10 Tips Ala Rumahan untuk Mengatasi Kulit Kering

0

Dari sekian banyak tipe kulit yang ada, masalah kulit kering merupakan salah satu yang cukup mengganggu. Masalah yang muncul disebabkan karena kulit tidak memiliki dan tidak dapat mempertahankan hidrasi dan kelembaban-nya.

Beberapa masalah yang sering dijumpai pada kulit kering adalah:

  • Kulit wajah terasa kencang, khususnya setelah mandi
  • Kulit tampak (dan terasa) kasar
  • Gatal
  • Terkelupas ringan hingga parah
  • Pecah-pecah

Masalah ini membutuhkan penangannya yang konstan dan teratur supaya kondisinya tidak semakin memburuk. Penggunaan sabun yang salah juga dapat memperparah kondisi kulit, sehingga pemilihan produk kulit bagi si pemilik kulit kering ini pun harus dilakukan dengan hati-hati.

Sayangnya, sebagian besar produk kulit yang sesuai untuk jenis kulit kering memiliki harga yang lumayan mahal. Namun jangan khawatir, karena saat ini perawatan kulit tidak harus selalu mahal. Anda masih bisa membuatnya sendiri di rumah dan hasilnya pun tidak mengecewakan.

Ucapkan selamat tinggal kepada kulit kering dengan 10 tips kecantikan ala rumahan untuk masalah kulit kering, baik pada tubuh maupun wajah, berikut ini.

Minyak zaitun (olive oil)

Tahukah Anda minyak dapat membersihkan segala sesuatu? Begitu pula dengan masalah kulit kering, minyak pembersih juga baik bagi mereka yang memiliki masalah yang satu ini. Mereka yang rutin menggunakan minyak pembersih akan merasakan perbedaan yang jelas di kulit mereka.

tips kulit kering
Minyak olive, untuk melembabkan kulit dan mengatasi masalah kulit kering. [via Pixabay]
Yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan minyak zaitun dengan minyak jarak atau minyak biji anggur dengan minyak jarak dengan perbadingan 3:1. Gosok lembut di telapak tangan Anda kemudian ratakan ke seluruh bagian wajah secara merata. Celupkan waslap ke dalam semangkuk air hangat dan letakkan waslap tadi di wajah Anda. Biarkan selama beberapa saat hingga waslap mulai mendingin. Peras minyak dari kain, kemudian ulang prosesnya hingga Anda merasa kulit menjadi halus dan lembut.

Telur

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik dan merupakan salah satu tips kecantikan terbaik–dan termudah–untuk menangani masalah kulit kering. Telur juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah ambil sebuah telur kemudian pisahkan kuning telur dari putih telurnya. Setelah itu, ambil kuning telur dan aduk secara menyeluruh dengan menambahkan satu sendok makan jus jeruk, satu sendok teh minyak zaitun, air mawar, sesendok madu dan beberapa tetes air jeruk nipis. Campuran ini bisa Anda gunakan di pagi hari sebelum mandi, jangan lupa untuk membersihkan wajah setelahnya.

Madu

Sepertinya semua orang sudah tahu bahwa madu merupakan salah satu solusi terbaik untuk menangani masalah kulit kering.

Caranya mudah, cukup gosokkan sedikit madu pada bagian kulit-kulit ditubuh Anda yang terasa kering, diamkan atau tinggal bersantai selama kurang lebih sepuluh menit baru kemudian mandi untuk membersihkannya.

Coklat

Salah satu jenis makanan yang satu ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk mengatasi masalah kulit kering. Tidak hanya itu, karena coklat juga dapat mengurangi garis-garis halus, menyamarkan bekas luka atau stretch mark. Coklat juga dapat melindungi Anda dari efek buruk sinar matahari dan polusi.

Caranya, Anda cukup membuat masker yang terdiri atas campuran 5 sendok makan coklat bubuk, 4 sendok makan madu dan 2 sendok makan alpukat yang sudah ditumbuk. Anda juga bisa menambahkan 3 sendok tepung jagung. Oleskan masker coklat tersebut ke wajah atau bagian tubuh lain yang Anda inginkan. Pijat lembut dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Mangga

Selain rasanya yang enak, mangga juga bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan khususnya untuk menangani masalah kulit kering.

Caranya, kupas mangga yang sudah matang dan pisahkan daging buahnya. Hancurkan daging buah mangga tersebut hingga membentuk seperti bubur kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan 3 sendok teh minyak zaitun ke dalam campuran bubur mangga.

Terapkan masker tersebut pada wajah Anda dan biarkan selama beberapa saat kemudian bersihkan setelah satu jam. Masker ini akan melembabkan dan membuat kulit Anda terlihat lebih bersinar.

Pisang

Buatlah masker pisang jika Anda memiliki masalah kulit kering. Masker pisang akan memperbaiki kulit kering Anda dan merubah kulit kusam Anda menjadi lebih cantik dan lembut.

Caranya haluskan sebuah pisang kemudian tambahkan 1 sendok makan madu. Terapkan masker tersebut di wajah dan sekitar leher Anda. Pijat wajah dan leher dengan gerakan melingkar selama 10 menit. Kemudian bersihkan.

Pepaya

Pepaya juga termasuk buah-buahan yang baik untuk perawatan kecantikan. Masker pepaya tidak hanya cocok untuk mengatasai masalah kulit kusam dan menambah kecerahan kulit Anda saja, namun masker ini juga dapat memperbaiki dan melembabkan kulit kerin.

Caranya, campurkan 2 sendok makan pasta pepaya dengan 1 sendok teh krim susu. Terapkan agak tebal pada wajah Anda dan bersihkan setelah 15 menit.

mengatasi kulit kering
Alpukat membantu menjaga kelembaban kulit.

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang sangat baik untuk menutrisi kulit kelit karena dalam alpukat terkandung Vitamin A, Vitamin E, dan antioksidan, sehingga dapat mengubah kulit kering Anda menjadi lebih halus dan lembut.

Caranya, haluskan satu buah alpukat matang dan tambahkan setengah sendok teh madu. Terapkan masker keseluruh wajah Anda atau bagian tubuh yang terasa kering. Biarkan selama 10 menit kemudin bilas.

Gula

Gula adalah scrub alami yang memiliki pengaruh besar dalam mengatasi permasalahan kulit kering. Gula dapat menghaluskan dan melembabkan kulit Anda. Anda dapat memilih menggunakan gula pasir putih ataupun gula merah untuk mengelupaskan kulit-kulit kering.

Caranya mudah: larutkan 3 sendok teh gula dengan susu hangat kemudian terapkan ke wajah, leher ataupun tangan Anda. Saat sudah mengering sepenuhnya hapus cairan gula tersebut dengan menggosoknya secara melingkar dan lakukan dengan lembut. Bilas menggunakan air hangat.

Almond dan susu

Campuran almond dan susu juga patut Anda coba untuk Anda yang memiliki masalah kulit kering dan kusam.

Caranya rendam 3 sampai 4 butir almond selama semalam di dalam secangkir susu. Setelah itu, tumbuk almond hingga menjadi pasta halus dan biarkan mendingin di dalam lemari es. Oleskan pada wajah Anda sebelum tidur dan bersihkan keesokan harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here