8 Tips Menambah Berat Badan dengan Cepat

Permasalahan berat badan tidak hanya dialami oleh orang yang kegemukan, namun juga mereka yang terlalu kurus. Sebagian orang memang memiliki metabolisme yang tinggi sehingga makanan dicerna lebih cepat dan kalori terbakar lebih banyak. Dari semua makanan yang masuk, sebagian besar diolah menjadi energi dan hanya sedikit yang disimpan sebagai lemak dan otot.

Berat badan seseorang juga dipengaruhi oleh pola makan dan olahraga yang dilakukannya. Oleh karena itu, jika Anda merasa kurang percaya diri dan ingin tampil lebih berisi, maka Anda sebaiknya berusaha menambah berat badan. Sebagai langkah awal, Anda bisa mengubah beberapa kebiasaan kecil sehari-hari.

Pola makan dan olahraga menjadi kuncinya. Untuk itu, Anda bisa menggunakan tips-tips berikut sebagai cara cepat menambah berat badan:

Tips Menambah Berat Badan: Pola Makan

1Tingkatkan interval makan dalam satu hari
Orang bertubuh kurus perlu makan dengan interval lebih sering dalam satu hari untuk meningkatkan berat badannya. Cara ini akan membantu Anda yang kesulitan menambah porsi makan. Tetapkan juga jadwal dan interval makan yang paling cocok karena kondisi fisik setiap orang berbeda. Jika sudah menemukannya, jalani secara disiplin dan teratur.

Siapkan juga cemilan sehat berkalori tinggi seperti kacang-kacangan, selai kacang, buah-buahan kering, keju, dan apokat. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan susu rendah lemak atau jus. Jangan lupa memberi jeda untuk minum 30 menit sebelum atau sesudah makan, karena minum saat makan justru akan membuat Anda cepat kenyang.

2Perbanyak asupan lemak sehat
Ingin memiliki tubuh lebih berisi bukan berarti Anda bebas makan makanan berlemak begitu saja. Bisa-bisa, bukan hanya lemak yang Anda timbun, namun juga penyakit yang menyertainya. Pilihlah lemak sehat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Lemak semacam ini terkandung dalam makanan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, dan apokat.

Jauhi lemak jenuh atau ‘lemak jahat’ yang ada dalam makanan olahan seperti gorengan, es krim, dan makanan siap saji/fast food.

3Perbanyak konsumsi protein
Protein diperlukan untuk meningkatkan massa otot sehingga berat badan bertambah. Protein juga merupakan salah satu zat pembentuk sel-sel otot, tulang, kulit, rambut, dan darah. Cobalah untuk menambah konsumsi protein dalam diet Anda dengan mengonsumsi makanan seperti daging, keju, susu, ikan, dan telur. Bagi Anda yang vegetarian, protein juga dapat ditemukan dalam produk kedelai seperti tahu dan tempe, serta polong-polongan.

4Pilih makanan berkarbohidrat kompleks
Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Karbohidrat diperlukan untuk membentuk otot dan menunjang fungsi penting organ-organ tubuh. Pilihlah karbohidrat kompleks yang bisa didapatkan dari gandum utuh, beras merah, ubi, dan oat.

Kurangi sumber karbohidrat sederhana seperti nasi putih, kue, gula pasir, dan permen karena kemungkinan besar akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Karbohidrat sederhana ini lebih cepat diubah menjadi glukosa sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Jika dikonsumsi berlebihan, risiko terkena diabetes bahkan bisa meningkat.

5Makan di malam hari
Salah satu penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang makan cemilan setelah pukul 8 malam akan memiliki indeks massa tubuh yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak. Padahal, total kalori harian yang mereka konsumsi tidak jauh berbeda. Belum diketahui faktor pasti yang mempengaruhi hal ini. Namun, waktu diduga menjadi salah satu variabel yang paling relevan.

Meski demikian, Anda tidak disarankan untuk langsung tidur setelah makan karena lemak akan lebih mudah tertimbun. Tidur setelah makan juga dapat meningkatkan kadar asam lambung, menimbulkan rasa panas di dada dan tenggorokan, hingga meningkatkan risiko terkena stroke.

Melengkapi daftar di atas, baca juga artikel 10 Makanan untuk Menambah Berat Badanmu

Tips Menambah Berat Badan: Olahraga

1Tingkatkan massa otot
Olahraga sangat penting bagi Anda yang ingin meningkatkan berat badan karena otot memiliki bobot yang lebih tinggi dibandingkan lemak. Fokus pada olahraga angkat beban atau body building agar massa otot bertambah. Anda juga dapat melakukan push up, crunces, atau squat jump di rumah sambil menonton televisi di waktu senggang. Berolahraga juga membantu meningkatkan rasa lapar dan menambah nafsu makan Anda.

2Tingkatkan intensitas latihan
Cobalah untuk meningkatkan intensitas latihan Anda secara bertahap. Otot Anda akan semakin terbiasa melakukan latihan yang semakin sulit. Meski demikian, hindari berolahraga terlalu keras karena dapat menimbulkan cedera otot dan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

3Batasi gerak tubuh
Kalori di dalam tubuh akan semakin banyak terbakar seiring dengan meningkatnya aktivitas Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk sedikit bersantai dan membatasi gerak. Namun, bukan berarti Anda tidak berolahraga sama sekali. Jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga angkat beban untuk menambah massa otot dan membakar lemak visceral yang tak terlihat pada arteri Anda.