10 Tips Utama untuk Hidup Sehat

753

Untuk menjalani gaya hidup sehat, makan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur tentunya masuk dalam hal-hal yang harus Anda lakukan. Namun, melakukan kebiasaan-kebiasaan baik lainnya ternyata juga dapat membantu Anda merasa bugar, tetap sehat dan terus terjaga.

Berikut ini 10 tips utama hidup sehat yang bisa anda terapkan –atau jauhi– dalam kehidupan sehari-hari:

Yang Harus Dilakukan:

1

Diet Seimbang
Makan dengan diet seimbang yang mengutamakan buah-buahan, sayur-sayuran, dan serealia utuh. Batasi lemak tak sehat seperti lemak jenuh dan lemak trans, serta makanan yang banyak mengandung gula dan garam.

2

Aktif secara Fisik
Jadikan aktivitas fisik sebagai rutinitas harian Anda dan lakukan kegiatan aerobik seperti berenang dan bersepeda, serta olahraga untuk meningkatkan kekuatan dengan menggunakan free weight atau resistance machine.

3

Istirahat Cukup
Pastikan Anda cukup tidur sehingga tubuh dan pikiran Anda memiliki waktu untuk beristirahat dan kembali pulih. Ditambah lagi, kurang tidur dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

tips hidup sehat bugar
Selalu bugar dengan mengadopsi gaya hidup sehat. [Lazare/Pixabay]

Yang Jangan Dilakukan:

4

No Smoking
Jangan gunakan produk tembakau apapun. Produk-produk ini dapat menimbulkan penyakit yang mengancam jiwa termasuk berbagai jenis kanker, penyakit jantung, dan pernafasan.

5

No Drugs
Jangan konsumsi obat-obatan terlarang. Obat-obatan terlarang dapat mengganggu kemampuan Anda untuk membuat keputusan secara rasional. Pemakaian berulang dapat menyebabkan ketergantungan serta menimbulkan penyakit termasuk hepatitis dan HIV/AIDS.

6

No Alcohol
Jangan minum terlalu banyak alkohol. Kalau perlu, jangan mengkonsumsinya sama sekali. Konsumsi berlebihan dapat mengganggu kemampuan Anda untuk berpikir jernih dan meningkatkan risiko kecelakaan. Juga dapat menimbulkan penyakit yang dapat mencancam jiwa Anda termasuk gagal ginjal.

Ikuti Aturan Berikut Ini:

7

Cek Kesehatan
Periksakan diri ke dokter secara teratur. Check up tahunan dapat mendeteksi masalah kesehatan secara dini sebelum penyakit berkembang menjadi lebih serius. Para wanita harus melakukan pemeriksaan ginekologis dan mamogram secara teratur. Memberikan imunisasi terbaru kepada anak juga dapat mencegah penyakit seperti cacar dan campak.

8

Safety First
Patuhi peraturan keamanan berkendara seperti memakai sabuk pengaman, motorisasi alat-alat, dan menggunakan helm saat mengendarai motor, sepeda, maupun kendaraan di tempat wisata.

Rekomendasi:  5 Tips Tidur Sehat dan Berkualitas

Kelola Stres:

9

Redakan Stres
Lakukan aktivitas untuk mengatasi stres. Carilah sesuatu yang dapat membantu Anda menghadapi tekanan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Cari yang paling cocok untuk Anda, seperti menghirup nafas dalam-dalam (teknik pernapasan), olahraga, meditasi, menekuni hobi, maupun terlibat dalam kegiatan sosial atau keagamaan.

10

Bersosialisasi
Jangan lupa bersosialisasi. Menjaga hubungan dengan keluarga, sahabat, atau kolega dapat membangun sistem pendukung yang membuat masa-masa indah Anda terasa semakin menyenangkan dan membantu Anda melewati masa sulit.


Update terkait penyebaran Virus Corona (COVID-19)

mencegah peyebaran covid-19

Cegah penyebaran virus corona dengan tujuh langkah berikut ini (anjuran WHO):

  1. Rajin mencuci tangan
  2. Hindari menyentuh mulut, hidung, dan mata
  3. Jika batuk, tutupi dengan ujung siku atau tissue
  4. Hindari tempat ramai dan jaga jarak dengan orang yang demam atau batuk
  5. Diam diri dalam rumah jika merasa tidak enak badan
  6. Jika anda demam, batuk, atau susah bernafas, segera cari bantuan medis
  7. Dapatkan informasi dari sumber terpercaya

Lihat berbagai poster dan media terkait informasi tentang COVID-19 di sini.

Ikuti kami di Facebook dan Twitter untuk mendapatkan berbagai update mengenai kesehatan di sosial media.