Tips ala Rumahan untuk Redakan Sakit Gigi Secara Alami

2

Ada pepatah “lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi.” Ya, sakit gigi bukanlah hal yang menyenangkan bagi semua orang.

Kenapa sakit gigi bisa terjadi? Sakit gigi terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab utamanya adalah gigi berlubang, akar gigi yang terbuka, gigi retak, abses (pembengkakkan akibat infeksi pada gusi), tambalan yang terlepas, sinus, atau karena kelainan sendi rahang. Namun yang paling umum terjadi adalah karena gigi berlubang.

Gigi berlubang terjadi karena sisa makanan yang mengandung gula dan tepung, menempel pada gigi dan gusi. Menyebabkan berkembang biaknya bakteri yang memproduksi asam yang bisa merusak gigi Anda.

Rasa sakit yang Anda rasakan terjadi saat kerusakan mencapai saraf. Infeksi atau kerusakan gigi apapun yang terkena sampai ke saraf, menjadi penyebab rasa sakit pada gigi.

Di bawah ini ada beberapa tips simpel meredakan sakit gigi untuk sementara, dengan bahan-bahan dapur yang bisa Anda coba sebelum ke dokter gigi.

Air Garam

Larutkan satu sendok teh garam ke dalam air hangat, lalu gunakan untuk kumur selama paling tidak 30 detik. Lakukan ini sesering mungkin.

Air garam ini membantu mengempiskan bengkak, meringankan peradangan, dan membunuh bakteri penyebab infeksi. Selain itu air garam bisa meringankan sakit tenggorokan.

Teh Peppermint

Tuangkan satu sendok teh daun mint kering ke dalam segelas air mendidih, biarkan selama 20 menit. Setelah agak dingin, gunakan teh peppermint tersebut untuk kumur. Anda bisa meludahkannya kembali maupun meminumnya.

Selain rasanya enak dan menyegarkan, teh peppermint mempunyai kemampuan untuk mengebaskan rasa sakit.

Jika Anda tak suka mint, Anda bisa menggunakan teh hitam. Dengan cara meletakkan tea bag-nya yang basah dan hangat ke gigi yang bermasalah.

Teh hitam mempunyai zat yang bisa meringankan rasa sakit.

Garam & Merica

Campurkan garam dan merica, dengan perbandingan takaran 1:1, lalu beri sedikit air sehingga menjadi seperti pasta. Oleskan pasta ke gigi yang bermasalah lalu biarkan selama beberapa menit. Lakukan langkah ini untuk beberapa hari.

Keduanya bagus digunakan ketika gigi terasa sangat sakit karena memiliki zat anti bakteri, anti peradangan, dan anti nyeri.

Pasta Ginseng & Lada

Campurkan kedua bahan tersebut dengan sedikit air untuk membuatnya menjadi seperti pasta. Tempelkan bahan dengan menggunakan bola kapas kecil ke gigi atau gusi yang terasa sakit hingga sakitnya berkurang, atau sampai Anda kuat menahan panasnya. Jangan sampai lidah Anda terkena pasta jika tak ingin kepedasan.

Keduanya adalah penghilang rasa sakit yang cukup ampuh. Salah satu zat dalam lada mampu menghalangi rangsangan rasa sakit ke otak.

Minyak Cengkeh

Teteskan 2 tetes minyak cengkeh ke kapas, letakkan di gigi yang nyeri sampai sakitnya hilang. Jangan meneteskan minyak cengkeh ke gigi yang sakit secara langsung karena dapat menyebabkannya bertambah parah.

Minyak cengkeh mengandung euganol, pereda nyeri alami. Selain itu cengkeh juga mempunyai zat anti peradangan, anti bakteri, dan antioksidan. Itulah sebabnya minyak cengkeh sudah digunakan sejak dahulu sebagai penghilang rasa sakit.

Bawang Putih

Geprek bawang putih, tambahkan garam, lalu letakkan di gigi yang sakit. Atau Anda bisa mengunyahnya jika suka. Lakukan ini untuk beberapa hari.

Bawang putih mempunyai kandungan antibiotik dan zat lain yang efektif meredakan sakit secara alami.

obati sakit gigi
Bawang mengandung senyawa alami untuk bantu redakan sakit gigi

Bawang Merah

Kunyah bawang merah utuh sampai air bawangnya keluar, atau langsung letakkan saja bawang merah geprek ke gigi atau gusi yang sakit.

Bawang merah bisa menghilangkan rasa sakit karena memiliki kandungan antiseptik dan anti bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab infeksi.

Asafetida

Sejumput asafetida atau sesendok teh asafetida bubuk dicampurkan ke dua sendok teh air lemon yang hangat. Gunakan bola kapas untuk menempelkannya ke gigi atau gusi yang terinfeksi atau berlubang.

Biasanya, asafetida bisa dibeli di toko obat herbal.

Hidrogen Peroksida

Berkumur dengan hidrogen peroksida kadar 3% mampu membunuh bakteri penyebab infeksi dan melepaskan rasa sakit pada gigi untuk sementara. Setelah berkumur, langsung muntahkan dan berkumur dengan air putih hingga beberapa kali. Jangan sampai hidrogen peroksida tertelan dan tersisa di mulut!

Cara ini kurang dianjurkan, karena bila Anda ceroboh dan tertelan, akan berbahaya untuk kesehatan bahkan nyawa Anda.

Es Batu

Kompreskan es batu yang dimasukkan ke dalam plastik atau kain ke bagian pipi yang giginya terasa sakit selama 15 menit. Atau letakkan es batu yang sudah dipecah agak halus langsung ke gigi yang sakit.

Selain itu ada cara lain yang cukup unik, yaitu pijat tangan Anda di bagian antara jari telunjuk dengan jempol menggunakan es batu yang dibungkus dengan kain. Saat saraf di jari menerima rasa dingin dari es batu lalu mengirimnya ke otak, rasa sakit pada gigi akan teralihkan.

Daun Jambu Biji

Mengunyah selembar atau dua lembar daun jambu biji akan mengurangi sakit pada gigi Anda. Kunyah sampai airnya keluar.

Cara lainnya adalah dengan merebus 4-5 lembar daun jambu dan tambahkan garam. Gunakan untuk berkumur.

Kandungan zat anti radang, penghilang rasa sakit, dan anti bakterinya mampu meringankan rasa sakit.

Ekstrak Vanilla

Celupkan bola kapas kecil ke ekstrak vanilla, lalu oleskan ke daerah gigi atau gusi yang sakit. Lakukan berulang kali selama beberapa hari hingga sakitnya berkurang. Vanilla merupakan obat alami untuk meringankan rasa sakit, selain itu juga mempunyai efek penenang.

Cuka dan Lada Hitam

Beberapa orang di luar negeri sana memiliki cara sendiri untuk mengatasi sakit gigi. Yaitu dengan kertas coklat (yang biasa digunakan sebagai bungkus makanan atau paper bag) yang dicelupkan ke cuka dan ditaburi lada hitam. Lalu tempelkan ke pipi di bagian gigi yang sakit. Seperti mengompres. Rasa hangatnya akan mengalihkan sakit pada gigi.

meredakan sakit gigi alamiPijatan atau Acupressure

Gunakan salah satu jempol Anda untuk menekan sisi bagian belakang tangan Anda yang lain. Tepatnya di bagian di mana jempol dan dan jari telunjuk bertemu. Tekan selama 2 menit. Ini membantu otak Anda melepas endorphins, hormon penenang manusia.

Rumput Gandum

Rumput Gandum memiliki zat anti-bakteri alami yang akan membantu melawan pembusukan gigi dan mengurangi sakit pada gigi.

Kumur dengan segelas air rebusan rumput gandum, atau kunyah saja rumputnya. Rumput ini akan menyerap racun yang menempel di gusi, menekan laju perkembangan bakteri di mulut, dan meringankan infeksi.

Permen Karet

Jika Anda mempunyai gigi yang berlubang, Anda bisa mengurangi rasa sakitnya dengan menutup bagian yang berlubang memakai permen karet yang sudah dikunyah. Selain itu, cara ini juga cukup berguna menambal gigi yang berlubang tersebut untuk sementara waktu sampai Anda pergi ke dokter gigi. Hindari menggunakan gigi tersebut untuk mengunyah atau apapun.


Itu adalah tips-tips mudah untuk meringankan rasa sakit karena gigi yang rusak. Ingat, cara-cara di atas adalah langkah sementara. Sangat disarankan untuk tetap pergi ke dokter gigi untuk mengetahui lebih pasti penyebab sakit gigi Anda sehingga mendapat penanganan yang lebih tepat.

2 KOMENTAR

  1. Dulu jika sakit gigi, saya sring mnggunakan air garam untuk berkumur. Dan seingat saya air garam ampuh bgt buat redakan sakit gigi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here