mencegah dehidrasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here