Tips Mudik: Mempersiapkan Perjalanan Jarak Jauh yang Aman

tips aman mudik perjalanan jauh

Jelang libur Lebaran, banyak orang yang sudah tidak sabar untuk kembali ke kampung halaman. Mudik memang sudah menjadi agenda Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya, tetapi sudah siapkah Anda untuk berkendara jarak jauh dan menikmati Hari Suci tanpa hambatan di tahun 2018 ini?

Terlepas dari Anda berkendara dengan mobil atau motor, dan dengan teman ataupun sendirian, menempuh perjalanan jarak jauh bisa menjadi suatu tantangan tersendiri. Idealnya adalah mencapai rumah di kampung tanpa banyak halangan dan kelelahan, tetapi tidak jarang terjadi rintangan selama di jalan yang membuat Anda tidak sampai rumah tepat waktu atau terlalu letih untuk sepenuhnya menikmati kebersamaan Lebaran.

Maka dari itu, belajarlah dari pengalaman yang lalu dan cermati tips mudik berikut ini supaya Anda bisa merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar di daerah asal dengan semangat dan penuh berkah. (Lakukan juga tips ini dalam mempersiapkan perjalanan balik ke kota pasca Lebaran)

Rencanakan rute dan pemberhentian

Tentu saja tujuan Anda adalah rumah di kampung halaman, tetapi Anda perlu menentukan rute dan tempat pemberhentian secara rinci jauh sebelum tanggal keberangkatan. Petakan perjalanan Anda sesuai gaya berkendara Anda, dan lakukan penyesuaian dan kesepakatan jika ada Anda berkendara bersama teman atau keluarga.

Mempersiapkan semua hal dengan teliti dan rinci sebelum melakukan perjalanan mungkin terasa merepotkan tetapi harus dilakukan demi perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu.

Saat ini, telah ada pilihan aplikasi yang bisa membantu Anda merencanakan rute perjalanan; manfaatkan tetapi jangan bergantung sepenuhnya pada aplikasi ini. Ikuti berita mudik dan cari tahu mana rute tercepat dan teraman untuk Anda lewati. Tentukan titik-titik pemberhentian untuk mengisi perut dan bahan bakar kendaraan. Cari tahu alternatif jalan dan tempat pemberhentian—mempersiapkan diri dengan rencana B adalah tindakan yang cerdas.

Periksa juga lamaran cuaca dan laporan mengenai perbaikan jalan ataupun pengalihan jalan. Selain itu, pertimbangkan waktu dan kemampuan Anda menyetir karena menyetir selama 4 jam di jalanan yang lancar dengan duduk di balik kemudi selama 4 jam di tengah kemacetan tanpa kejelasan akan memberikan dampak yang berbeda pada fisik dan mental Anda.

# Tentukan anggaran

Meskipun membawa mobil sendiri jauh lebih murah dibandingkan terbang ke kampung halaman, mengemudi jarak jauh bisa berpotensi membuat Anda mengeluarkan anggaran berlebih. Banyak hal di sepanjang jalan yang berpotensi menjadi pengeluaran tidak terduga yang membuat uang saku Anda habis secara percuma.

Maka dari itu, meskipun sulit, menentukan anggaran secara mendetail dan menerapkan disiplin diri untuk menaatinya di sepanjang perjalanan bisa membantu Anda sampai di kampung halaman dengan kantong yang lebih tebal.

Siapkan dana utama untuk bahan bakar dan uang makan secara terpisah dari uang cadangan perjalanan. Mengemudilah dengan kecepatan yang stabil dan bukalah jendela mobil jika cuaca sejuk untuk menghemat bahan bakar.  Bawa bekal makanan karena ini akan sangat menghemat pengeluaran Anda selama perjalanan.

Jika Anda harus membawa camilan, belilah sebelum berangkat karena membelinya selama di tengah perjalanan bisa membuat Anda mengeluarkan uang melebihi anggaran.

# Periksa kendaraan

Satu minggu sebelum keberangkatan, bawa kendaraan Anda ke bengkel untuk memastikan kelayakannya menempuh jarak jauh. Memeriksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan, atau Anda akan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tanyakan pada montir apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi kendaraan selama menempuh perjalanan, dan pastikan lagi kondisi kendaraan Anda sebelum berangkat.

Bekali mobil Anda dengan peralatan dasar untuk memperbaiki mesin dan mengganti ban, dan lakukan langkah-langkah untuk mencegah mobil kepanasan karena terus digunakan selama berjam-jam tanpa henti. Belajarlah cara mengganti ban dan memeriksa mesin, serta hal-hal dasar dalam pemeliharaan mobil lainnya.

Siapkan juga nomor telepon yang bisa dihubungi untuk mendapatkan bantuan perihal kerusakan kendaraan selama di jalan, dan periksa titik-titik di sepanjang jalan untuk bengkel yang bisa Anda kunjungi.

# Kemas barang secara efisien

Berkemas secara berlebihan hanya akan menambah beban dan kerepotan yang tidak diperlukan di sepanjang perjalanan. Kemasi tas dan koper Anda dengan tidak memanfaatkan ruang secara maksimal.

tips mudik lebaran
Kemas barang Anda secara efisien untuk mudik lebaran.

Simpan barang sesuai kategorinya dan letakkan pakaian ganti atau barang lainnya yang akan Anda gunakan selama perjalanan di bagian atas tas agar memudahkan Anda jika harus mencarinya. Bawa obat-obatan dan simpan di tempat yang mudah dijangkau bersama dengan barang pribadi lainnya yang sering Anda gunakan.

Kemas tas secara efisien di dalam mobil, dan simpan selimut atau jaket di tempat yang mudah dijangkau. Jika Anda membawa cairan atau barang pecah belah, pastikan bahwa kemasaannya tertutup dengan baik dan simpan secara terpisah dari barang lainnya. Hindari membawa barang atau makanan yang meninggalkan bau kuat di dalam mobil untuk mencegah mual.

Selain itu, ingatlah di tas mana Anda menyimpan barang apa, supaya Anda tidak kerepotan dan harus membuka semua tas satu per satu untuk menemukan barang spesifik yang Anda butuhkan di tengah jalan.

# Persiapkan hiburan

Kebosanan adalah hal yang sama merugikannya dengan kemacetan. Jika bosan, Anda akan cenderung untuk merasa mengantuk, lelah, dan tidak fokus dalam berkendara, yang bisa menyebabkan bahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Maka dari itu, persiapkan hal-hal yang bisa menghibur Anda selama perjalanan.

Siapkan musik, rekaman buku, ataupun video singkat yang menghibur untuk ditonton di jeda istirahat. Jika Anda berkendara bersama orang lain dan bergantian menyetir, Anda bisa membawa buku untuk dibaca. Hanya dengan mengobrol saja bisa membuat Anda berdua tetap terjaga dan segar selama perjalanan.

Pastikan semua barang elektronik yang Anda bawa telah penuh terisi dayanya sebelum berangkat, dan simpan charger dan power bank di tempat yang mudah diraih. Ingatlah untuk mengisi kembali daya ponsel Anda di setiap ada kesempatan, misalnya saat Anda istirahat makan di restoran.

Jika Anda berkendara bersama anak-anak, pastikan Anda menyiapkan berbagai macam pilihan hiburan karena mereka akan cepat bosan di sepanjang perjalanan jarak jauh.

# Berkendaralah dengan aman

tips aman mudik
Sampai tujuan dengan selamat adalah prioritas utama saat mudik.

Setelah Anda merencanakan perjalanan jarak jauh Anda dengan cermat, yang bisa Anda lakukan adalah beristirahat yang cukup dan menjaga kesehatan supaya Anda bisa berkendara sesuai rencana.

Jika Anda jatuh sakit sebelum berangkat, pastikan untuk melakukan pengobatan yang tepat dan pertimbangkan mengajak teman untuk menemani Anda melakukan perjalanan. Atau, pertimbangkan cara mudik lain yang tidak mengharuskan Anda menyetir jarak jauh. Berkendara dengan aman adalah prioritas jika Anda melakukan perjalanan jarak jauh.

Selain itu, hal yang terpenting adalah menjaga kesehatan dan keamanan bersama supaya Anda bisa bertemu kembali dengan keluarga besar di kampung halaman dengan fisik dan hati yang siap untuk merayakan Lebaran dengan khidmat bersama keluarga dan orang-orang terdekat Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here