Vitamin B3 Membantu Mencegah Kanker Kulit

0

Sebuah temuan terbaru dari para peneliti dari University of Sydney menyebutkan bahwa Vitamin B3 dapat membantu mencegah penyakit sebagian besar jenis kanker kulit. Studi baru ini tentu saja merupakan sebuah kabar gembira karena itu artinya studi ini telah membuka jalan baru untuk perawatan terjangkau bagi mereka yang terserang penyakit ini.

Penelitian ini mengumpulkan dan menganalisi data dari hampir 400 relawan. Mereka diminta untuk mengkonsumsi 500 miligram Vitamin B3 sebanyak dua kali sehari selama satu tahun.

Dalam penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa nicotinamide, bentuk dari vitamin B3 ini, mengurangi risiko dari sel basal dan sel skuamosa, atau juga dikenal sebagai jenis kanker kulit yang paling umum.

Memang tidak terlalu berbahaya, namun jenis kanker ini sangat merepotkan karena mereka sulit sekali dihilangkan dan mudah kambuh kembali meskipun sudah melalui proses perawatan radiasi atau operasi.

“Kanker ini memang jarang mematikan, namun mereka sangat gigih dan terus datang kembali, untuk menghapus kanker tersebut biasanya melalui operasi, pembekuan atau radiasi,” kata Dr Richard Schilsky, kepala medis dari American Society of Clinical Oncology, sebuah organisasi spesialis kanker.

Risiko kanker kulit ditemukan berkurang hingga 23% dengan mengkonsumsi Vitamin B3 secara rutin. Asupan B3 juga membantu mengurangi kemungkinan munculnya kembali sel kanker.

Selain mengurangi tingkat kanker kulit vitamin ini juga tampaknya mampu memotong laju pertumbuhan precancers (kulit bersisik yang disebut keratosis actinic) sebanyak 11% setelah tiga bulan penggunaan dan 20% setelah penggunaan sembilan bulan.

Para peneliti juga mengkonfirmasi bahwa vitamin B3 ini dapat memberikan perlindungan yang lebih besar terhadap beberapa penyakit dibandingkan varietas lain tanpa efek samping yang besar.

Namun begitu, para peneliti tidak menyarankan masyarakat untuk langsung mengkonsumsi vitamin ini, khususnya jika tidak memiliki sejarah kondisi di atas.

Para peneliti dan dokter masih harus mengumpulkan beberapa bukti lagi sebelum mereka merekomendasikan vitamin B3 bagi pasien penderita kanker kulit.

Walaupun nicotinamide bisa dibeli di apotik dan toko obat, namun biasanya berupa paketan dalam bentuk B-kompleks yang mengandung niacin dan jenis vitamin B lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here