Tips Berpuasa Untuk Penderita Diabetes dan Penyakit Jantung

0

Puasa memang memiliki manfaat yang luar biasa, namun untuk beberapa orang masalah bisa muncul apabila puasa tidak dilakukan dengan cara yang benar. Contohnya saja bagi penderita diabetes dan penderita penyakit jantung.

Mereka termasuk kedalam kelompok orang yang harus berhati-hati dalam menjalankan ibadah puasa, karena apabila salah dalam penerapannya maka bisa berdampak buruk terhadap kesehatannya.

Lalu bagaimana cara menjalankan ibadah puasa untuk penderita diabetes dan penyakit jantung? Berikut ini tips-tips yang bisa diterapkan agar ibadah tetap bisa berjalan dan kesehatan tetap terjaga:

Tips Puasa untuk Penderita Diabetes

Bagi kebanyakan orang, puasa memang tidak berbahaya justru memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, masalah dapat terjadi apabila Anda merupakan penderita diabetes. Karena puasa berisiko dapat meningkatkan kadar glukosa akibat tidak terkontrolnya makanan yang masuk pada saat sahur dan berbuka. Ditambah lagi periode waktu berpuasa yang cukup panjang yaitu berkisar 12 jam dalam sehari meningkatkan risiko hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) dan dehidrasi (kekurangan air).

Dr. Farhana bin Lootah seorang spesialis penyakit dalam di Imperial College London Diabetes Centre menawarkan saran penting untuk mereka penderita diabetes yang berencana tetap menjalankan ibadah puasa.

  1. Harus diperhatikan bahwa mereka yang hidup dengan diabetes tipe 1 harus mengerti bahwa mereka memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan penderita diabetes tipe 2. Oleh sebab itu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk bebrpuasa. Meskipun penderita diabetes tipe 2 cenderung lebih aman dalam menjalankan puasa, namun Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter sehingga dokter Anda dapat memandu Anda menjalankan ibadah puasa.
  2. Pastikan untuk tidak berbuka puasa secara berlebihan dan mengkonsumsi makanan-makanan yang berat karena berpotensi hiperglikemia. Menjaga asupan energi dari makanan yang masuk kedalam tubuh dengan makanan yang lebih ringan sebanyak dua hingga tiga kali. Cara ini dapat membantu Anda menghindari lonjakan gula darah.
  3. Untuk penderita diabetes tipe 1 harus diawasi dengan ketat selama menjalankan puasa. Pastikan untuk tetap memantau gula darah Anda secara rutin untuk mengurangi risiko kesehatan, agar Anda dapat menyesuaikan dosis insulin sesuai dengan asupan makanan dan aktivitas.
  4. Cukup melakukan diet seimbang seperti biasa selama berpuasa, kalaupun ada perbedaan mungkin hanya sedikit pada masalah perbedaan waktu saja bukan masalah kualitas atau kuantitas dari makanan yang akan Anda makan.
  5. Beberapa makanan yang disarakan untuk penderita diabetes adalah roti, sereal atau nasi, daging, ayam, ikan, atau kacang-kacangan, susu, yogurt, buah dan sayuran.
  6. Jangan melewatkan makan sahur Anda, karena berjam-jam tanpa makan dapat meningkatkan hipoglikemia. Pastikan untuk makan sebelum fajar bukan tengah malam untuk menjaga kadar glukosa Anda lebih seimbang.

Tips Puasa untuk Penderita Penyakit Jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Benjamin D. Horne, PhD, MPH, direktur kardiovaskular dan epidemiologi genetik di Intermountain Medical Center Heart Institute di Salt Lake City mengatakan mereka yang menjauhkan makanan untuk waktu yang panjang memiliki prevalensi lebih rendah dari penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, orang-orang yang berpuasa memiliki risiko lebih rendah dari penyakit jantung koroner. Selain itu mereka yang berpuasa juga berisiko lebih rendah terkena diabetes.

Mansoor Anwar, seorang Direktur dari Medical and Occupational Health Services, juga mengatakan melewatkan beberapa makanan dapat mengurangi beban pada jantung hingga 25%, selain itu secara bertahap puasa juga dapat memperkuat jantung.

Oleh karena itu, puasa juga sangat penting untuk pasien yang menderita tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol karena dapat membahayakan jantung mereka. Meskipun begitu, mereka tetap harus berhati-hati selama menjalankan ibadah puasa karena mereka termasuk golongan orang berisiko.

Berikut ini beberapa tips berpuasa yang bisa dijalankan untuk mereka penderita peyakit jantung, sebagai berikut:

  1. Jangan lupa untuk mendiskusikan dengan dokter Anda terlebih dahulu, agar dokter Anda dapat memantau kondisi kesehatan jantung Anda.
  2. Pasien dengan tekanan darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi banyak cairan dan menghindari lemak, garam dan kafein pada saat berbuka puasa.
  3. Penderita penyakit jantung wajib memperhatikan dengan detil kebutuhan makanan mereka selama berpuasa.
  4. Jangan lupa untuk mengontrol porsi makanan yang masuk kedalam tubuh dan yang terpenting adalah meminimalkan asupan lemak dan garam yang masuk kedalam tubuh selama berpuasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here