Tips Diet Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Semua orang pasti sudah tahu kunci utama untuk menurunkan berat badan: kurangi makan dan perbanyak gerak tubuh (olahraga, latihan beban, dll). Terdengar sangat sederhana memang, namun pada kenyataannya tidak lagi sesederhana itu.

Jika anda memiliki berat badan berlebih dan ingin melakukan diet, sangatlah penting untuk menyusun rencana dan komitmen agar program tersebut berhasil. Strategi yang tepat akan mendatangkan hasil yang tepat pula.

Sebagai tambahan, ikuti daftar tips diet berikut ini untuk membantu anda menurunkan berat badan dan memiliki tubuh yang lebih bugar.

Tips Diet #1: Tentukan Target

Bersamaan dengan mulainya program diet anda, buatlah target seperti halnya catatan milestone.

Sebagai contoh, anda dapat membuat 3 patokan target: perhari, perminggu dan perbulan. Ambil kertas dan bagi menjadi 3 kolom, sesuai dengan patokan target yang ditentukan sebelumnya, dan beri judul ‘target harian’, ‘target mingguan’, dan ‘target bulanan’.

tips diet menurunkan berat badan
Diet menurunkan berat badan (ilustrasi)

Selanjutnya anda dapat mengisi berbagai target yang ingin anda raih, misalnya pada kolom harian anda mengisi ‘hari ini saya akan mengurangi porsi makan menjadi setengah dari biasanya’ atau ‘hari ini saya akan minum 8 gelas air putih dan tidak mengkonsumsi jenis minuman lainnya.’ Di kolom mingguan anda dapat mengisi ‘minggu ini saya akan lari pagi minimal 3 kali,’ atau ‘minggu ini saya akan menurunkan berat badan sebanyak 1-2 kg.’ Kemudian pada kolom bulanan anda dapat mengisinya dengan ‘dalam satu bulan berat badan saya akan menjadi 70 – 75 kg.’

Buatlah catatan seperti itu secara teratur, dan berikan tanda centang besar jika sebuah target telah berhasil dilaksanakan, lalu tambahkan target baru.  Anda dapat berkreasi dengan target anda sendiri, atau membuat catatan yang besar dan stylish agar mengisinya menjadi kesenangan tersendiri untuk anda.

Dan yang terpenting adalah catatan tersebut akan memicu semangat anda setiap kali anda melihatnya, membantu anda membuat target menjadi kenyataan. Anda mungkin akan terkejut dengan kemajuan yang telah anda capai setelah beberapa waktu.

Tips Diet #2: Buat Jurnal Makanan/Diet

Diary atau jurnal makanan bisa jadi merupakan aset penting dalam program anda untuk menurunkan berat badan. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan jurnal makanan dapat menurunkan berat badan dua kali lebih cepat daripada orang yang tidak menggunakannya, serta persentase tingkat keberhasilan orang yang menggunakannya jauh lebih tinggi.

Membuat jurnal makanan harian akan meningkatkan kewaspadaan anda pada apa dan berapa banyak makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Beberapa manfaat jurnal tersebut adalah:

  • dengan melihat jurnal tersebut, anda dapat mengetahui makanan apa saja yang membantu dan tidak membantu program diet anda.
  • makanan apa yang mengandung banyak kalori dan sebaiknya anda hindari setelahnya.
  • hal apa saja yang memicu anda mengkonsumsi makanan secara berlebihan, seperti emosi, stres, atau karena kurang tidur, dll.
  • dapat menjelaskan mengapa berat badan anda tidak turun selama dua minggu terakhir kemudian melakukan evaluasi.
  • dan banyak manfaat lainnya.
cara diet terbaik
Membuat catatan/jurnal sangat membantu dalam program diet.

Jurnal tersebut juga akan membantu mencegah anda mengkonsumsi makanan secara berlebihan, karena secara psikologis anda tidak ingin mencatatnya dalam ‘kebiasaan buruk’ tersebut dalam jurnal anda.

Tips Diet #3: Disiplin dengan Pola dan Porsi Makan

Selalu perhatikan porsi makan yang anda konsumsi dalam hidangan utama. Ukuran perut hanyalah sebesar genggaman tangan, jadi secara logika menyantap makanan sebesar kepalan tangan sudah membuat perut cukup terisi. Setelah makan seharusnya membuat kita merasa nyaman serta berenergi, bukannya merasa ngantuk, kembung, kekenyangan, atau mual.

Diet tidak berarti melewatkan jam makan, melainkan memperhatikan apa dan berapa banyak yang anda makan.

Diet yang sehat adalah dengan tetap makan 3 kali sehari serta 2 kali ngemil di antara jam makan. Perbanyak konsumsi makanan bernutrisi tinggi, mengandung protein, dan karbohidrat kompleks, serta rendah lemak dan kalori.

Tips Diet #4: Perhatikan Minuman Anda

Kurangi kebiasaan minum minuman yang mengandung kalori, bersoda atau beralkohol. Beberapa jenis produk minuman memang tampak nikmat dan tidak berbahaya seperti teh manis rasa buah dan softdrink, akan tetapi anda akan terkejut akan jumlah kalori yang terdapat di dalamnya. Begitu pula dengan minuman alkohol, karena mengandung kalori yang tinggi namun sangat sedikit nutrisi.

Sebagai gantinya, perbanyak minum minuman bernutrisi seperti jus segar yang murni tanpa/sedikit gula. Selain itu jangan lupa untuk minum air putih yang cukup, sekitar 7 – 8 gelas perhari.

Tips Diet #5: Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran adalah elemen penting yang membantu diet menurunkan berat badan. Buah-buahan segar akan memberikan nutrisi lebih bagi tubuh sehingga tubuh tetap berenergi sepanjang hari. Demikian pula halnya dengan sayur-sayuran, karena umumnya sayuran mengandung serat tinggi dan rendah kalori, membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Sebagian besar asupan makanan harian saat sedang diet sebaiknya berasal dari buah dan sayuran, karena kedua jenis makanan ini mampu memberikan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Tips Diet #6: Olahraga dan Aktivitas Fisik

Selain pola makan, olahraga adalah faktor utama dalam menurunkan berat badan (dan juga hidup sehat). Gerak tubuh yang aktif akan membakar kalori dalam tubuh. Sisihkan waktu 30 menit dalam sehari untuk berolahraga ringan seperti jalan pagi/sore, bersepeda, senam, atau kegiatan fisik lainnya. Lakukan setidaknya 5 kali dalam seminggu.

Mengikuti program latihan beban di klub fitnes atau pusat kebugaran juga bisa menjadi pilihan yang tepat, karena dapat membantu membakar kalori lebih cepat. Latihan beban akan membentuk otot dan menggunakan lebih banyak kalori.

Aktifitas fisik seperti aerobik dan fitnes akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga merangsang penyerapan nutrisi yang lebih baik. Kegiatan ini bukan hanya baik untuk diet, tetapi juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tips Diet #7: Atur Kembali Pola Tidur Anda

Pola tidur juga akan mempengaruhi diet. Kurang tidur atau kelebihan tidur bisa malah membuat berat badan meningkat. Pola tidur yang tidak seimbang bisa memicu makan berlebihan. Tidur yang terlalu sedikit akan meningkatkan nafsu makan, mempengaruhi sensitifitas insulin serta hormon lain yang mengontrol rasa lapar, sehingga justru akan membuat berat badan bertambah.

Tidurlah lebih cepat di malam hari, sehingga anda bisa memanfaatkan bangun pagi yang lebih awal untuk berolahraga dan menyiapkan sarapan bernutrisi tinggi.

Jika anda mengalami gangguan tidur, cobalah membicarakannya dengan dokter untuk mengetahui sumber permasalahannya.

[Baca juga tips untuk mendapatkan tidur yang sehat.]

Tips Diet #8: Fokus dan Berkomitmen

Sedikit perubahan bisa mendatangkan hasil yang jauh lebih baik, misalnya saja pada fokus anda. Alih-alih berfokus ingin kurus, gantilah dengan berfokus ingin hidup sehat. Cara pandang seperti itu malah dapat memicu motivasi serta menjadikan segala yang anda lakukan di atas lebih menyenangkan. Merubah komitmen untuk hidup sehat akan mencegah rasa frustasi atau stres, yang bisa muncul kapan saja karena anda ‘sangat ingin’ kurus.

Bahkan mengadopsi pola hidup di atas sebagai kebiasaan hidup jangka panjang merupakan langkah yang sangat baik, karena cara untuk menurunkan sekaligus untuk menjaga berat badan adalah dengan mempraktekkan pola hidup yang sehat.

Selamat mencoba…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here