Tips Mengepak (Packing) Makanan Untuk Piknik Sehat

0

Apakah dalam waktu dekat ini Anda memiliki rencana melakukan piknik bersama keluarga atau teman-teman? Jangan lupa untuk menyiapkan bekal makanan dan minuman yang sehat dan bergizi dengan baik dan benar ya, supaya piknik Anda bersama orang-orang tersayang menjadi lebih berkesan dan juga tetap sehat.

Packing Makanan

Salah satu masalah yang sering dikhawatirkan selama melakukan piknik adalah bekal makanan yang mudah rusak. Hal ini biasanya terjadi karena kesalahan pengaturan saat melakukan pengepakan. Oleh sebab itu, proses pengepakan ini harus dilakukan dengan benar untuk menjaga agar makanan yang telah dikemas tidak rusak atau berkurang kandungan gizinya.

tips mengepak makanan
Mengepak dengan benar agar perjalanan tetap nyaman. [image: Nemo/Pixabay]
Berikut ini beberapa tips melakukan pengepakan makanan yang perlu Anda lakukan untuk menjaga keamanan makanan selama piknik:

  1. Mencuci tangan selama 20 detik dalam air hangat menggunakan sabun dan mengeringkannya menggunakan handuk kertas sebelum menangani semua jenis makanan.
  2. Gunakan talenan yang berbeda untuk daging mentah, makanan laut, sayuran dan unggas. Tujuannya adalah untuk menghindari adanya kontaminasi bakteri terhadap makanan.
  3. Selalu mencuci wadah dan tas makanan dengan air hangat menggunakan sabun dan biarkan mengering secara menyeluruh. Pastikan menggunakan wadah yang dapat dengan mudah dibuka dan ditutup untuk memudahkan penggunaannya selama piknik.
  4. Jangan lupa untuk membawa tissu basah atau tissu sanitasi sebagai alternatif mencuci tangan, karena terkadang sulit mencari fasilitas cuci tangan di tempat piknik. Tissu basah atau tissu sanitasi ini akan sangat membantu.
  5. Cuci semua bahan-bahan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran dengan air dingin dan keringkan dengan baik sebelum mengepaknya ke dalam wadah. Buah-buahan dan sayur-sayuran yang direkomendasikan untuk dibawa selama piknik adalah apel, anggur, aprikot, persik, ceri, stroberi, kismis, pir, wortel dan seledri.
    Khusus untuk melon harus disimpan ditempat dingin segera setelah dipotong. Selain itu, melon juga harus dicuci secara menyeluruh sebelum memotongnya karena kulit melon berpotensi menjadi sumber penyakit makanan bawaan karena biasanya sering terpapar bakteri Salmonella dan Shigella.
  6. Saat mempersiapkan makanan pastikan untuk memasak makanan dengan suhu yang tepat dengan jumlah yang tepat. Pastikan makanan sudah dalam kondisi dingin sebelum dimasukan kedalam wadah.
  7. Perkirakan jumlah makanan yang akan dibawa supaya Anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang makanan-makanan yang akan tersisa setelah piknik.
  8. Bawalah tas pendingin. Tas pendingin ini sangat penting untuk menyimpan makanan-makanan yang mudah rusak agar tetap dingin. Letakkan makanan-makanan yang mudah busuk di bagian paling atas item pendingin. Untuk bahan-bahan yang tahan lama seperti buah-buahan, sayuran, keju atau susu bisa di letakkan di bagian bawah.
    Jika Anda tidak memiliki tas pendingin Anda bisa mengakalinya dengan meletakkan es batu ke dalam kantong plastik tersegel yang kedap udara dan letakkan es batu tersebut di dalam kotak penyimpanan makanan.
  9. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membekukan air minun kemasan sebelum berangkat untuk menjaga air tetap dingin dan untuk menambah kesukan ekstra di dalam tas piknik.
  10. Jangan meletakan tas pendingin di dalam bagasi karena suhu di dalam bagasi bisa meningkatkan suhu di dalam tas pendingin yang bisa menyebabkan es di dalamnya menjadi cepat mencair.
  11. Gunakan pendingin yang berbeda untuk makanan atau minuman yang mudah rusak, sehingga tidak terlalu sering dibuka dan ditutup. Tujuannya untuk tetap menjaga kesegeran makanan dan minuman supaya tidak cepat busuk.

Dengan mengikuti beberapa tindakan pencegahan keselamatan sederhana diatas, Anda dapat membuat bekal makanan piknik Anda tetap sehat dan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here