10 Tips Menyamarkan Selulit Secara Alami

0

Selulit, atau stretch marks, adalah kerutan–seperti kulit jeruk–karena adanya lemak yang tertimbun di bawah permukaan kulit, biasanya muncul di paha, perut, lengan, pantat, dan betis. Semua orang bisa memilikinya baik pria maupun wanita, namun paling sering terjadi pada wanita dewasa atau yang telah mengalami pubertas.

Menurut sebuah survey, diperkirakan 85% wanita dewasa memilikinya. Munculnya selulit bisa menyebabkan turunnya percaya diri, seperti ketika memiliki jerawat di wajah, karena membuat penampilan jadi kurang menarik.

Bagaimana selulit bisa muncul?
Munculnya selulit umumnya disebabkan oleh faktor hormon yang mempengaruhi berat badan, perubahan berat badan yang mendadak, gaya hidup yang kurang sehat, makanan, dan toksin (racun dalam tubuh). Kegemukan dan toksin menjadi penyebab utama munculnya selulit. Itu lah mengapa beberapa yang tidak gemuk pun memiliki selulit di tubuhnya.

Toksin adalah racun atau zat tidak baik yang tersimpan dalam tubuh, yang berasal dari gaya hidup yang salah serta makanan berkualitas buruk. Selain itu lingkungan yang berpolusi, kotor, dan pengonsumsian bahan-bahan kimia (seperti rokok, minuman keras, obat-obatan) dalam jangka waktu panjang juga turut andil dalam akumulasi toksin di tubuh.

Bahkan menurut sebuah sumber, lemak membantu menyerap racun dalam tubuh, sehingga tidak menyerang organ-organ vital. Itulah sebabnya beberapa orang mengatakan orang kurus arau langsing dengan gaya hidup yang tidak sehat lebih rawan terkena penyakit dibanding mereka yang agak gemuk dengan gaya hidup yang sama tidak sehatnya. Toksin dan lemak yang menumpuk ini lah yang kemudian muncul menjadi selulit.

Tips Alami Mengatasi Selulit

Bagi Anda yang memiliki selulit, tidak percaya diri untuk show off, jangan khawatir. Di artikel ini, akan dibahas tips-tips mudah dengan bahan-bahan alami untuk menyamarkan dan mengurangi selulit, sekaligus tips mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Menjadi cantik dan sehat sekaligus tidaklah begitu susah.

Tomat atau Pasta Tomat

Tomat kaya akan lycopene, yang mencegah rusaknya collagen di kulit. Konsumsi tomat secara teratur baik untuk tubuh. Jika Anda ingin mengonsumsi pasta tomat, sebaiknya Anda membuatnya sendiri untuk menghindari pasta tomat instan yang mengandung pengawet atau pewarna.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan minerall, potassium, magnesium, dan kalsium yang membuatnya bisa mengurangi selulit karena merupakan kunci utama untuk membuang racun dari dalam tubuh. Campurkan beberapa sendok cuka dengan madu dan sedikit air, lalu oleskan ke area yang berselulit. Setelah itu bilas dengan air setelah dibiarkan selama kurang lebih 30 menit. Atau balut bagian tubuh yang memiliki selulit dengan handuk yang dibasahi dengan cuka dan air hangat dengan, perbandingan 1:1, selama setengah jam.

Untuk hasil maksimal, minum madu dengan dua sendok cuka yang dilarutkan dalam air hangat. Langkah-langkah tersebut harus dilakukan secara teratur setiap hari. Walaupun cara ini mungkin tidak bisa menghilangkan selulit secara total, namun setidaknya bisa menyamarkan selulit yang tampak.

Teh Hijau

Teh hijau membantu mempercepat dan memperlancar metabolisme tubuh, sertya membakar lemak dengan memberhentikan produksi enzim penyerap lemak. Catechins yang ditemukan dalam teh hijau dan teh putih juga bisa mengurangi resistensi insulin. Meminum 3 gelas tiap hari akan membantu menaikkan jumlah energi yang keluar, dan mampu membakar 80 kalori pada 24 jam berikutnya.

Jadi, sangat baik meminum teh hijau pada pagi hari, mungkin sebagai ganti kopi Anda.

Air Putih

Hidrasi sangat penting dan utama untuk kesehatan seluruh tubuh, mulai dari kulit–bagian terluar–hingga pencernaan dan organ-organ dalam tubuh. Meminum air putih 8 gelas sehari akan membuat tubuh Anda tetap terhidrasi, membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melali air urine, juga menjaga kulit tetap lembab dan berkilau, serta masih banyak lagi manfaat meminum air putih.

Dehidrasi atau kekurangan cairan akan membuat Anda mudah sakit, lelah, terlihat lebih tua, dan tentu saja munculnya selulit. Memakan sayuran dan buah-buahan yang berkadar air tinggi juga baik untuk kesehatan dengan adanya kandungan vitamin dan mineralnya. Bagi Anda yang sedang diet, meminum air putih dan memakan buah berkadar air tinggi sangat baik untuk tubuh, karena selain rendah kalori, mereka juga akan membantu mengurangi lemak yang tersimpan dalam tubuh. Jika Anda tak suka air putih yang terasa tawar, cobalah infused water.

Minyak Kelapa dan Dry Brushing

Dry brushing adalah salah satu metode eksfoliasi (semacam melepas, membersihkan kulit mati cengan cara menggosok atau menyikat) tanpa scrub. Caranya adalah dengan cara menggosok dimulai dari bagian atas, yaitu ketiak, hingga pantat. Sikat dari bagian kiri terlebih dahulu lalu ke kanan menggunakan sikat yang halus dan minyak kelapa. Sikat perlahan dengan gerakan melingkar.

Cara ini efektif untuk mengencangkan kulit dan menyingkirkan lemak, toxin, serta selulit. Selain itu dry brushing juga memperlancar sirkulasi darah dan pengeringan getah bening.

Bubuk Kopi

menghilangkan selulit
Scrub bubuk kopi efektif untuk menyamarkan dan menghilangkan selulit.

Lulur scrub bubuk kopi bisa mengangkat sel kulit mati, membersihkannya, serta menyamarkan selulit. Selain itu aromanya juga menyegarkan. Tambahkan gula dan minyak kelapa untuk melembabkan kulit jika Anda mau.

Rumput Laut

Salah satu bahan eksfoliasi yang alami adalah rumput laut. Manfaatnya adalah melancarkan peredaran darah, memperbaiki tekstur kulit, dan menyingkirkan racundari dalam tubuh. Dengan keluarnya racun, selulit pun akan berkurang.

Cara membuat scrub rumput laut ialah dengan 3 sendok bubuk rumput laut yang dicampur dengan 4 gelas garam laut dan minyak zaitun lalu didiamkan 10 menit sebelum digunakan untuk mandi.

Salmon

Ikan salmon kaya akan antioksidan yang membantu membuang lemak pada selulit. Ditambah lagi asam omega-3 pada salmon bermanfaat untuk melembutkan kulit. Asam omega-3 mengurangi inflamasi dan memperkuat jaringan kulit.

Selain itu, omega-3 juga menekan pembentukan racun pada pembuluh darah dan memperbaiki sirkulasinya. Disarankan mengonsumsi 4-5 salmon panggang atau bakar setiap minggu, dan hindari makanan yang digoreng.

Konsumsi Makanan Yang Bersih, Sehat, dan Seimbang

Salah satu cara efektif mengeluarkan dan mencegah racun berada dalam tubuh Anda adalah dengan memilih makanan yang akan Anda konsumsi. Makanan ber-alkaline adalah makanan yang akan membentuk alkali atau basa untuk tubuh kita setelah dikonsumsi. Dan makanan itu adalah buah dan sayuran. Mereka akan menyerap racun dari sel di dalam tubuh lalu mengeluarkannya. Dengan begitu, lemak serta selulit pun akan ikut lenyap secara bertahap.

Olah Raga dan Berkeringat

Tahukah Anda, bahwa saat Anda olah raga dan mengeluarkan keringat itu adalah salah satu cara melepaskan stress? Olah raga akan membuat Anda memproduksi lebih banyak endorphin serta mengeluarkan racun melalui keringat. Olah raga juga membantu mengencangkan kulit, membentuk tubuh, serta membakar lemak.

Banyak produk di pasaran yang mengklaim mampu menghilangkan selulit, namun Anda harus selektif dalam memilih produk yang aman dan cocok untuk tubuh Anda. Dengan cara yang alami, luar dan dalam, usaha Anda dalam menyamarkan selulit akan menjadi lebih aman dan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here