13 Tips Sederhana Mengurangi Stres

Semua orang pasti pernah menghadapi situasi dimana dirinya merasa sangat stres dan tertekan karena dihadapkan dengan satu atau banyak masalah. Stres itu normal dan manusiawi. Namun kondisi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan jiwa apabila tidak ditangani dengan baik.

Untuk menghadapi kondisi stres dan tertekan tersebut yang perlu Anda lakukan adalah belajar untuk mengelola stress itu sendiri dengan lebih baik supaya tidak mempengaruhi kehidupan normal Anda.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi tingkat stress yang sedang Anda alami, dan berikut ini beberapa tips ringan untuk mengurangi stres yang bisa Anda coba:

1. Minum segelas jus jeruk

Selain dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C, ternyata buah jeruk diketahui dapat menurunkan hormon penyebab stres yang disebut kortisol.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman. Dalam penelitian tersebut 120 orang peserta diberi tugas untuk berbicara di depan umum dan menyelesaikan soal matematika. Sebagian peserta yang telah diminta untuk mengkonsumsi suplemen vitamin C sebelum tes menunjukan tingkat kortisol dan tekanan darah yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi suplemen vitamin C.

Hal ini menunjukan bahwa vitamin C memang dapat menurunkan tingkat stres seseorang dan buah jeruk atau jus jeruk yang notabene kaya akan vitamin C merupakan pilihan yang tepat untuk membantu menurunkan stres yang sedang Anda alami.

2. Bernapas dalam-dalam

Saat Anda sedang benar-benar stres dan tertekan, cobalah untuk mengambil waktu Anda sekitar 5 menit untuk beristirahat dan fokus dengan pernapasan Anda.

Duduk dengan tegak, tutup mata dan letakkan kedua telapak tangan menghadap ke bagian perut. Tarik napas perlahan-lahan lewat hidung, rasakan udara yang mulai masuk ke dalam perut. Kemudian keluarkan napas perlahan-lahan melalui mulut. Ulangi cara tersebut hingga Anda merasa tenang.

Bernapas dalam-dalam dapat melawan stress dengan cara menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

Baca juga: Relaksasi untuk meredakan stres

3. Meditasi

Cobalah untuk melakukan meditasi selama beberapa menit per hari untuk membantu meringankan rasa khawatir dan cemas di kepala Anda. Penelitian telah menunjukan bahwa meditasi dapat mengubah jalur saraf otak yang membuat Anda lebih tahan terhadap stres.

Caranya cukup mudah: duduklah dengan kedua kaki bersila diatas lantai. Tutuplah mata kemudian fokuskan perhatian Anda dengan melafalkan kata-kata positif seperti “saya mencintai diri saya sendiri” atau “saya merasa damai”. Letakkan tangan di perut Anda untuk menyesuaikan dengan napas Anda. Biarkan pikiran yang mengganggu melayang seperti awan.

4. Mendengarkan musik

Saat Anda sedang merasa sangat terbebani dengan situasi yang penuh dengan tekanan maka cobalah untuk beristirahat dan mendengarkan musik santai. Mendengarkan musik-musik yang menenangkan memberikan efek positif pada otak dan tubuh.

Selain itu, dapat menurunkan tekanan darah dan juga mengurangi kortisol yang berkaitan dengan hormon stres. Anda bisa mencoba mendengarkan musik klasik atau rekaman yang berisi suara alam atau suara laut. Cara ini dapat memberikan efek relaksasi terhadap tubuh dan pikiran Anda.

5. Tertawalah

Tertawa merupakan salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan hormon endorphin yang dapat meningkatkan mood dan menurunkan kadar hormon pendukung stres seperti kortisol dan adrenalin.

Tertawa merupakan trik tercepat untuk membuat Anda merasa bahagia. Anda bisa mencoba menyaksikan acara-acara televisi yang berisi sitcom atau film-film bergenre komedi untuk melupakan sejenak tekanan-tekanan yang sedang Anda hadapi.

6. Teriak

Percaya atau tidak, mengumpat dengan nyaring merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan stres yang Anda alami. Tindakan sederhana yang dapat melatih pita suara ini juga terbukti dapat mengurangi stres.

Berteriaklah, keluarkan semua sampai Anda benar-benar merasa lega dan lupa dengan masalah-masalah yang sedang Anda hadapi.

Tapi, pastikan untuk melakukannya ditempat-tempat yang jauh dari keramaian agar tidak mengganggu orang lain. Apabila Anda tidak terbiasa dengan umpatan Anda bisa mencoba untuk berteriak, ataupun berbicara dan bernyanyi secara keras.

7. Meniup sebuah balon

Meniup sebuah balon merupakan salah satu cara yang bagus untuk menurunkan stres yang sedang Anda alami.

Saat meniup balon, Anda melakukan aktivitas menghirup dan menghembuskan napas secara perlahan dimana hal tersebut secara tidak langsung membuat Anda menggunakan otot diafragma yang juga melibatkan sistem saraf parasimpatis secara alami yang dapat menekan perasaan stres dan kecemasan yang sedang Anda hadapi.

8. Mewarnai

Jangan kira kegiatan mewarnai hanya dilakukan untuk anak-anak saja. Saat ini kegiatan mewarnai dengan buku gambar dewasa ini merupakan salah satu trik terbaru yang sedang populer di kalangan orang dewasa karena dapat membantu mengurangi level stres dan tekanan sehari-hari.

Saat Anda sedang fokus memberikan warna ditiap sudut-sudut gambar yang sudah disediakan, tanpa sadar Anda akan melupakan sejenak masalah yang sedang Anda hadapi.

9. Pijat telinga Anda

Telinga mengandung titik tekanan yang bisa membantu mengatur emosi saat dirangsang dengan benar. Saat Anda sedang merasa stres atau cemas, cobalah usap-usap bagian dalam telinga secara perlahan selama 3 sampai 5 menit kemudian dilanjutkan ke bagian tulang rawan luar telinga.

Ulangi cara yang sama terhada telinga yang satu lagi. Lakukan hingga Anda mulai merasa rileks dan nyaman.

10. Minum teh hijau

Jika Anda terbiasa mengkonsumsi kopi saat sedang merasa stres maka Anda harus meninggalkan kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan teh hijau.

Kopi mengandung kafein dalam jumlah yang cukup tinggi, sementara dosis besar kafein dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah jangka pendek. Hal ini juga dapat menyebabkan sumbu hipotalamus hipofisis-adrenal mengalami tekanan.

Dibandingkan minum kopi atau minuman berenergi lainnya, lebih baik menggantinya dengan teh hijau yang memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dan mengandung antioksidan, theanine dan asam amino yang memiliki efek menenangkan sistem saraf.

11. Olahraga

Lakukan olahraga ringan meskipun hanya beberapa menit. Olahraga tidak harus selalu melakukan aktivitas fisik berat yang membutuhkan banyak tenaga seperti mengangkat beban di gym atau lari marathon.

Cukup dengan berjalan kaki atau melakukan pemanasan ringan di sekitar tempat kerja juga dapat menurunkan stres yang sedang Anda alami. Membuat darah Anda bergerak dapat mengeluarkan hormon endorphin yang dapat meningkatkan mood Anda secara cepat.

12. Tidur dngan baik

Kita tahu bahwa stres dapat membuat seseorang menjadi sulit tidur. Sayangnya, kurang tidur justru menjadi salah satu penyebab stres itu sendiri. Siklus ini dapat menyebabkan otak dan tubuh menjadi rusak dan semakin memburuk seiring berjalannya waktu.

Redupkan lampu, matikan TV, minum susu hangat dan jauhkan tubuh dari alat-alat elektronik seperti smartphone, tab dan komputer. Kualitas tidur yang baik dapat membantu Anda meredakan tingkat stres.

Baca juga: Tips meningkatkan kualitas tidur

13. Selalu bersyukur

Membiasakan diri untuk selalu bersyukur atas segala hal yang terjadi dalam hidup dapat menjadi obat mujarab untuk menghilangkan pikiran-pikiran dan kekhawatiran yang membuat Anda merasa tertekan.

Cobalah untuk bersyukur saat melihat senyuman keluarga di rumah, saat merasakan cahaya matahari pagi dan saat dikaruniai kesehatan yang baik. Jangan lupa untuk mengapresiasi diri sendiri saat berhasil meraih suatu hal.

Saat kamu mulai merasa stres, habiskan beberapa menit untuk melihat keadaan disekitar Anda kemudian kembalilah untuk bersyukur dan yakinkan diri Anda bahwa masalah Anda masih belum ada apa-apanya dibandingkan beban orang-orang diluar sana.

Semoga cara tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda dan meringankan beban Anda.